Semboyan35 Indonesian Railfans
The First Trip Report From Bali !!! - Printable Version

+- Semboyan35 Indonesian Railfans (http://www.semboyan35.com)
+---- Thread: The First Trip Report From Bali !!! (/showthread.php?tid=7322)

Pages: 1 2 3 4 5 6 7


The First Trip Report From Bali !!! - mszams - 13-04-2012

Salam

Kali ini saya akan membuat trip report dari denpasar bali menuju bangil via KA Mutiara Timur.
Sepertinya ini mungkin TR pertama di semboyan35 yang dari bali dehXie Xie

Jadi ceritanya saya ada keperluan bisnis di denpasar, selama 3hr ribet di denpasar, akhirnya saya putuskan untuk pulang menggunakan kereta api, kemarin tgl 12 april 2012.
Saya kemudian beli tiketnya di agen di daerah sanglah denpasar, jalan diponegoro.
harga tiket 165rb + fee agen 10rb untuk perjalanan DEN-SGU
tarif yang lumayan mahal menurut saya, bis malam ekse aja sekitar 100-135rb
kalau tarif BW-SGU 100rb, berarti tarif denpasar-ketapang 65rb donk, jadi sangat lbh mahal dr travel yang cuma 30rb.
tapi ini mungkin sangat dimanfaatkan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) berhubung Muttim pagi berangkat jam 08.00wib, jadi bis dr denpasar berangkatnya jam 03.00wib/04.00wita, dimana jam segitu tidak ada bis ke arah ketapang dari denpasar..hmmm semoga saja dg harga 65rb bisnya dapat fasilitas yang pantas deh.

Gpp deh, meski mahal, tp yg jelas kangen akan kereta api segera terobati.
akhirnya sy berangkat ke terminal ubung denpasar sekitar pkl. 02.00wib dr rumah rekan bisnis. tepat pukul 02.30wib, saya tiba di ubung, saya lihat bis dr kereta api sudah standby di jalur 6.

setelah sy perhatikan, bis Damri ini adalah bekas bis angkutan bandara juanda ke terminal bungurasih sidoarjo, terlihat dari tulisan stiker di dalam bis, berikut penampakan bis nya :

[spoiler=bis]

[/spoiler]

Ternyata kondektur bus juga menawarkan tumpangan penumpang yg akan ke gilimanuk atau ketapang, hmmm jd ini bis mini bukan hanya untuk penumpang kereta aja yah....istilahnya jadi ceperan mungkin ya...

5menit setelah tiba, saya masuk bis, terkejut saya, krn bis mini ini kursinya kecil sekali, dan jarak antar kursi juga sempit, sungguh tidak melegakan buat saya yg berbadan besar...fiuh.......kualitas yang sangat buruk untuk harga 65rb menurut saya.......

Di dalam bis sudah ada 4orang penumpang kereta api muttim, sedikit sekali pikir saya....

tanpa disangka, pukul 02.45wib bis sudah berangkat, walah kecepetan 15menit!!!, gimana kalau ada yg blm dtg yah? atau barangkali sudah lengkap penumpang yang datang menurut manifes kali yak?

setelah bis keluar dr ubung, sejurus kemudian menaikkan penumpang sejumlah 3org, sepertinya mereka bukan penumpang kereta api....

dinginnya AC membuat saya merasa ingin tidur....
tapi berhubung kursi sempit banget, jadi ga enak posisi tidurnya, malah ga bisa tidur Bethe, terpaksa melek dari ubung ke gilimanuk deh......


RE: The First Trip Report From Bali !!! - Alif_CC2061319 - 13-04-2012


Lanjutkan TRnya


RE: The First Trip Report From Bali !!! - mszams - 13-04-2012

Setelah 3 jam perjalanan yang melelahkan berhubung kursi ga enak, sampailah bis ini di pelabuhan gilimanuk, lega saya, kaki jadi bisa diluruskan...
berikut penampakan gerbang gilamanuk, suasana masih agak gelap krn masih pkl 05.45wib
[spoiler=gerbang pelabuhan gilimanuk]

[/spoiler]


RE: The First Trip Report From Bali !!! - CC-201-23 - 13-04-2012

Beli tiket mutimnya DEN-SGU apa BW-SGU?


RE: The First Trip Report From Bali !!! - mszams - 13-04-2012

Sesampainya di pelabuhan, tanpa saya sangka, kondektur bis bilang begini ke penumpang :
"bapak ibu sekalian, karena jumlah penumpang yang hanya 5org, maka bis tidak menyebrang, ini nanti kami belikan tiket menyebarang, dan di pelabuhan ketapang akan dijemput oleh mobil dari stasiun banyuwangi baru, untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke stasiun"

walah.......kita disuruh nyebrang sendiri, benar2 deh Bethe
habis dibelikan tiket, kami berlima berjalan menuju kapal fery
pagi itu pelabuhan gilimanuk berkabut gelap
[spoiler=kabut di gilimanuk]

[/spoiler]


saya beli tiket DEN-SGU mas, 165rb+10rb fee agen

Selanjutnya kami berlima berjalan menuju dermaga, disana sudah menunggu kapal ferry yang akan menyebrangkan kami, beberapa orang masih ngomel karena bis ga ikut nyebrang, jadi terpaksa kami jalan kaki

[spoiler=dermaga]

[/spoiler]

Akhirnya kami naik ke kapal ferry, ke lantai 2, wah langsung disuguhi fajar bali!!!
[spoiler=fajar]

[/spoiler]

Sambil menunggu ferry berangkat, saya ke toilet dl, untuk berwudhu lalu shalat subuh di musholla ferry, yah kesiangan deh subuhannya, mau gimana lagi, wong di perjalanan Xie Xie


10menit kemudian, saung di angkat, dan jembatan kapal terngkat, ferry pun berangkat menuju pulau jawa
[spoiler=berangkat]

[/spoiler]


Berikut saya sajikan beberapa foto pelabuhan gilimanuk, bagi yang belum pernah kesana biar bisa membayangkan Xie Xie

[spoiler=pelabuhan gilimanuk]



[/spoiler]


RE: The First Trip Report From Bali !!! - akanya - 13-04-2012

Tak sabar menunggu kelanjutannya...
Hebatt...


