Posts: 1,485
Threads: 0
Joined: Apr 2009
Reputation:
13
{socialsites}
owh...
ternyata KRL juga kadang2 diepas ya??
trus couple nya tuh cara ngelepas n nymbunginnya sama kayak couple kereta biasa ya??
Posts: 3,691
Threads: 0
Joined: May 2009
Reputation:
17
{socialsites}
Kayak'a sama aja, cuma saya pernah liat holec lg PA d dipo Depok coupler d gerbong tengah'a agak2 aneh, sayang'a gak d potrek
Posts: 4,518
Threads: 0
Joined: Jan 2008
Reputation:
35
{socialsites}
yang sering dilepas itu yang coupler gerbong biasa......kalo KRL si kalo lagi perawatan aja...........
yang di tengah itu bukan coupler, tapi batang penghubung.........fungsinya sama aja kayak coupler, tapi sifatnya lebih fixed dan hanya dipasang hanya pada rangkaian yg sudah jadi 1 kesatuan kayak KRL
My Website Railway Photography
My videos on
Posts: 3,691
Threads: 0
Joined: May 2009
Reputation:
17
{socialsites}
Bener, bentuk'a emang cuma kotak(Kalo dari jauh) dan kyk'a gak ada lekukan buat ngait coupler laen'a
Posts: 4,518
Threads: 0
Joined: Jan 2008
Reputation:
35
{socialsites}
itu namanya batang penghubung........dipakai di kereta yang sudah fix rangkaiannya seperti KRL dan KRDE/KRDI............
tuh besi bisa dilepas.....namun dilepasnya jika sedang di PA atau PB
My Website Railway Photography
My videos on
Posts: 841
Threads: 0
Joined: May 2008
Reputation:
2
{socialsites}
saat ini (kemungkinan) setiap Dipo Lok diwajibkan untuk mengukur ketinggian Coupler dikarenakan untuk menghindari "desersi"-nya rangkaian yang terlepas !!!!....
sementara menurut informasi ada satu Lok dari Dipo Lok SMC yang perlu mendapat perhatian serius....
menurut para RF, apakah yang terjadi bila terjadi "desersi" yang mendadak baik antara Lok dan Rangkaian atau Rangkaian dengan Rangkaianterhadap rangakaian itu sendiri ???.... terjadi pengereman otomatis (emergency) atau tetap "menggelinding" rangkaian tersebut ?
andaikan tetap "menggelinding", tindakan apa yang harus dilakukan oleh para crew KA yang berdinas khususnya masinis dan JrA untuk "menyambungnya" kembali dengan aman (=dalam kondisi rangakaian dan Lok "menggelinding") tersebut ?
Posts: 4,518
Threads: 0
Joined: Jan 2008
Reputation:
35
{socialsites}
nah.....disinilah fungsi utama dari rantai pengaman yang ada di setiap lok dan gerbong...........
jika terjadi desersi atau lepasnya coupler maka akan dapat tertahan oleh rantai pengaman untuk sementara dan harus segera berhenti untuk menyambung coupler kembali......
jika dimisalkan tetap menggelinding, maka masinis harus menjaga kecepatan dan mengurangi pelan2 kecepatan lokomotif sampai coupler dapat tersambung kembali, kalo langsung berhenti, maka gerbong2 yang ada di belakang akan menumbur gerbong depannya dan kemudian anjlok akibat masi adanya gaya dorong yang amat kuat.......
My Website Railway Photography
My videos on
Posts: 3,295
Threads: 0
Joined: Aug 2009
Reputation:
23
{socialsites}
lok yg dimaksud lok apa? sy liat ketinggian coupler lok bb200 lebih rendah drpd lok cc.
Keep Fighting Never Give