Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 3 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
All About KA MALABAR [Sejarah, Diskusi]
Lha kalau bakal ada K3 BD-ML, adakah potensi untuk mengganggu okupansi kahuripan? Soalnya saat saya pantau, okupansi ni KA yang berangkat dari stasiun Kediri ya bagus sih, tapi gak luar biasa juga. Biasanya antara H-2 hingga hari-H tiketnya baru habis terjual, sementara saudaranya si Brantas baru H-5 saja kadang sudah ludes Ngiler

CMIIW
Seperti alunan detak jantungku,
tak bertahan, melawan waktu
dan semua keindahan, yang memudar
atau cinta, yang tlah hilang

==========

My latest TR: Tawang Alun, 30 Juni 2013

Lok Merah Biru
Reply
Menanggapi postingan Mas Andrew, berhubung agak panjang dan saya OL via HP, jadi gak di-quote ya...

Soal waktu tempuh Malabar yang masih sering telat parah, kalo karena kurang kompak antar Daop ya maklum saja bisa telat-telatan begitu. Apakah belum ada tindakan dari pusat untuk menyeragamkan prioritas perjalanan KA di seluruh daerah operasi yang dilintasi?

Memang sih, dari istilah "daerah operasi" tampak seperti istilah "otonomi daerah", tiap wilayah punya otoritas untuk mengatur segala sesuatu di dalam daerah operasinya. Tapi kan, yang namanya prioritas perjalanan KA, harusnya sama donk di seluruh daerah.

Makanya, apabila ada ketidakseragaman ini, apakah dari pusat tidak ada kebijakan untuk mengatasi hal ini? Sehingga citra kereta api sebagai moda yang cepat bisa kembali muncul seperti dulu...



Soal jumlah K3 BD, emang kalo yang nutrisari cuma ada 6 unit; 4 dijalankan reguler dalam dua rangkaian (2 unit/rangkaian) dan 2 jadi cadangan, ditukar minimal seminggu sekali dengan yg reguler untuk istirahat. Kalaupun bakal dijalankan trip K3 khusus relasi Malang-Bandung, dan membaca postingan rekan Hungry Soul, saya jadi terpikir, kenapa bukan Kahuripan saja yang diperpanjang sampai Malang seperti Senja Kediri?

Mungkin itu akan berpengaruh pada porsi penumpang dari Kediri, tapi setidaknya tidak saling "membunuh" kereta kan? Dan jumlah armada yang ada (punya BD dan punya MN) bisa dioptimalkan untuk kereta yang satu ini (jika akan dioperasikan). Tinggal armadanya Kahuripan dipermak jadi lebih bagus, kurang lebih setara sama armadanya K3 Malabar, toh juga K3-nya Kahuripan saya liat banyak yg masih muda, ada yg generasi 98...

Untuk kelas Ekonomi AC-nya sendiri, ya itu berjalan seiring waktu saja. Ketika memang armadanya sudah ada, barulah kelas Bisnisnya Malabar diganti dengan Ekonomi AC. Karena memang sekarang ini, dengan formasi Eksekutif-Bisnis-Ekonomi Plus, okupansi Bisnis Malabar sendiri kurang memuaskan, sehingga dari awalnya membawa 3 unit, sekarang dikurang menjadi 2 unit. Kalau nanti Ekonomi Plusnya dicabut dan jalan sendiri/digandengkan jadi Kahuripan Malang-Kiaracondong-Padalarang, mungkin okupansi Bisnis Malabar baru akan meningkat secara signifikan...
Visit my new blog at

Visit also:

Reply

nah kalu yang ini ane setuju, daripada bikin K3 relasi baru mending Kahuripan dipanjangin sampe ML. Tinggal nanti disesuaikan kembali waktu berangkat dari Padalarang biar sampe ML gak kesiangan.Kalau memang ada wacana pemanjangan Kahur sampe ML, mungkin diberangkatkan dari Padalarang agak siang sekitar jam 14:00 biar gak kesundul-sundul sama KA bendera. Tapi yang juga harus diperhitungkan mengenai okupansi nantinya jika ada perubahan jadwal keberangkatan baik dari barat ataupun dari timur...
Reply

masalahnya, kereta di ML sudah penuh, danML sudah tidak muat untuk dijadikan tempat stabling KA. Xie Xie
||

