Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
KA Bandung-Bogor Akan Beroperasi?

kayaknya kecil deh mas,hanya memperkuat jembatan,las sambungan rel,nambah balast thats all..mungkin RF daop 2 yg tau lebih banyak kondisi realnya..
" R.I.P Bumi Geulis"[/i]
Reply
tapi kayaknya proyek ini masih masuk dalam koridor rencana strategis PT KA (ada tritnya) deh. Tapi prioritasnya ya (mungkin) gak penting2 banget. Mungkin perlu diadakan survey atau polling masyarakat yg tinggal di sekitar lintas ini, apa mereka perlu KA atau tidak. Kalo dihidupkan kembali sekedar hanya untuk pariwisata, ya nanggung banget.

Mungkin ada pendapat lain???

Murtini

Lahir: Purwokerto, 12 Desember 1950
Wafat: Jakarta, 17 Juli 2012

Selamat jalan mama. Kelak kita akan bertemu kembali.

Semboyan 40, 41, mama aman berangkat.
Reply

kalo menurut sy jika memang diadakan polling pastinya masyarakat mayoritas akan setuju jika jalur ini normal kembali,utk KA wisata sy rasa belum terlalu urgent,utk lintas ini masyarakat lebih membuthkan angkutan massal yg murah dan terjangkau dan yg sy heran kenapa PT KA atau DIRJEN PERKERRTAAPIAN tidak sigap menyikapi ini,apa karna jalur ini yg kurang potensial secara bisnis...hmm..ini cuma unek2 sy aja,gimana dgn rekan2 lain.
" R.I.P Bumi Geulis"[/i]
Reply

kalo menurut sy jika memang diadakan polling pastinya masyarakat mayoritas akan setuju jika jalur ini normal kembali,utk KA wisata sy rasa belum terlalu urgent,utk lintas ini masyarakat lebih membuthkan angkutan massal yg murah dan terjangkau dan yg sy heran kenapa PT KA atau DIRJEN PERKERETAAPIAN tidak sigap menyikapi ini,apa karna jalur ini yg kurang potensial secara bisnis...hmm..ini cuma unek2 sy aja,gimana dgn rekan2 lain.
[/quote]

saya agak penasaran, knp dahulu belanda memilih meneruskan jalur KA dari Bogor ke Bandung??? Knp tidak stop sampai Bogor lalu membuat jalur KA ke Bandung via Jatinegara-Cikampek, nah lintas ini kan dibangun belakangan. Jadi lintas Bogor-Bandung tidak pernah ada, katakanlah begitu misalnya.

Saya rasa sudah saatnya PT KA dan Dirjen Perkeretaapian menahan diri mengumbar rencana2 strategis ke publik untuk ke depannya. Lebih baik fokus satu persatu tapi lancar dan jelas ketimbang bikin banyak rencana tapi ngesot jalannya

Murtini

Lahir: Purwokerto, 12 Desember 1950
Wafat: Jakarta, 17 Juli 2012

Selamat jalan mama. Kelak kita akan bertemu kembali.

Semboyan 40, 41, mama aman berangkat.
Reply
jalur ini adalah jalur pertama yg mnghubungkan jakrta bandung. jalur ini di buka. karena waktu itu. kota kota utama seperti bogor sukabumi cianjur padalarang terletak pd jalur ini. efek ekonomi yg didapat lebih besar. dn wilayah bekasi kerawang cikampek merupakan rawa rawa. sehingga mmbutuhkan biaya besar mmbangun diatas rawa. lagi pula purwakarta padalarang mmbutuhkan jembatn2 panjang yg harganya mahal. tetapi lambat laun Belanda merasa biaya iperasional kereta didaerah pegunungan mnjadi trlalu besar. sehinga mereka memutuskan mmbuat jalut baru via cikampek purwakarta yg lebih landai
RF fajarwe, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Nov 2010.
Reply

dan nampaknya pertimbangan ini masih berlaku smp saat ini.

lebih besar mana perawatan jalur mati (tetap utuh semuanya, jaga2 kalo kelak dipake lagi) dan menghidupkan jalur mati (kondisi banyak sarana dan prasarana yg rusak)??????

Murtini

Lahir: Purwokerto, 12 Desember 1950
Wafat: Jakarta, 17 Juli 2012

Selamat jalan mama. Kelak kita akan bertemu kembali.

Semboyan 40, 41, mama aman berangkat.
Reply
bagaimanapun. setiap moda dan jalur mempunyai pangsa pasarnya masing masing sesuai keadaan geografis dan lalulitas trafic pergerakan manusia diwilayah tersebut. jika jalur ini ditutup. maka tanahx akan diserobot penduduk. jika dipakai jalur alternatif. maka biaya n efisiensi waktu sulit didapat.

jalur ini tetap mempunyai keunggulan ekonomi n waktu tempuh bila dioperasikan antara bandung sukabumi. sedang bandung bogor keunggulan waktu tempuh didpat bila akhir pekan bila jalur puncak macet.

menurut saya tidak ada salahnya PT KA mengoptimalkan kembali dengan mmperbanyak frekwnsi perjalann KA yaitu Bandung Sukbumi dan KA Bogor Sukabumi Cianjur. kcuali hari Jumat[/b]i sabtu n ahad bisa di operasikan KA Bogor Bandung

[b]
dan nampaknya pertimbangan ini masih berlaku smp saat ini.

lebih besar mana perawatan jalur mati (tetap utuh semuanya, jaga2 kalo kelak dipake lagi) dan menghidupkan jalur mati (kondisi banyak sarana dan prasarana yg rusak)??????
[/quote]
RF fajarwe, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Nov 2010.
Reply

Kalau KA. Argo Parahyangan lewat jalur ini pasti nanti masuk Bogor sampai Gambirnya kayanya agak ngeganggu KRL ComLine, kaya kondisi Jalur Mangggarai/Jatinegara sampai Bekasi, KRL ComLinenya suka keganggu jadwalnya, kecuali kalau bakal ada pembangunan double-double track kaya yang di rencanain pemerintah di (kalau nggak salah) manggarai-cikarang.
Indonesian RailFans | Fans of CC 203 03 Dipo Induk BD
Reply

Kalau KA. Argo Parahyangan lewat jalur ini pasti nanti masuk Bogor sampai Gambirnya kayanya agak ngeganggu KRL ComLine, kaya kondisi Jalur Mangggarai/Jatinegara sampai Bekasi, KRL ComLinenya suka keganggu jadwalnya, kecuali kalau bakal ada pembangunan double-double track kaya yang di rencanain pemerintah di (kalau nggak salah) manggarai-cikarang.
[/quote]

sy rasa gak mungkin GoPar lewat jalur ini,mulai dari trek yg labil,jarak tempuh dan faktor lainnya,kalaupun nanti akan ada KA yg melayani cukup BD-BOO saja kereta yg ditarik lok tapi entah kapan itu akan terwujud.....
" R.I.P Bumi Geulis"[/i]
Reply
kendalanya adalah jalur2 yg udah direvitalisasi tidak lgsg diserahkan oleh Satker Dirjen ke PT. Kereta Api Indonesia (Persero),, jadilah terbengkalai lagi, contohnya ya lintas CJ-LP-SI yg katanya banyak pandrol yg lepas..padahal tadinya mau diresmikan bulan ini jadi ditunda karena harus merbaikin lagi jalur yg (kembali) terbengkalai..Sad
RF aatea_goparmania, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Oct 2010.
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)