Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
All About KA BRANTAS (Diskusi, Sejarah, Pengalaman)

Stamformasi rangkaian: CC 203 36-B-K2 LD-3 K3ac-KMP3-4 K3ac-B
Detailnya, berjalan dg taspat antar petak normal:
Weleri (WLR) melintas langsung bersilang dg KA XXX Kaligung (menggunakan rangkaian K3ac dephub)
Kuripan (KRP) bersilang dg KA 114 Matarmaja
Ujung Negoro (UJN) bersilang dg KA 94 Majapahit
Batang (BTG) bersilang dg KA 44 Express malam bangunkarta
Pekalongan (PK) bersilang dg KA XXXX barang kontainer & KA 12 Argo sindoro
Sragi (SRI) berpapasan dg KA 120 Kertajaya
Comal (CO) berpapasan dg KA 118 Brantas
Pemalang (PML) bersilang dg KA 72 Express Malam Gumarang
Tegal (TG) disusul KA XXXX Barang kontainer, bersilang dg KA 92 Barang Parcel & langsir melepas B serta 1 K2 titipan SLO
Brebes (BB) bersilang dg KA 36 Express malam Sembrani & KA 70 Cirebon express
Bulakamba (BKA) bersilang dg KA 110 Senja utama SM
Babakan (BKN) bersilang dg KA 4 Argo bromo anggrek & KA 60 Barang parcel ONS
Waruduwur (WDW) bersilang dg KA 50 Express malam harina
Cirebon Prujakan (CNP) disusul KA 97 Senja utama SLO & KA 41 Express malam taksaka; serta bersilang dg KA 140 Tawang jaya

Berangkat SMC 7.55pm, masuk CNP 1.32am
Kondisi rangkaian dg hanya menggunakan tenaga dari KMP3 penerangan masih cukup terang standard & ac tetap dingin. Disini terlihat bagaimana perbedaan kasarnya pemasangan ac yg baru saja dipasang untuk kejar target dg K3ac yg sudah lebih dulu digunakan sbg salah 1 generasi pertama, K3ac yg baru dipasang seat no 1-19 dinginnya ac terasa, namun begitu melalui seat 20-24 rasanya panas. Sementara, K3ac yg sudah dipakai dari generasi pertama kondisinya saat ini awal masuk kereta kesannya tidak begitu dingin, tapi setelah jalan dinginnya suhu udara baru terasa, semakin taspat KA meningkat, suhu di dalam kereta (khususnya K3 6) semakin menurun & nyaman untuk tidur. Kebetulan K3ac baru yg terpantau adl K3 4 & 5, karna kemarin hujan jadi menerobos masuk dlm rangkaian melalui K3 yg masih ternaungi canopy stasiun & terlihat sekilas kondisi K3ac lainnya pun serupa dg yg di deskripsikan.
Overall, sekalipun terlambat kondisi dalam rangkaian mampu untuk memberikan kenyamanan yg tidak begitu membuat penumpang kesal dg keterlambatan itu.
Reply

Dititipin kereta dari Solo pun masih bisa ngacir dari Semarang ngasepin Menoreh, hahaha. Lucky Bastard indeed. Tapi di Tegal pasti berhenti lama itu ya mas, ngelepas-lepas gitu. Ya maklum kalo akhirnya nyampe CN udah 1.32 am gitu, hahaha.

Dan rangkaiannya udah dicampur yak itu yang generasi pertama (yang AC nya ditempel di pinggir) sama generasi dadakan (yang AC nya di atas)? Soalnya pas saya naik Brantas tanggal 9 kemaren sebelum KA ini 'resmi' naik harga, K3 AC generasi pertama dan K3 AC generasi dadakan masih dipisahkan oleh KMP Ngiler
Seperti alunan detak jantungku,
tak bertahan, melawan waktu
dan semua keindahan, yang memudar
atau cinta, yang tlah hilang

==========

My latest TR: Tawang Alun, 30 Juni 2013

Lok Merah Biru
Reply

Masih berpikir bahwa loko mempengarui gapeka perjalan? Wkwkwk. Mw cc300,c204,cc203,bahkan cc206 kalau gapekanya BONGKO alias ngodonk ya ga bkal ngaruh :p.

