Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Kota-kota unik di Jawa dalam peta perkeretaapian Indonesia
#21
Iya ini dia kemaren ngeliat jadwalnya Prameks koq ada SK setelah ditelusuri ternyata Solo Jeberes.
Apa memang dulunya Solo Kota?

SEBELUM MENUTUP MATA INI IJINKAN AKU TUHAN MELIHAT SEMUA JALUR MATI DI JAWA HIDUP KEMBALI. AMIN

Reply
#22
Jember soalnya Pusat Daop IX tapi tasiunnya agak sedeng Plus perjalanan KAnya dikit banget.
Reply
#23
ada dua menurut saya semarang satu jalur pertama perkeretaapian Indonesia

yang kedua solo, sebenernya solo punya lima jalur cabang SLO-SMT, SLO-SB, PWS-WNG, SLO-YK, yang Terakhir PWS-BYL(Boyolali) sudah tidak aktif

Kalo solo kota kodenya SKT.
Entah kenapa Solojebres kodenya SK.
Mungkin karena daerah timur dulu punya Kraton Kasunanan, jadinya SK Solo Kasunanan (perkiraan saja) karena SLO dan PWS punya Mangkunegaran.
ingat lho ini perkiraan saja
Reply
#24
SOLO
Unik karena berada di tengah antara petak rel Bandung dan Jakarta dengan petak rel Surabaya dan Malang. Semua perjalanan KA berangkat awal pagi yang tiba di tujuan malem, pasti siangnya lewat Solo. Begitu pun yang berangkat awal sore atau pun malem sampai di tujuan pagi atau juga siang, pasti tengah malemnya lewat Solo. Begitu pun yang mengawali perjalanan dari Solo atau Yogya (yang pasti ke arah timur) pagi, pasti lewat Solo pagi. Begitu pun yang tiba di Yogya (dateng dari arah timur) dan Solo malem, pasti di sore atau malem harinya melintasi Solo.

Jadi otomatis kota Solo tidak pernah sepi dari perjalanan KA dari berbagai tujuan.

Reply
#25
Mungkin diskusi keunikannya bisa dibatesin menurut pedoman TS yaitu dari segi pengoptimalan fungsi daripada stasiun2 dikota2 tsb.
Reply
#26
kroya...tempat bertemu jalur dari utara dan selatan dari arah barat menuju arah timur....stasiun lumayan gede, tapi sayang penumpang dikit sehingga ga banyak kereta argo/satwa mau brenti disiniSakit
Reply
#27
Pasuruan, kota besar tapi kalah sama kabupatennya yaitu Bangil ,dimana semua kereta harus berhenti di Bangil.

SEBELUM MENUTUP MATA INI IJINKAN AKU TUHAN MELIHAT SEMUA JALUR MATI DI JAWA HIDUP KEMBALI. AMIN

Reply
#28
Jombang.....salah 1 kota yg pernah dilewati kereta dari 4 penjuru (jombang-babat dan jombang-pare)
bahkan salah 1 percabangan yang jalurnya sudah mati telah menjadi sepur badug........ Big Grin
| | |
Reply
#29
Heart 
Kalo saya, ko' lebih tertarik ngebahas "Stasiun Kecil yang Unik" yah? belum OOT kan? Ngeledek

Nah, sehubungan dengan ketertarikan saya itu, dan karena akhir-akhir ini sering jadi pelanggan setia Mutiara Selatan (BD-SGU), maka saya mengajukan Sta. Jeruklegi...



ALASAN:
1. Karena stasiunnya kecil dengan perlintasan melengkung dan memiliki 1 spoor singgah...
2. Karena Mutiara Selatan rutin bersilangan dengan Turangga (Kalo ga salah) disana, jadi saya bisa keluar untuk clingak-clinguk dan sebagainya...
3. Karena mepet perumahan penduduk...
4. Kesannya gmanaaaa gitu...

Bye Bye
Indonesia
_________________________________________________________________
Bukan Mimpi Kalo Bisa Jadi Kenyataan ! ... Jayalah Kereta Api Indonesia !
Reply
#30
INi terletak di petak mana kang? Bingung
Jam berapa biasanya bersilangan. Pengen ngerasain jugaNgiler


Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)