Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Argo Gede
sebenernya PWK-CKP ntu bisa taspatnya digeber 85 kmh soalnya biar tikungan,tikungan cepet itungannya
kalo sekarang paling cepet gopar BD-PWK 1 jam 30 menit,PWK-CKP bisa 12 menit,CKP-JNG sebenernya bisa stabil 95-100 kmh
tapi itu masinis BD pada taat taspat semua Ngakak
bahkan waktu ntu gw naek gopar digeber 100 kmh cuma goyang dikit gerbongnya masih itungan stabil lah Xie Xie
beda kalo di K2nya digeber 90 kmh juga udah goyang banget tuh gerbongnya
soalnya dulu jaman2 argo gede menghembuskan nafas terakhirnya selalu stabil BD-GMR 3 jam pas walaupun jalannya alon2
pengaruh juga sih gopar bawa K2
My Train Frequent Passanger Card

[spoiler]
[/spoiler]
Reply

Kalo GoPar rasa Harina jelas setelah ada GoPar...

Tapi Argo Gede (Gode? Jadi bahasa Manado-nya gede donk...) rasa Harina juga pernah ada. Pas rangkaian Harina masih stripping Satwa djadoel yg putih dengan garis-garis hijau... Cuma gak tau jadwalnya jam berapa.

Seinget saya pun pas terakhir ke Cimindi, jadwal yg terpampang masih jadwal lama. Ada Parahyangan dan Gode, cuma yg ada KA **F-nya cuma Parahyangan, 69F sama 72F kalo gak salah (berarti jalan sore dan malam, CMIIW).

Soal waktu tempuh, memang agak kurang realistis kalo BD-GMR bisa 2 jam, sekalipun gak berhenti CMI, PWK, dan BKS berarti cuma berkurang 12 menit dengan asumsi:

Berhenti: 3 x 2 menit = 6 menit
Akselerasi dan deselerasi saat berangkat/tiba: 6 x 1 menit = 6 menit

Sedang faktanya sekarang itu waktu tempuhnya BD-PWK itu 90 menit, ditambah PWK-JNG itu 60-70 menit, belum JNG-GMR 10 menit, berarti waktu tempuh saja sudah 160-170 menit, sama dengan 2 jam 40-50 menit.

Kalo dikurangi CMI, PWK, sama BKS dari jadwal, maksimalnya ya balik ke JB-250, 2,5 jam kalo enggak 2 jam 40 menit paling telatnya. Itupun kalo selalu menang silangan di petak yg masih single track...
Visit my new blog at

Visit also:

Reply
JNG-GMR sebenernya waktu jaman argo gede itu 7 menit di perkanya
entah kenapa sekarang jadi 15 menit apa gara-gara CL? Bingung
BD-PWK bisa lebih cepet 85 menit kalo petak BD-PDL digeber 90 kmh terus seandainya petak ciganea-purwakarta udah gak ada pembatasan taspat lagi
sekarang petak ciganea-purwakarta sekitar 500 meter taspatnya 20 kmh soalnya tebing yang longsorannya gak dibetul2in
kalo ini udah stabil lumayan bisa hemat akselerasi sama deselerasi sekitar 1-2 menit
My Train Frequent Passanger Card

[spoiler]
[/spoiler]
Reply

Kalo GoPar rasa Harina jelas setelah ada GoPar...

Tapi Argo Gede (Gode? Jadi bahasa Manado-nya gede donk...) rasa Harina juga pernah ada. Pas rangkaian Harina masih stripping Satwa djadoel yg putih dengan garis-garis hijau... Cuma gak tau jadwalnya jam berapa.

Seinget saya pun pas terakhir ke Cimindi, jadwal yg terpampang masih jadwal lama. Ada Parahyangan dan Gode, cuma yg ada KA **F-nya cuma Parahyangan, 69F sama 72F kalo gak salah (berarti jalan sore dan malam, CMIIW).