Apa lg ngejer 13f? Rada susah lah.wkwkwk.

Cc300 kui proyek pemerintah. Bukan punya pt ka. Aku rada lupa kalau ga slh pt sepur lbh mlh beli cc206 dr pd cc300 :p
Ketika anda berniat mencari pengetahuan atau ilmu, yang harus anda lakukan adalah membaca, mencari informasi, mendengar diskusi, dan memberi pendapat yang logis. Dan itulah gunanya forum :3.

Apakah Hibernasi bisa menghasilkan ilmu dan informasi? Semua orang pun tau jawabannya...

Hibernasi いみは ねていきます. XDa
l


Reply

Dititipin kereta dari Solo pun masih bisa ngacir dari Semarang ngasepin Menoreh, hahaha. Lucky Bastard indeed. Tapi di Tegal pasti berhenti lama itu ya mas, ngelepas-lepas gitu. Ya maklum kalo akhirnya nyampe CN udah 1.32 am gitu, hahaha.

Dan rangkaiannya udah dicampur yak itu yang generasi pertama (yang AC nya ditempel di pinggir) sama generasi dadakan (yang AC nya di atas)? Soalnya pas saya naik Brantas tanggal 9 kemaren sebelum KA ini 'resmi' naik harga, K3 AC generasi pertama dan K3 AC generasi dadakan masih dipisahkan oleh KMP
Ngiler
[/quote]

Gw si telat kali ini menyikap dg netral
Soalnya klo tu 43f bneran on time jam 7 uda masuk SMC jg gw yg bakal stress, scara KA 55 gw aja masuk SMC telat, baru 6.40 masuk SMT, kondisi ujan cukup deres jd kudu nyambungnya pake blojex, masuknya blojex di SMT baru jam 7 pas, untungnya yg kali ini cukup telat krn langsir ngambilin B & K2 di SLO, tp emang heran si knapa malah ditinggalinnya di TG smentara SLO kan smuanya PA MRI.

Eh, kalo yg ac nya ditengah, muncul stengah indoor unitnya & dikrangkeng pake jaring kawat itu generasi pertama jg pa bukan si?
Soalnya gw liat si di K3 1-5 ac nya ditengah tanpa krangkeng jaring kawat, K3 6 ma 7 ditengah jg tp dikrangkeng jaring kawat.
Reply

betul itu mas... klo pengalaman saya naek K.A 146 masuk Smc jam 1 malem lewat.. tp yg unik di st. gundih saya pernah liat tukang ojeknya mangkal di peron deket PPKA ~~wew~~ Ngakak

biasanya sich klo naek K.A 146 dari bekasi melek terus smpe st.tanggung atw gundih lepas itu gw tidur... Ngeledek bangunya pas di solo jebres kira2 jam pagi.. atw klo lagi ngantuk berat bangun pas di st.barat (itu jg bangun gara2 tukang asongan treak.. "yg madiun siap2") Sakit
[/quote]

bahkan, ada yang main badminton di tasiunnya
Reply

Masih berpikir bahwa loko mempengarui gapeka perjalan? Wkwkwk. Mw cc300,c204,cc203,bahkan cc206 kalau gapekanya BONGKO alias ngodonk ya ga bkal ngaruh :p.

Apa lg ngejer 13f? Rada susah lah.wkwkwk.

