Stasiun2 Yang Hampir Terlupakan Sebagai Saksi Sejarah - Printable Version +- Semboyan35 Indonesian Railfans (http://www.semboyan35.com) +--- Thread: Stasiun2 Yang Hampir Terlupakan Sebagai Saksi Sejarah (/showthread.php?tid=5746) |
Stasiun2 Yang Hampir Terlupakan Sebagai Saksi Sejarah - Dana Komuter - 28-04-2011 Mungkin teman2 sekalian hampir tidak melupakan peristiwa2 tertentu yang menjadikan sebagai sejarah perkereta apian khususnya di Indonesia sepanjang masa. Tapi apakah teman2 mengetahui nama2 stasiun tsb dan rangkaian KA apa saja yang menjadi saksi sejarahnya tersebut? Kalau dah ada thread yg sejenis, silahkan digabungin aja yah mas momod... 1. Stasiun Kebayoran Stasiun di mana KA 220 Patas Ekonomi menuju arah Merak berlaju dikala 'KS Sudimara' (tanda kutip) memberi berita aman untuk dilaluin. Tiba2 DHUARRR... Terjadi Peristiwa Tragedi Bintaro. 2. Stasiun Sudimara Kelanjutan dari no. 1 di atas di mana KS Sudimara panik karena para anak buahnya main sembarang memberangkatkan KA Ekonomi No. 225 menuju ke Jakarta begitu saja. Tapi saksi sejarah pak Slamet Suradio sang masinis menyangkal dg kebenaran yg ada utk diberangkatkan krn 3 jalur di stasiun SUD tersebut lagi full. Ada KA Indocement siap ke Jakarta dr Cigading, 1 lagi ada gerbong barang (entah KKW mungkin) tanpa lok lagi nganggur dan 1 lagi si KA 225. Di stasiun inilah pak Jamhari sang KS berlarian sejauh -+ 3 KM mengejar KA 225 yang dah terlanjur berangkat. 3. Stasiun Ketanggungan Lupa tanggal bulan brapa, yang jelas di tahun 2000 aku inget banget KA Gayabaru Malam Selatan yg sdg istirahat tenang tiba2 DHUARRR!!! Dihajar KA Empu Jaya. Sejumlah penumpang pun tewas seketika. 4. Stasiun Depok Lama / Stadela Stasiun di mana KS yang belum berganti shitf pagi itu memberangkatkan KRL Ekonomi Rheostatic rute Jakarta - Bogor yang seharusnya harus mengalah pada tgl 3 November 1993. Akibatnya, KRL yang berlaju di sepur tunggal kala itu menghajar rangkaian KRL Hitachi Bogor - Jakarta yg datang dari arah Citayam. Sudah jadi prosedur di jaman khususnya Perumka kalau rangkaian KA yang penuh harus didahulukan dalam hal ini pagi harusnya dr Bogor diprioritaskan utk diberi sinyal aman. ------------ Ada yang mau menambahkan??? 1x lagi kalau dah ada thread yg hampir sama silahkan digabungin aja yah... RE: Stasiun2 Yang Hampir Terlupakan Sebagai Saksi Sejarah - arif96 - 30-04-2011 5. Stasiun Waru Memiliki crane yang mangkrak dan memiliki gerbong yang terbuat dari kayu yang mangkrak (juga) RE: Stasiun2 Yang Hampir Terlupakan Sebagai Saksi Sejarah - ArvendoGTASA - 30-04-2011 Stasiun Malang Kotabaru, +444 M, tempat........ - Pertama Saya lihat, naik, tau, foto-foto, tentang kereta api..... maaf kalo mnurut anda junk post.. RE: Stasiun2 Yang Hampir Terlupakan Sebagai Saksi Sejarah - Dana Komuter - 01-05-2011 Bukannya di Malang Kotabaru tempat di mana aksi spekatkuler selalu dipertontonkan di hadapan khalayak umum? KA BBM slalu saja bbrp kali meluncur lepas tanpa awak dan lok ke Malang Kotalama bukan? Meski sudah segera diarahin ke sepur belok, tapi tetap aja sejumlah warga yg menghuni rumah di sepur badug yg tlah diarahin jadi sasaran empuk si KA BBM. RE: Stasiun2 Yang Hampir Terlupakan Sebagai Saksi Sejarah - ArvendoGTASA - 03-05-2011
Out of Topic ʕ•Ìᴥ•̀ʔã£
oh begitu....... saya sendiri yang tinggal tdk lebih dari 4 km dari stasiun Malang kotabaru tdk mengerti,... tapi saya pernah denger 3 kali, nggak hanya KA BBM aja yang meluncur sendiri, tetapi beberapa bulan lalu juga ada 1 Gerbong dan 1 Kereta (rangkaian Gajayana) meluncur sendiri sampai di stasiun Malang Kotalama, (Bayangin), Terus menabrak beberapa rumah warga dan menewaskan seorang bayi... src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js"> udah ayo aja biar Om PKD/Momod/Mimin/Semua orang gak marah.... RE: Stasiun2 Yang Hampir Terlupakan Sebagai Saksi Sejarah - fun_plano - 03-05-2011 Tak lain dan tak bukan adalah...