Argo Unyu
Reply
Gan,malabar skrg gimana keadaanya?? Kalo ke BD pengen naik si.. tiketnya mahal mana sama turangga?
Terus belajar tentang kehidupan dengan Lok Merah Biru , terjun ke masyarakat dengan kereta api adalah cara belajar terbaik.
Reply

nah kalu yang ini ane setuju, daripada bikin K3 relasi baru mending Kahuripan dipanjangin sampe ML. Tinggal nanti disesuaikan kembali waktu berangkat dari Padalarang biar sampe ML gak kesiangan.Kalau memang ada wacana pemanjangan Kahur sampe ML, mungkin diberangkatkan dari Padalarang agak siang sekitar jam 14:00 biar gak kesundul-sundul sama KA bendera. Tapi yang juga harus diperhitungkan mengenai okupansi nantinya jika ada perubahan jadwal keberangkatan baik dari barat ataupun dari timur...
[/quote]

gw bukan seorang pakar, tapi dari yg gw ngerti mulai kejadian ilangnya kekompakan kinerja antar DAOP ini ditandai dari mulai ilangnya ketentuan jarak aman KA argo & satwa 2 petak dengan KA didepannya, semata2 karna alesan padetnya traffic. emank kalo gw bilang traffic padet bner, tapi menurut gw ga sampe sepadet itu karna tetep masi ada slot2 kosong yg sebenrnya bisa diisi, cuma memank dg adanya taspat yg ditentukan membuat sampenya atau malah bisa jadi keberangkatan untuk KA penumpang kurang cocok dengan peminatan pasar sendiri.
mengatasi sperti itu memank solusinya adalah DT, tapi bingungnya dengan cara pembangunan di indonesia yg meskipun DT uda jadi tapi taspat di track itu malah ga dikasi selayaknya bantalan beton, R 62 (CMIIW) & DT itu diturunin, padahal seharusnya uda DT & bantalan beton paling ga nya KA di slot yg padetpun masing2 masi bisa menempuh 85-100 km/h, tapi nyatanya stelah berbulan2 DT uda jadi & dipake baru taspat itu dinaekin.

Justru emank yg gw denger berita dari pusat pun emank bukan bener2 dipisah berjalan sbagai rangkaian KA baru, tapi armada K3 malabar (6 K3 & 1 KMP3 itu) diperuntukan buat membantu kahuripan & kahuripan sendiri emank diperpanjang sampe ML rencananya. terkait soal itu, tadi ada yg bertanya trafficnya padet kan? sebenernya kalo pendapet gw ga sampe segitunya koq, masi ada slot diantara 90-324-96 masi ada slot yg bisa dipake buat kahuripan pindah ke jam itu, kalo memang terpaksa juga bisa pake slot yg ada di antara 96-38, emank diantara 2 slot besar ini gw tau ada sekitar 10 KA lokal yg juga memadati track, tapi rasanya kalo untuk menyelipkan 1 KA prioritas masi bisa & ga terlalu mengganggu.
kalo menurut gw si tempatin pemberangkatan kahuripan yg diperpanjang sampe ML jam 4.00 atau 4.15 sore dari PDL dari aslinya kahuripan yg skarang berangkat PDL jam 8 malem, paling ngga nya sampe malem masi sama kayak dia skarang ini biasanya sampe di KD jamnya.
Reply

nah kalu yang ini ane setuju, daripada bikin K3 relasi baru mending Kahuripan dipanjangin sampe ML. Tinggal nanti disesuaikan kembali waktu berangkat dari Padalarang biar sampe ML gak kesiangan.Kalau memang ada wacana pemanjangan Kahur sampe ML, mungkin diberangkatkan dari Padalarang agak siang sekitar jam 14:00 biar gak kesundul-sundul sama KA bendera. Tapi yang juga harus diperhitungkan mengenai okupansi nantinya jika ada perubahan jadwal keberangkatan baik dari barat ataupun dari timur...
[/quote]

gw bukan seorang pakar, tapi dari yg gw ngerti mulai kejadian ilangnya kekompakan kinerja antar DAOP ini ditandai dari mulai ilangnya ketentuan jarak aman KA argo & satwa 2 petak dengan KA didepannya, semata2 karna alesan padetnya traffic. emank kalo gw bilang traffic padet bner, tapi menurut gw ga sampe sepadet itu karna tetep masi ada slot2 kosong yg sebenrnya bisa diisi, cuma memank dg adanya taspat yg ditentukan membuat sampenya atau malah bisa jadi keberangkatan untuk KA penumpang kurang cocok dengan peminatan pasar sendiri.
mengatasi sperti itu memank solusinya adalah DT, tapi bingungnya dengan cara pembangunan di indonesia yg meskipun DT uda jadi tapi taspat di track itu malah ga dikasi selayaknya bantalan beton, R 62 (CMIIW) & DT itu diturunin, padahal seharusnya uda DT & bantalan beton paling ga nya KA di slot yg padetpun masing2 masi bisa menempuh 85-100 km/h, tapi nyatanya stelah berbulan2 DT uda jadi & dipake baru taspat itu dinaekin.