Cc300 kui proyek pemerintah. Bukan punya pt ka. Aku rada lupa kalau ga slh pt sepur lbh mlh beli cc206 dr pd cc300 :p
[/quote]

Out of Topic ʕ•́ᴥ•̀ʔっ

Kmaren gw naek rajawali dapetnya CC 201 99 BD yg terkenal diantara RF sbg lok bobrok (no offense, just fact) gw memastikan kmaren dr dlm KA 54-55 buktinya brangkat tlat 10 menit tp nyampenya stabil telat 8 menit & dibilang orang2 termasuk cpet koq, pdhl dr versi gw & 3 member dsini bilang lok ini emank kerasa bobroknya, brenti NBO depan uda ga da blojex, kontener di dpan dia jauh pun sampe GBN tarikan throtle uda ngeden sampe berasep kayak kluar jin pun taspatnya ga naek2 tu slama spetak jalan, tp bisa stabil waktu tempuhnya.

Sementara KA 50 harina pake lokkes itu jg tp sampenya agak telat tuh, masuknya katanya baru stengah 6 lebi, apa brarti lok berpengaruh yak ma gapeka kalo itu ceritanya?
Depo SMC pun gw rasa ga melakukan sesuatu apa yg special koq, wong waktu rawatnya ja hari itu cuma 2x2 jam malah kurang. Perjalanannya rajawali jg bukan tanpa lawan silang susul, ada 4 biji 1000an yg tercatet gw temuin slama KA 54 berjalan.
Bijimana itu hayo?
Ngeledek






Reply

Hmm, ndak tau ya kalo ac dikrangkeng itu, soalnya setau saya K3 AC Splitnya Brantas generasi pertama semuanya nempel di pinggir dan makan bagasi Bingung


Masih berpikir bahwa loko mempengarui gapeka perjalan? Wkwkwk. Mw cc300,c204,cc203,bahkan cc206 kalau gapekanya BONGKO alias ngodonk ya ga bkal ngaruh :p.

Apa lg ngejer 13f? Rada susah lah.wkwkwk.

Cc300 kui proyek pemerintah. Bukan punya pt ka. Aku rada lupa kalau ga slh pt sepur lbh mlh beli cc206 dr pd cc300 :p
[/quote]

Out of Topic ʕ•́ᴥ•̀ʔっ

Kmaren gw naek rajawali dapetnya CC 201 99 BD yg terkenal diantara RF sbg lok bobrok (no offense, just fact) gw memastikan kmaren dr dlm KA 54-55 buktinya brangkat tlat 10 menit tp nyampenya stabil telat 8 menit & dibilang orang2 termasuk cpet koq, pdhl dr versi gw & 3 member dsini bilang lok ini emank kerasa bobroknya, brenti NBO depan uda ga da blojex, kontener di dpan dia jauh pun sampe GBN tarikan throtle uda ngeden sampe berasep kayak kluar jin pun taspatnya ga naek2 tu slama spetak jalan, tp bisa stabil waktu tempuhnya.

Sementara KA 50 harina pake lokkes itu jg tp sampenya agak telat tuh, masuknya katanya baru stengah 6 lebi, apa brarti lok berpengaruh yak ma gapeka kalo itu ceritanya?
Depo SMC pun gw rasa ga melakukan sesuatu apa yg special koq, wong waktu rawatnya ja hari itu cuma 2x2 jam malah kurang. Perjalanannya rajawali jg bukan tanpa lawan silang susul, ada 4 biji 1000an yg tercatet gw temuin slama KA 54 berjalan.
Bijimana itu hayo?
Ngeledek






[/quote]

Sedahsyat apapun loko nya, kalo Logawa belum ngetem pas 43F masuk KTS, udah hampir pasti dia minggir di sekitar Baron yang tentu cukup menyita waktu. Dan kalo sampe belum masuk SK sekitar 16.40-an, pasti disuruh at least nunggu di sinyal masuk stasiun kecil buat minggirin Pasundan. Kalo ketemu Sancaka sih pasti Brantas yang disuruh minggir, wkwkwkwk. Ngeledek

Lepas SK mungkin beberapa masinis ada yang hardcore sampe ngebut dan nyampe SMC lumayan awal. Tapi sekarang semua kendali ada di tangan Pengatur Perjalanannya Semarang sono. Kata posting Om Fuadin beberapa halaman sebelumnya juga, dia pernah naik Brantas masuk SMC 19.40, tapi dilepas dari SMC nungguin Menoreh ngacir dulu, padahal 20 menit itu biasanya sudah sangat lebih dari cukup untuk membuat Brantas ngacir ngasepin Menoreh, hahaha.

