Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Soal api di lubang exhaust loko..
#11

Blom prnah nyoba mas.. Pisss ahhh...

Tp Lok Merah Biru nya jadi kereen.. Ada yg bercahaya di atas..
Ngiler
Reply
#12

serem amat om,entar betis kena api dong ?

jadi penjelasannya gimana yah yang bener?
yang saya baca di Semboyan 35 gitu sih
lupa di thread mana
Reply
#13
ni bukan masalah pd mesin br/lama mas ini terjadi pd semua mesin jikalau penyetelan yg ndak standar dari yg dianjurkan
Kasus keluar api dari knalpot biasane sering terjadi pada bus2 di indonesia yg seneng lari kenceng tp solar pengen irit,hehehe tp kalo diloko PT. Kereta Api Indonesia (Persero) kejadian tsb bnyk dialami oleh BB203 almarhum n CC201 yg bawa rangkaian lebih dari 10gerbong n disamping masinisnya juga yg pengennya langsung wuzz aja
Reply
#14
Aduh,kog kek sering baca masalah ini ya?lupa di thread mana..
coba deh buka2 di thread CC201/203/204
Bingung
Kalo ga salah nih ya..itu sampe keluar api karena kelebihan HSD, sehingga pembakaran gak sempurna..ini akibat thottle yg ditarik terlalu besar (misal dari 2 langsung ke 4/5)
Beda sama CC204, semuanya dah diatur sama komputer, jadi pembakaran sempurna..masinis ga bisa narik throttle seenaknya, musti bertahap..kalo ditarik seenaknya yang ada malah lok ga mau jalan,mesin mati otomatis..
CMIIW
Reply
#15
iya.. Iya.. Sya jg pernah liat kyk bgtuan.. D by pengok tiap sore (tp harinya g nentu), lg pada test akselerasi.. Mungkin karena jarak yg tdk ckup tdk sbnding dg trhottle yang besar..

Utk lbh jelasnya.. Kalo yg tinggal djogja bisa tu lwt by pengok tiap sore kalo lg bruntung bisa nyaksiin hal tsb gratis sambil makan es dawet ,hehe...n bs tnya ma mekaninknya skalian..
Reply
#16

Api bisa keluar dari manifold itu di pastikan running haurs engine sudah kelewat batas dan juga maintenance terlambat, seperti klep valve exhaust and seatingnya sudah aus sehingga pembakaran lolos ke manifold, nozzle bahan bakar sudah tidak bisa ngabut lagi dan pompa bahan bakar harus di kalibrasi ulang. or engine di overhauled total pasti joooz ...:PlayboyBye Bye
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply
#17
Silahkan dibaca-baca, penjelasan teknisnya :


Exhaust keluar api bukan saat full trottle tapi saat mesin mencoba mempercepat putarannya sesuai dengan posisi trottle yang di setel masinis (biasanya saat Full Load), tapi Nosel injectornya menyemprot terlalu banyak HSD dibandingkan kebutuhan mesinnya sehingga sebagian HSD tidak terbakar dan keluar melalui Turbo lalu ke exhaust, dan menyala ketika bertemu dengan udara luar yang mengandung oksigen.

sering terjadi pada beberapa lok 201 203 dan 204 batch awal yang pengendali mesin nya masih mempergunakan mekanik elektrik hidrolik. Pada 204 yang batch akhir, putaran mesin di kendalikan komputer sehingga tidak akan terjadi pembakaran tidak sempurna, hasilnya konsumsi bahan bakar lebih irit.



Buat teman teman yang suka memperhatikan 204, coba lihat asap dari knalpotnya saat sedang gas poll ( tanjakan, atau baru berangkat dari stasiun). bandingkan dengan lok DE lainya. menurut teman teman ada bedanya atau tidak?

referensi:
  1. Asap hitam tebal : kelebihan bahan bakar, HSD tidak terbakar sempurna
  2. Asap abu abu : kompresi bocor di beberapa silinder, pembakaran kurang panas
  3. Asap putih : jangan sampe, berarti gasket silinder jebol oli masuk ke silinder
  4. asap tipis agak hitam : ideal, saat beban berat mesin tetap membakar hsd dengan sempurna
  5. Asap menggumpal dengan interval tertentu : salah satu silinder ada yang ga beres.


itu normal bieb
seharusnya saat beban penuh sekalipun, asapnya tetap segitu
dan saat idle tidak berasap
[/quote]



Happy reding!!!!
Reply
#18
Buat yang punya photo minjem yah, cuma mo nunjukan api yg keluar dari lubang exhaust loko


(klik gambar, biar keliatan apinya)

Sekali lagi, itu gambar bukan punya saya. Suer ! ....
Ku mau terbang dan tenggelam, menjalani semua ini .....
"Terbang Tenggelam" ~ song by NETRAL
Reply
#19

Walahh... Kalo kayak gitu serem juga ya?? Pasrah Aja Dah
Ngiler
Reply
#20
Kalo ndak salah juga, itu karena Turbo Charger..

------- Batalkan Kenaikan Tariff KRL! ----------

Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)