Justru emank yg gw denger berita dari pusat pun emank bukan bener2 dipisah berjalan sbagai rangkaian KA baru, tapi armada K3 malabar (6 K3 & 1 KMP3 itu) diperuntukan buat membantu kahuripan & kahuripan sendiri emank diperpanjang sampe ML rencananya. terkait soal itu, tadi ada yg bertanya trafficnya padet kan? sebenernya kalo pendapet gw ga sampe segitunya koq, masi ada slot diantara 90-324-96 masi ada slot yg bisa dipake buat kahuripan pindah ke jam itu, kalo memang terpaksa juga bisa pake slot yg ada di antara 96-38, emank diantara 2 slot besar ini gw tau ada sekitar 10 KA lokal yg juga memadati track, tapi rasanya kalo untuk menyelipkan 1 KA prioritas masi bisa & ga terlalu mengganggu.
kalo menurut gw si tempatin pemberangkatan kahuripan yg diperpanjang sampe ML jam 4.00 atau 4.15 sore dari PDL dari aslinya kahuripan yg skarang berangkat PDL jam 8 malem, paling ngga nya sampe malem masi sama kayak dia skarang ini biasanya sampe di KD jamnya.
[/quote]

Punten kang kalau boleh tahu kalau misal dia ada didepan Mutiara Selatan semisal ini jadi kalau ada salah kata mohon maaf
Kahuripan akan disusul dimana ya?
Sementara Malabar No 89 Justru malahan Makin Top Jalannya sedangkan 90 masih loyo karena meskipun petaknya banyak loss untuk menang silang tapi masuknya tetep jam Setengah 8 itupun juga udah susah payah ngebutnya
sekali lagi punten ya kang
Reply

nah kalu yang ini ane setuju, daripada bikin K3 relasi baru mending Kahuripan dipanjangin sampe ML. Tinggal nanti disesuaikan kembali waktu berangkat dari Padalarang biar sampe ML gak kesiangan.Kalau memang ada wacana pemanjangan Kahur sampe ML, mungkin diberangkatkan dari Padalarang agak siang sekitar jam 14:00 biar gak kesundul-sundul sama KA bendera. Tapi yang juga harus diperhitungkan mengenai okupansi nantinya jika ada perubahan jadwal keberangkatan baik dari barat ataupun dari timur...
[/quote]

gw bukan seorang pakar, tapi dari yg gw ngerti mulai kejadian ilangnya kekompakan kinerja antar DAOP ini ditandai dari mulai ilangnya ketentuan jarak aman KA argo & satwa 2 petak dengan KA didepannya, semata2 karna alesan padetnya traffic. emank kalo gw bilang traffic padet bner, tapi menurut gw ga sampe sepadet itu karna tetep masi ada slot2 kosong yg sebenrnya bisa diisi, cuma memank dg adanya taspat yg ditentukan membuat sampenya atau malah bisa jadi keberangkatan untuk KA penumpang kurang cocok dengan peminatan pasar sendiri.
mengatasi sperti itu memank solusinya adalah DT, tapi bingungnya dengan cara pembangunan di indonesia yg meskipun DT uda jadi tapi taspat di track itu malah ga dikasi selayaknya bantalan beton, R 62 (CMIIW) & DT itu diturunin, padahal seharusnya uda DT & bantalan beton paling ga nya KA di slot yg padetpun masing2 masi bisa menempuh 85-100 km/h, tapi nyatanya stelah berbulan2 DT uda jadi & dipake baru taspat itu dinaekin.