Terlalu banyak faktor x yang menentukan takdir 43F kalo menurut saya mah, gak melulu soal lokomotifnya, hehehe. Terus .... andaikata bisa sampe ngekorin 13F, emangnya DAOP IV nya rela TiJe disusul Brantas? Ngikik
Seperti alunan detak jantungku,
tak bertahan, melawan waktu
dan semua keindahan, yang memudar
atau cinta, yang tlah hilang

==========

My latest TR: Tawang Alun, 30 Juni 2013

Lok Merah Biru
Reply

Stamformasi rangkaian: CC 203 36-B-K2 LD-3 K3ac-KMP3-4 K3ac-B
Detailnya, berjalan dg taspat antar petak normal:
Weleri (WLR) melintas langsung bersilang dg KA XXX Kaligung (menggunakan rangkaian K3ac dephub)
Kuripan (KRP) bersilang dg KA 114 Matarmaja
Ujung Negoro (UJN) bersilang dg KA 94 Majapahit
Batang (BTG) bersilang dg KA 44 Express malam bangunkarta
Pekalongan (PK) bersilang dg KA XXXX barang kontainer & KA 12 Argo sindoro
Sragi (SRI) berpapasan dg KA 120 Kertajaya
Comal (CO) berpapasan dg KA 118 Brantas
Pemalang (PML) bersilang dg KA 72 Express Malam Gumarang
Tegal (TG) disusul KA XXXX Barang kontainer, bersilang dg KA 92 Barang Parcel & langsir melepas B serta 1 K2 titipan SLO
Brebes (BB) bersilang dg KA 36 Express malam Sembrani & KA 70 Cirebon express
Bulakamba (BKA) bersilang dg KA 110 Senja utama SM
Babakan (BKN) bersilang dg KA 4 Argo bromo anggrek & KA 60 Barang parcel ONS
Waruduwur (WDW) bersilang dg KA 50 Express malam harina
Cirebon Prujakan (CNP) disusul KA 97 Senja utama SLO & KA 41 Express malam taksaka; serta bersilang dg KA 140 Tawang jaya

Berangkat SMC 7.55pm, masuk CNP 1.32am
Kondisi rangkaian dg hanya menggunakan tenaga dari KMP3 penerangan masih cukup terang standard & ac tetap dingin. Disini terlihat bagaimana perbedaan kasarnya pemasangan ac yg baru saja dipasang untuk kejar target dg K3ac yg sudah lebih dulu digunakan sbg salah 1 generasi pertama, K3ac yg baru dipasang seat no 1-19 dinginnya ac terasa, namun begitu melalui seat 20-24 rasanya panas. Sementara, K3ac yg sudah dipakai dari generasi pertama kondisinya saat ini awal masuk kereta kesannya tidak begitu dingin, tapi setelah jalan dinginnya suhu udara baru terasa, semakin taspat KA meningkat, suhu di dalam kereta (khususnya K3 6) semakin menurun & nyaman untuk tidur. Kebetulan K3ac baru yg terpantau adl K3 4 & 5, karna kemarin hujan jadi menerobos masuk dlm rangkaian melalui K3 yg masih ternaungi canopy stasiun & terlihat sekilas kondisi K3ac lainnya pun serupa dg yg di deskripsikan.
Overall, sekalipun terlambat kondisi dalam rangkaian mampu untuk memberikan kenyamanan yg tidak begitu membuat penumpang kesal dg keterlambatan itu.
[/quote]
wkwkwkw akhirnya sampean ngerasain brantas 43F jg....
sebenarnya cukup cepet jg itu. Sayangnya pas masuk tegal pake acara lepas2 membuat 43F disusul kontener :v. jd pada akhirnya secara ga langsung 43F pake Gapekanya KA Menoreh :v. Kalau melihat posisi persilangnya jg nyaris mirip posisi persilangan menoreh. cm di undurin 1 petak.