Soal waktu tempuh, memang agak kurang realistis kalo BD-GMR bisa 2 jam, sekalipun gak berhenti CMI, PWK, dan BKS berarti cuma berkurang 12 menit dengan asumsi:

Berhenti: 3 x 2 menit = 6 menit
Akselerasi dan deselerasi saat berangkat/tiba: 6 x 1 menit = 6 menit

Sedang faktanya sekarang itu waktu tempuhnya BD-PWK itu 90 menit, ditambah PWK-JNG itu 60-70 menit, belum JNG-GMR 10 menit, berarti waktu tempuh saja sudah 160-170 menit, sama dengan 2 jam 40-50 menit.

Kalo dikurangi CMI, PWK, sama BKS dari jadwal, maksimalnya ya balik ke JB-250, 2,5 jam kalo enggak 2 jam 40 menit paling telatnya. Itupun kalo selalu menang silangan di petak yg masih single track...
[/quote]

Hmm... iya perasaan dulu Argo Gede rasa harina pernah ada, waktu masih stripping satwa kayak stripingnya turangga and mustel pas stripping satwa dulu...

Kalo aq ndak salah dulu tuch dealnya rangkaian harina itu dipake buat rangkaian lain baik di daop 2 maupun 4, di daop 2 jadi Argo gede and di daop 4 jadi rajawali...

Dulu tuch juga pernah kok ada fotonya waktu argo gede rasa harina, waktu pake km3... ada kok di threadnya cuma lupa dmana....

Ya paq setuju paling maksimal ya kyk Argo Gede lage, sebenernya sebelum di likuidasi Argo Gede tuch stabil kok di 2 jam 35-45 menit... dulu pernah ada yang post perbandingan waktu setiap perka Argo Gede (tertulis dan realisasi) disini cuma aq lupa, rata2 kalo weekend tepat waktu gara2 nggak keodong ama KRL...

Iya emang kalo disambung ama rangkaian K2, kalo ngebut geter banget... mungkin bukan F40 or E 40 jadi susah diajak ngebut...
Tinggal tunggu realisasinya aja... blom ada kabar lage ya ?

OOT dikit kabar KA Bd-PWT gmana ya ? apakah mo pake KA eks rajawali 2 (Gopar 7000an) or gmana ? kali2 maen ke ruang KS, baik lho WKSnya mau diajak ngobrol tentang aspirasi RF...

Reply




yang ini kah ??

BingungBingung
Uploaded with
Reply




yang ini kah ??

BingungBingung
Uploaded with
[/quote]

Iya betul sekali mas Playboy
Yang itu, hehe... aq inget dulu stabling di jalur 5 BD hehe...

TQ mas Xie Xie
Reply
@revolian : perasaan tahun2 menjelang likuidasi gede gak pernah nembus 2 jam 35-45 menit deh Ngeledek
Orang gw naek tiap 2 minggu sekali rata2 2 jam 50-52 menit BD-GMR atau sebaliknya
gw akuin gede merupakan kereta yang paling tepat waktu,waktu tempuh segitu tuh bener2 sama di tiket sama realisasinya
biarpun telat maksimal 1 atau 2 menit beda sama gopar sekarang yang sering telat rata2 5 menit lebih Bethe
seandainya sekarang gopar pake gapekanya gede gw yakin bakalan prima soalnya gapeka sekarang itu cuma 4 trip kalo gak salah yang masih make gapeka gede
feeling gw sih rangkaian baru ini bakal dijalanin make rangkaian gopar cadangan di dipo keret bd deh soalnya kemaren liat masih ada 4-6 kereta di dipo BD
tapi semalem gw mimpi sih rangkaian harina di retrofit jadi sekelas argo Ngakak
My Train Frequent Passanger Card

[spoiler]
[/spoiler]
Reply
@ BAMBANG EKO: Yup, yang seperti itu. Jadi inget dulu pernah jemput nenek di stasiun, beliau naik Parahyangan. Di samping rangkaian Parahyangannya ada kereta stripping begitu, 6-7 kereta kalo gak salah. Dulu mikirnya itu Parahyangan full Eksekutif (dulu taunya kalo Gode itu pasti putih-abu), eh taunya si Gode, makanya full Eksekutif...