Justru emank yg gw denger berita dari pusat pun emank bukan bener2 dipisah berjalan sbagai rangkaian KA baru, tapi armada K3 malabar (6 K3 & 1 KMP3 itu) diperuntukan buat membantu kahuripan & kahuripan sendiri emank diperpanjang sampe ML rencananya. terkait soal itu, tadi ada yg bertanya trafficnya padet kan? sebenernya kalo pendapet gw ga sampe segitunya koq, masi ada slot diantara 90-324-96 masi ada slot yg bisa dipake buat kahuripan pindah ke jam itu, kalo memang terpaksa juga bisa pake slot yg ada di antara 96-38, emank diantara 2 slot besar ini gw tau ada sekitar 10 KA lokal yg juga memadati track, tapi rasanya kalo untuk menyelipkan 1 KA prioritas masi bisa & ga terlalu mengganggu.
kalo menurut gw si tempatin pemberangkatan kahuripan yg diperpanjang sampe ML jam 4.00 atau 4.15 sore dari PDL dari aslinya kahuripan yg skarang berangkat PDL jam 8 malem, paling ngga nya sampe malem masi sama kayak dia skarang ini biasanya sampe di KD jamnya.
[/quote][/spoiler]

Punten kang kalau boleh tahu kalau misal dia ada didepan Mutiara Selatan semisal ini jadi kalau ada salah kata mohon maaf
Kahuripan akan disusul dimana ya?
Sementara Malabar No 89 Justru malahan Makin Top Jalannya sedangkan 90 masih loyo karena meskipun petaknya banyak loss untuk menang silang tapi masuknya tetep jam Setengah 8 itupun juga udah susah payah ngebutnya
sekali lagi punten ya kang
[/quote]

Out of Topic ʕ•́ᴥ•̀ʔっ

menurut gw buat 96 nyusul 124 itu malah gampang, secara kalo gw liat perkanya yg dulu (macem K3 biasanya pemberhentian normalnya dari yg lama ke yg baru ga akan berubah drastis mengingat penumpang banyak naek) pemberhentian normal kahuripan ngangkut penumpang itu di KAC, RCK, CCL, LL, CB, CPD, TSM, CI, BJR, malah BJR-KWG berentinya /petak buat silang. kalo toh ga bisa kesusul dipetak CI-BJR, sembari silang di BJR-KWG bisa disusul disana.







entah kenapa, kayaknya KA yg dari ML kalo gw liat selalu bermasalah sama kesepadanan waktu tempuh sama gapekanya, karna memank faktor silangannya, blom lagi faktor tracknya, sebenrnya kalo menurut gw emank gapekanya malabar skarang ini uda paling cocok si, walopun ga bisa full mengangkut orang pulang kerja dg jam brangkatnya yg masi nanggung bgitu
menambahkan dari yg sblomnya gw post skalian.
bner apa yg dikata lavie, semenjak ilangnya jarak aman 2 petak depan diseluruh KA argo, tiap DAOP (atau qta bisa dibilang otonomi daerah) akan memprioritaskan KA miliknya terlebih dulu selama KA itu masi di batas DAOPnya, ga memandang kelas apapun KA itu, selepas perbatasan DAOP asalnya suatu KA akan bernasib hokky2an, tergantung KA itu bagaimana di DAOP yg terkait.
contoh aja yg sering keliatan aja di KA ini:
KA 89 lepas DAOP VIII & VII yg slotnya keliatan masi kosong masuk DAOP VI dia masi bisa lari kenceng karna DT jadi masi bisa on time masuk YK tapi masuknya di BD sering kali telat kan? itu kanra di DAOP V dia ga diprioritasin dalem bersilang, DAOP V akan mengungguli KA nya & KA DAOP VI, meskipun DAOP II sbagai depo induk KA ini pasti bakal memprioritaskan jalannya, tapi pada dasarnya KA ini uda telat, otomatis secepet apapun di DAOP II dia dikasi lari dia ga bisa mensesuai grafik jam sampenya.
KA 90nya pun demikian, dari beberapa kesaksian yg pernah naek KA ini, rata2 sampe di YK uda telat kan blakangan ini, bahkan pernah uda telat sampe 1 jam lebi karna silangan di DAOP V kalah sama KA DAOP V & VI, meskipun di DAOP VII prioritas beruntut dengan KA sana, tapi KA ini ga bisa apa2 karna uda telat dari stengah perjalanan awal
Reply
Stasiun Bandung, 23.02.2012, 08:40 AM:

Hati-hati, jalur 1 dari arah timur, segera masuk Kerta Api Ekspres Malabar dari Malang untuk tujuan akhir Bandung...

Formasi KA 89 ML-BD, 23.02.2012:

CC 204 24 (CC 204 11 04) SDT - K3 0 09 37 BD - K3 0 09 33 BD - K2 0 86 18 BD - K2 0 86 30 BD - MP1 0 99 02 BD K1 0 67 14 BD - K1 0 67 04 BD - B 0 68 01 SMC - B 0 86 03 BD
Visit my new blog at

Visit also:

Reply
gimana nih kabarnya malabar? untuk K1 masih pake eksis?
Esok lusa boleh kita jumpa pula
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)