Seperti contoh...
di Brebes X Sembrani / & Cireks TG
di Bulakamba silang Senja SM
itu jadwal persilangan normalnya KA menoreh :v
namun sepertinya 43F sedikit melambat mgkn karena depannya ada kontener mgkn ya? soale kalau menoreh X ABA dan ONS normal di WDW tp mundur satu petak di Babakan. ditambah Harina di WDW (kalau menoreh biasanya da ketemu d CNP bersama TJ 140). nah mgkn karen itu bisa masuk CNP jam stg 2...ga jauh beda ama jalan di belakang menoreh hanya bedanya posisinya menoreh yang asli msh dibelakang Brantas. Jd Menorehnya yang ngodonk jaya dibelakang. wkwkwkw.

oya info terakhir katanya sampe JNG stg 5 pagi..atau jam 4 lebih gt. ya wajar sih pake Gapeka menoreh Wek.

nb: tapi msh hebatan tu kontener...ngacir molo ga kena susul Brantas maning ya?


wkwkwk TJ disusul brantas ? pernah kok :v
yang gara2 masinis 139 ngambek...alasan lokonya rusak diberhentiin di indraprasta (sinyal masuk SMC) kampreettt. di SMC brantas nyusul TJ itu setelah TJ balik ke SMC ganti loko :v. (bahkan baru berangkat setelah KA HArina...skrg jd tuker nomor dah itu 13F ama 43F wakakaka)

Lalu pernah saat TJ tepat...berangkat SMC. entah gmana critanya masuk CNP jam stg 12. cm entah masinisnya lama datangnya ama gmana. baru cabut dr CNP jam 12.50. Pas 13F persiapan berangkat. Jalur 1 tau2 nongol 43F.....
dan bener sampe JNG ternyata 1 petakan :v. esewete....Ngakak


Sedikit info tambahan dari teman kita Dimas Wahyu yang malam ini berdinas 119 kertajaya
16/02/2013 (keberangkatan tgl 15/02/2013 dari KD)
"119 nginjek 117 di TG, dan yg ber dluan 117 #AlamatNgangon"
terpantau jam 1.25 masih di TEGAL :v

:v 117 kembali jd angkot lagi...aura2nya jalan di belakang menoreh dan harina kayak biasa :v
Ketika anda berniat mencari pengetahuan atau ilmu, yang harus anda lakukan adalah membaca, mencari informasi, mendengar diskusi, dan memberi pendapat yang logis. Dan itulah gunanya forum :3.

Apakah Hibernasi bisa menghasilkan ilmu dan informasi? Semua orang pun tau jawabannya...

Hibernasi いみは ねていきます. XDa
l


Reply
wkwkwk TJ disusul brantas ? pernah kok :v
yang gara2 masinis 139 ngambek...alasan lokonya rusak diberhentiin di indraprasta (sinyal masuk SMC) kampreettt. di SMC brantas nyusul TJ itu setelah TJ balik ke SMC ganti loko :v. (bahkan baru berangkat setelah KA HArina...skrg jd tuker nomor dah itu 13F ama 43F wakakaka)

Lalu pernah saat TJ tepat...berangkat SMC. entah gmana critanya masuk CNP jam stg 12. cm entah masinisnya lama datangnya ama gmana. baru cabut dr CNP jam 12.50. Pas 13F persiapan berangkat. Jalur 1 tau2 nongol 43F.....
dan bener sampe JNG ternyata 1 petakan :v. esewete....Ngakak


Sedikit info tambahan dari teman kita Dimas Wahyu yang malam ini berdinas 119 kertajaya
16/02/2013 (keberangkatan tgl 15/02/2013 dari KD)
"119 nginjek 117 di TG, dan yg ber dluan 117 #AlamatNgangon"
terpantau jam 1.25 masih di TEGAL :v

