25-06-2010, 02:42 PM
Masalahnya beda kepemilikan & juga biaya perawatan aset (turangga yg punya DAOP VIII, sedangkan argo wilis punyanya DAOP II) d samping itu armada K1 pesawat kpake smua (paling ada sisa cadangannya turangga doank) d damping itu sebenernya K1 pesawat itu dari awal d buat memang hanya untuk KA-KA express malam si yg memang dmana orang ga leluasa melihat pemandangan sekitar karna gelap, jadi menghemat perawatan (biasanya kaca sering d timpukin, ato pas kecelakaan jadi sering ganti karna pecah) d buatlah kaca seminimal mungkin.
kurang ideal aja si klo wilis yg jalan masi cenderung pagi make K1 pesawat, yg membuat pandangan mata qta yg menikmati alam sekitar jadi ga leluasa, tapi klo d bikin interiornya doank si it's ok.
SLaen itu usul supaya rangkaiannya d buat panjang rasanye berat, secara lodaya pagi dari BD aja rangkaiannya pendek & K1nya paling banyak cuma 3, walopun sperti yg d katakan penumpang K1 lodaya ada aja yg kesedot sama aro wilis, tapi nyatanya tetep aja okupansinya wilis tergolong kecil, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) mana mau mengeluarkan tenaga & HSD lebi banyak hanya untuk membawa2 K1 yg ga d beli penumpang sepanjang jalan penuh. Karna uda jadi budaya para pemerjalan BD & SB untuk jarak jauh (full dari BD sampe MN ato SGU & sebaliknya) lebi memilih jalan d malem hari karna isa tidur & lebi nyaman bagi mreka. beda kasus sama K3 macem pasundan yg banyak brentinya, biasa d pake sama anak2 skul ato kuliahan yg mengibaratkan itu sbagai KA komuter k kota yg K1 & K2 ga brenti