RE: The First Trip Report From Bali !!! - mszams - 13-04-2012

Kapal ferry pun terus berlari meninggalkan pulau bali
Selamat tinggal bali, kapan2 berhrap bersua kembali.....
[spoiler=selamat tinggal bali]

[/spoiler]

Ditengah asyiknya menikmati pemandangan selat bali di pagi hari, sejenak saya melihat seorang gadis kecil di pinggir pagar dek ....
[spoiler=gadis kecil]

[/spoiler]

Terlihat juga hiruk pikuknya perjalanan ferry disini
[spoiler=ferry]

[/spoiler]

Dari atas kapal, terlihat pemandangan indah di pagi yang cerah, pulau jawa dengan gunung ijen, dan raung. benar2 indah!!!
[spoiler=pulau jawa]

[/spoiler]

Akhirnya ferry semakin mendekati pulau jawa.
[spoiler=pulau jawa]

[/spoiler]

Setelah sekitar 30menit perjalanan, akhirnya ferry hamipr mendekati pelabuhan ketapang, terlihat hiruk pikuk ketapang dengan ferry nya.
[spoiler=dekat ketapang]

[/spoiler]

Setelah antri berlabuh dengan ferry lain sekitar 10menit, akhirnya ferry saya bergerak mendekati pelabuhan ketapang
[spoiler=mendekati ketapang]

[/spoiler]

Akhirnya setelah sekitar 45menit, ferry hampir berlabuh di dermaga ketapang
[spoiler=dermaga ketapang]

[/spoiler][/align]

Ferry akhirnya berlabuh, jembatan diturunkan, siap2 kami berlima turun dari kapal ferry
[spoiler=berlabuh]

[/spoiler]

TR ny lanjut bsk pagi yah, mau upload pic ny dl, plus mau bubuk Xie Xie


RE: The First Trip Report From Bali !!! - dany cristian - 13-04-2012

Weleh...65rb cuma diberikan pelayanan yang mengecewakan gitu ya pak?
Bethe
g recomended kalo kayak gitu

ditunggu kelanjutannya


RE: The First Trip Report From Bali !!! - mszams - 14-04-2012


kalau lihat harga dibanding pelayanan, sangat ga worth deh
cuman ya itu td, untuk jam 3 pagi, cuma ada bis PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yg ke ketapang, jd terpaksa beli deh
kalau yg muttim malam kan bis ny berangkat jam 14.30 sore, jd banyak pilihan bis k ketapang

Lanjut TR nya yak
Sekitar pkl. 06.30. ferry berlabuh di pelabuhan ketapang, banyuwangi
Kami berlima harus jalan kaki dari dermaga ke pintu keluar, untuk mencari penjemput yg telah dijanjikan.
Kasihan jg pada jalan kaki, mana ada yg bawa anak kecil lagi
[spoiler=penumpang jalan kaki]

[/spoiler]

Yang membuat kami terkejut, kami tunggu selama 15menit, tidak ada yg nampak menjemput.
sampai akhirnya, kami berinisiatif menyiarkan ke pengumuman via speaker pelabuhan, bahwa penjemput dr PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sedang ditunggu penumpangnya di ruang pengumuman.
Eh ditunggu 10menit blm ada yg nongol juga. jadi tambah kecewa kami. 65rb. bis kecil. kursi sempit. disuruh nyebrang sendiri, eh masih ditambah ga pake dijemput lagi, padahal sdh djanjikanBethe

Akhirnya sy bilang ke penumpang lain, "udah pak, bu, ga usah dtunggu, kita jalan kaki aja, deket kok cuma 100m k arah utara"
Kami pun sepakat jalan kaki bareng2. beberapa penumpang terlihat beteBethe

Berikut saya kasih gambaran jarak pelabuhan ke stasiun yg sangat dekat, biar semua bisa membayangkan

[spoiler=pertama keluar via gerbang paling utara/paling kanan]

[/spoiler]
[spoiler=semakin dekat ke jalan raya]

[/spoiler]
[spoiler=di depan jalan raya, kita mengarah ke kanan]

[/spoiler]
[spoiler=belok kanan, remang2 di depan kita terlihat papan stasiun warna biru]

[/spoiler]

[spoiler=menyebrang ke kiri jalan, sudah semakin terlihat papan namanya, cuma 100m an dr pelabuhan]

[/spoiler]
[spoiler=semakin dekat lagi]

[/spoiler]

[spoiler=nah ini dia papan namanya, smp juga nih]

[/spoiler]
[spoiler=papan nama stasiun]
[/spoiler]
[spoiler=masuk sekitar 20m]

[/spoiler]
[spoiler=di depan sudah terlihat stasiun]

[/spoiler]

[spoiler=ada pemandangan indah saat jalan ke stasiun]

[/spoiler]
[spoiler=nah akhirnya smp juga deh di stasiun paling ujung timur pulau jawa, banyuwangi baru]

[/spoiler]


RE: The First Trip Report From Bali !!! - phepe_ph - 14-04-2012

Bener2 ga dijemput ya??