:v 117 kembali jd angkot lagi...aura2nya jalan di belakang menoreh dan harina kayak biasa :v
[/quote]

Lah kan itu gara-gara masinis ngambek, hahahaha. :v Kalo jalannya wajar-wajar saja, keajaiban dunia ke-9 itu Brantas bisa nyusul TiJe (walau saya juga berharap itu terjadi sekali-kali Ngeledek #PLAKKKKK )

Dan itu lagi .... berarti maksudnya 117 pukul 1.25am masih di Tegal? Itu ngapain aja sepanjang malem jams segitu baru di Tegal? Nyampe nya JAK sekitar jam 7 pagi dong?? Astaganaga .... harga naik, kecepatan kok turun terus .... Ngiler
Seperti alunan detak jantungku,
tak bertahan, melawan waktu
dan semua keindahan, yang memudar
atau cinta, yang tlah hilang

==========

My latest TR: Tawang Alun, 30 Juni 2013

Lok Merah Biru
Reply
wkwkwk TJ disusul brantas ? pernah kok :v
yang gara2 masinis 139 ngambek...alasan lokonya rusak diberhentiin di indraprasta (sinyal masuk SMC) kampreettt. di SMC brantas nyusul TJ itu setelah TJ balik ke SMC ganti loko :v. (bahkan baru berangkat setelah KA HArina...skrg jd tuker nomor dah itu 13F ama 43F wakakaka)

Lalu pernah saat TJ tepat...berangkat SMC. entah gmana critanya masuk CNP jam stg 12. cm entah masinisnya lama datangnya ama gmana. baru cabut dr CNP jam 12.50. Pas 13F persiapan berangkat. Jalur 1 tau2 nongol 43F.....
dan bener sampe JNG ternyata 1 petakan :v. esewete....Ngakak


Sedikit info tambahan dari teman kita Dimas Wahyu yang malam ini berdinas 119 kertajaya
16/02/2013 (keberangkatan tgl 15/02/2013 dari KD)
"119 nginjek 117 di TG, dan yg ber dluan 117 #AlamatNgangon"
terpantau jam 1.25 masih di TEGAL :v

:v 117 kembali jd angkot lagi...aura2nya jalan di belakang menoreh dan harina kayak biasa :v
[/quote]

Lah kan itu gara-gara masinis ngambek, hahahaha. :v Kalo jalannya wajar-wajar saja, keajaiban dunia ke-9 itu Brantas bisa nyusul TiJe (walau saya juga berharap itu terjadi sekali-kali Ngeledek #PLAKKKKK )

Dan itu lagi .... berarti maksudnya 117 pukul 1.25am masih di Tegal? Itu ngapain aja sepanjang malem jams segitu baru di Tegal? Nyampe nya JAK sekitar jam 7 pagi dong?? Astaganaga .... harga naik, kecepatan kok turun terus .... Ngiler
[/quote]

yah tebakanmu salah.
njenengan kemarin bilang Tebakan Brantas masuk Sragen Saat Matahari Terbit alias 05:30.
ah Kemarin pada faktanya Masuk Sragen Jam 04:26 tuh, Biarpun Telat Masuk 30 Menit+Disusul Sindoronya Kecepetan Di Jatibarang. tapi setelah itu Lancar Hingga Pekalongan.
malahan Di SMCnya Kecepetan 2 menit alias 01:17, meskipun kena Penta Attack Attack(Gumarang, Bangunkarta, Sembrani, ABAL, dan Majapahit) gak dipeduliin di Stasiun Mana, mau tidur Selama Petak Neraka(Batang-Kalibodri)+untungnya depan saya lansia jadi saya bisa terjaga Mulai Semarang
Monggo Di Comment TR Saya Di TR Si Brenthe.
disitu Brantas Menurut Saya Jauh Kemajuannya Jika Dibandingkan 2010 yang masuk Sragen jam 06:15 yang bikin aku gak mau naik K3 Selama 2 Tahun
udah males Liat Persilangan Lepas PK jadi Tidur aja.
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)