Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Jalur double-double track manggarai-cikarang
#1
Saya mau tanya proyek ini direncanakan selesai kapan yah? Terakhir baca koran cuma dapat berita bendahara proyek pembebasan tanahnya ditangkap karena korupsi Sad

abis itu paling kalo lewat jalur tersebut perubahannya kurang singnifikan. baru beberapa area dipagari beton.
Reply
#2


sekedar nambahin saja mas Ridwan...
yang ada malah 'rumah-rumah" (dinas ?) yang 'dah dibangun dan sampai sekarang belum ditempatin... mubazir deh kelihatannya karena sudah 2 tahun tak ditempati dan lokasinya antara stasiun Klender Baru (Pd Kopi) hingga kearah timur (yang pasti hampir setiap stasiun ada rumah tersebut)...
bagaimana ini ?... :cry:
Reply
#3


Jika dilihat, lokasi rumah-rumah tersebut berada di lokasi yang tidak kondusif dan terlalu terbuka.
Mungkin saja, pegawai yang mendapat hak, lebih memilih tinggal di rumah kontrakan atau rumahnya sendiri karena lingkungannya yang lebih baik.
|
Reply
#4
sebenernya jalur double-double ini manggarai-cikarang atawa jatinegara-cikarang yah jadinya?

yang saya liat di segmen jatinegara-manggarai ga ada tanda2 pengerjaannya sama sekali. beda sama jalur jatinegara-cikarang yang jelas penampakannya..
Reply
#5
Lha yang saya tau malah JNG - CKR?

Ternyata malah MRI - CKR tha?



Masih terganjal pembebasan lahan je.......

Big Grin
Reply
#6
Info baru........ :tos:

Quote:Sabtu, 24 Mei 2008

Pembebasan Lahan DDT Tuntas Tahun 2008
Proyek DDT bisa mengurangi jumlah kendaraan asal Bekasi ke Jakarta.


JAKARTA -- Departemen Perhubungan (Dephub) dan Pemprov DKI sepakat, target pembebasan lahan pembangunan empat jalur kereta api double double track (DDT) jurusan Jatinegara - Bekasi tuntas tahun ini. Sehingga, pengerjaan proyek tersebut bisa dimulai pada 2009.

Gubernur Jakarta, Fauzi Bowo, menyatakan Jakarta memiliki kepentingan yang besar terhadap kelanjutan proyek ini. Dampak bagi Jakarta, kata Fauzi, akan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. "Sehingga, perlu ditingkatkan kapasitas dan kenyamanannya, " ujar Fauzi usai bertemu Menteri Perhubungan, Jusman Syafii Djamal, di Balai Kota, Jumat (23/5).

Untuk itu, Pemprov DKI berkoordinasi dengan Dephub dalam mempercepat pembebasan lahan untuk pembangunan proyek DDT tersebut. "Lintasan ini akan meningkatkan kemampuan lalu lintas dan angkutan kereta api," ujar Foke, panggilan Fauzi Bowo. Dengan demikian, jumlah penumpang dari Bekasi pun akan lebih banyak terangkut.

Menteri Perhubungan, Jusman Syafii Djamal, mengatakan selama ini ada beberapa hambatan untuk melakukan pembebasan lahan, padahal anggarannya sudah tersedia. "Sehingga, diharapkan hambatan itu bisa diselesaikan dengan baik," ujar dia.

Wendy Aritenang, Sekjen Dephub, mengatakan pembangunan proyek DDT akan menelan dana hingga Rp 3 triliun. Namun, pihaknya belum menentukan besaran biaya yang akan dikeluarkan untuk membebaskan lahan untuk proyek tersebut. "Karena, ada milik masyarakat dan ada yang punya negara."

Wendy menuturkan, terdapat 13 ribu meter persegi dari 14 ribu meter persegi yang masih harus dibebaskan. Jika pembebasan rampung tahun ini, proyek ini akan selesai pada 2012. Pasalnya, tahap konstruksi membutuhkan waktu hingga tiga tahun.

Selain proyek empat jalur, kedua instansi ini juga sepakat mempercepat pembangunan rel kereta api yang menghubungkan Stasiun - Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. "Rencana untuk mempercepat agar kereta api dari Tanjung Priok dapat masuk ke pelabuhan," ujar Jusman. Proyek ini juga secara langsung akan berdampak pada renovasi Stasiun Tanjung Priok dan pembukaan atau pengaktifan kembali lintasan ke arah pantai tersebut.

Fauzi berjanji, setelah pembebasan lahan empat jalur rel kereta, pihaknya akan langsung membebaskan lahan untuk pembangunan kereta yang juga dikenal dengan nama Pasoso tersebut. "Masih pada 2008 juga," ujarnya. Wendy menerangkan, terdapat enam ribu meter persegi dari 20 ribu meter persegi yang belum dibebaskan. Rel mulai dari Stasiun Tanjung Priok hingga Pelabuhan Jakarta International Container Terminal (JICT) sepanjang tiga kilometer.

Diketahui, telah dilakukan pembetonan pada sebagian lahan yang menjadi perlintasan dan sudah dibebaskan. Namun, pembebasan lahan proyek ini masih terdapat perselisihan, khususnya di Lorong W, Jalan Enggano, Jakarta Utara. Masyarakat yang menempati lahan mengklaim tanah yang akan menjadi jalur perlintasan kereta api ke pelabuhan sebagai milik mereka. Warga bahkan menyatakan memiliki bukti berupa surat tanah.

Di sisi lain, Dephub menyatakan jika lahan tersebut adalah milik mereka. Sehingga, ketika membebaskan lahan, warga hanya mendapat uang kerohiman. Mereka yang merasa memiliki lahan pun memprotes kebijakan tersebut.

Pada kesempatan itu, Menhub juga mengusulkan, selain angkutan umum, angkutan roda dua juga memperoleh jatah subsidi bahan bakar minyak (BBM). Menurut menteri, pengurangan subsidi bertalian erat dengan pengurangan kendaraan pribadi. "Ada keselarasan. Kendaraan umum harus bagus tanpa tarif yang mahal sehingga orang mau beralih," ujar Menhub.

Untuk itu, Jusman mengusulkan, dua angkutan agar masuk dalam program kartu pintar (smart card). "Itu sedang digodok agar pada program smart card angkutan roda dua dan angkutan umum berplat kuning dapat harga bahan bakar bersubsidi," . n nap



Ternyata bulan Mei....... Nangis
Reply
#7
yah semoga cepet jadi, abis itu bikin jalur lingker tanjung priok-cilincing-bekawsi biar KA barang bisa cepet ke luar jakarta....

kan mantep, ada jalur lingker dalem, senen-manggarai-tanah bang

ama jalur lingakr luar, priok-cilincing-bekasi-nambo-bsd-tanggerang-priok

nyambung ama KA bandara Mantap tuh!!!! Mupeng Banget Mupeng Banget Mupeng Banget




Reply
#8
Ada info sampe sekarang (Mei 2009) sampe mn p'kembangan DDT JNG - CKR???
Kayaknya macet total ya??? Ga keliatan ad pembangunan fisik sama sekali...
Tambah kecepatan kereta api agar tdk kalah bersaing setelah Toll Trans-Jawa rampung...
Reply
#9

mungkin kena imbas krisis global bro.

btw, kalau DDT, seru kali ya, ada kereta bisa balapan Big Grin
Reply
#10
Di utara ST JNG lahannya malah jd parkiran dan tempat naruh barangnya kaki 5...
Tambah kecepatan kereta api agar tdk kalah bersaing setelah Toll Trans-Jawa rampung...
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 2 Guest(s)