@ Gopar new image: Betul, Gapeka terakhir Gode yg saya temukan di Stasiun Cimindi menunjukkan KA ini waktu tempuhnya berada di kisaran 2 jam 50-55 menit. Berikut jadwal untuk BD-GMR, yg GMR-BD tidak sempat saya catat karena Patas ke BD keburu merapat duluan di jalur 2 CMD...

Jadwal KA Argo Gede BD-GMR:

KA 19 (2 jam 58 menit)
BD 06:00
CMI 06:11 06:13
BKS 08:30 08:32
JNG 08:46 08:48
GMR 08:58

KA 21 (2 jam 52 menit)
BD 07:15
CMI LS 07:25
BKS 09:38 09:40
JNG 09:55 09:57
GMR 10:07

KA 23 (2 jam 51 menit)
BD 10:30
CMI LS 10:39
BKS 12:52 12:54
JNG 13:09 13:11
GMR 13:21

KA 25 (2 jam 53 menit)
BD 14:30
CMI 14:41 14:43
BKS 16:55 16:57
JNG 17:12 17:14
GMR 17:23

KA 27 (2 jam 57 menit)
BD 16:15
CMI LS 16:24
BKS 18:43 18:45
JNG 19:00 19:02
GMR 19:12

KA 29 (3 jam 2 menit)
BD 18:30
CMI LS 18:39
BKS 21:02 21:04
JNG 21:20 21:22
GMR 21:32

Tapi koq, yg anehnya, KA 29 yg paling malem bisa lewat dari 3 jam ya?

Sedikit cerita tentang Argo Gede, di tahun 2009 (kalo gak salah, pokok pas zaman Gode ke BD gak berhenti JNG) naik Gode yg sore masuk GMR-nya, kecepetan 10 menit masuk GMR-nya. Entah berapa lama abis di jalan, pokoknya itu kereta masuknya kecepetan aja.

Sekarang, dari pengalaman naik GoPar, baru sekali yg kecepetan dari jadwal di tiket. Tertulis masuk BD 14:56 (di Gapeka 14:49), KA 24 pada tanggal 101010 masuk BD pukul 14:40, alias 9 menit lebih cepat dari Gapeka milik saya (kayaknya yg diedarkan pas awal-awal kemunculan GoPar) dan 16 menit lebih cepat dari jadwal di tiket.

Sejak saat itu, belum pernah lagi ngalamin GoPar yg, minimal, on-time. Paling OK pas naik 20 ke BD, telat "cuma" 6 menit (masuk BD 09:04 dari jadwal 08:58)...

Jika sampai ada GoPar yg full Eksekutif ini, diharapkan sekali bisa mengulangi kejayaan Gode, BD-GMR dibawah 3 jam, bahkan tembus 2,5 jam lagi deh kalo boleh!
Visit my new blog at

Visit also:

Reply

Maksudquw 40-45 itu ampe JNG... Playboy
soalnya JNG-GMR suka ngodong ntah kenapa...
Ngeles mode on NgakakNgakakNgakak
Dari kemaren tak cariin table yang pernah diupload ndak ketemu, disana ada perka n realisasinya... dulu tuch tack buka sekitar tahun 2009an...

Iya sich, di dipo BD, kalo ngintip sedikit via KRD hehe... emang masih ada beberapa K1 yang idle... cuman kalo dipake ntar rolling buat KA-KA Gopar yang PA jade susah...

Brow rangkaian harina sebenernya emang dah sekelas Argo kan ? Pintunya udah otomatis, TV LCD, AC Dingin... cuman tempat duduk nggak tau masih 52 atau 50...

Kalo aq pribadi sich lebih nyorotin ke value added servicenya, supaya bisa bedain Gopar and Gede... ternyata dulu pernah ada ya integrasi KRL, busway and tiket Gede...

Dah bagus tuch tinggal di lanjutkan Playboy
Reply

Iya sih, emang udah bisa dibilang sekelas Argo, kayak rangkaian Bangunkarta. Cuma seat-nya emang masih di 52 TD, beda sama BK yg udah 50 TD...

Cuma khusus untuk K1-02538 / K1 0 02 25 sama K1-02542 / K1 0 02 29 yg kursinya "red retrofit" belum ada meja lipatnya, gak kayak K1 Harina yg lainnya...
Visit my new blog at

Visit also:

Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)