"Sumber Berita"
STASIUN SURABAYA KOTA (SEMUT) LAMA Luar... Dalam... Stasiun yang sangat bersejarah, stasiun pertama yang menghubungkan Surabaya dengan daerah timur (Malang, Pasuruan, dll), yang sekarang mangkrak, merana, dibiarkan rusak oleh jaman, dan tak diperdulikan lagi. RE: Stasiun2 Yang Hampir Terlupakan Sebagai Saksi Sejarah - POERWOKERTO +75M - 03-05-2011 1. Setasiun Jogjakarta: tempat start awal 2 lok (CC 5019 dan C 2812) diberangkatkan ke Poerwokerto untuk menarik rangkaian kereta api dalam film KERETA API TERAKHIR. 2. Setasiun Poerwokerto: tempat pemberangkatan 5 rangkaian kereta api terakhir menuju Jogjakarta. 3. Setasiun Kebasen: kereta api dan stasiun jadi sasaran tembakan senapan mesin pesawat cocor merah Londo. Rel arah Kroja di bom dan putus. 4. Setasiun Kroja: kereta api dan stasiun termasuk pasar ditembaki senapan mesin dan di bom pesawat cocor merah Londo. Kata KS Kroja :"Pasar kok di bom. Mereka kan rakjat tak bersalah" KS. Kroja terluka kena serpihan. 5. Setasiun Soempjoeh: harusnya kereta api ke 5 (yg terakhir dari PWT) berhenti disini tapi tidak jadi, cuma lwt aja. Aksi KS nya kocak. 6. Setasiun Idjo: kereta api dan stasiun ditembaki dan di bom. KS Idjo gugur saat bertugas terkena ledakan bom di stasiun. Asisten masinis gugur saat memindahkan wesel. Semua setasiun ini ada dalam film Kereta Api Terakhir. Semoga tidak OOT RE: Stasiun2 Yang Hampir Terlupakan Sebagai Saksi Sejarah - Dana Komuter - 03-05-2011 Di Stasiun Jember : Uploaded with Tempat aksi penyergapan gembong teroris yang diperagakan oleh para tim elite khusus dalam simulasi pembebasan sandera. Tapi koq anehnya.... Hmm.... di Jember koq ada KA Pandanwangi yah??? Berita selengkapnya di : RE: Stasiun2 Yang Hampir Terlupakan Sebagai Saksi Sejarah - fun_plano - 03-05-2011
Out of Topic ʕ•Ìᴥ•̀ʔã£
Yang ane garis bawahi dijawab ma thread yang di . Semoga membantu. src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js"> RE: Stasiun2 Yang Hampir Terlupakan Sebagai Saksi Sejarah - cc 204 18 - 08-05-2011 Jangan lupakan Stasiun Bondowoso Tmpt dimana para pejuang yang ditangkap Belanda dinaikkan gerbong yang dikenal Gerbong Maut Di Stasiun itulah smua cerita pilu para pejuang bermula |