Posts: 1,376
Threads: 0
Joined: Aug 2008
Reputation:
12
{socialsites}
Semoga gak sering nabrak kendaraan di jalan slamet riyadi kayah sesepuhny, feeder.
Kalo smpe nabrak langsung remuk nih mukany coz bhnny bkn besi kayak lok bb300
Perlu proses ruwatan dari kraton solo dulu nih :p
Obsesi: Bikin perusahaan KA sendiri
Posts: 2,217
Threads: 0
Joined: Sep 2009
Reputation:
25
{socialsites}
Perhatikan kursinya menghadap 1 arah (agak aneh)
.
Posts: 3,300
Threads: 0
Joined: Oct 2009
Reputation:
38
{socialsites}
Di wonogiri harus dipasang turntable..
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER
GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Posts: 2,217
Threads: 0
Joined: Sep 2009
Reputation:
25
{socialsites}
Quote:Edisi : Selasa, 18 Januari 2011 , Hal.1
Railbus, pilihan baru transportasi massal Kota Solo
Pemkot Solo berencana meluncurkan sarana transportasi massal railbus pada pertengahan Februari. Berikut laporan wartawan SOLOPOS, Septhia Ryanthie, yang bersama Walikota Solo dan rombongan berkesempatan melihat tahap akhir perakitan railbus di PT Inka Madiun.
[spoiler]
Empat lampu bulat di bawah kaca, di hidung rangkaian railbus itu, tampak domiÂÂnan. Kaca di atasnya lebar dan jernih. Sekilas, dilihat dari depan seperti wajah sebuah bus.
Bagian dalamnya bersih. Kursi berwarna putih dengan dudukan dan sandaran berwarna cokelat tua terlihat serasi dengan konstruksi kaca lebar di sisi kiri dan kanan. Pada dinding bagian luar tertulis Solo Spirit of Java.
Kursi-kursi di dalam rangkaian railbus itu jika diduduki terasa lega. Konstruksinya seperti bus kelas eksekutif, jajaran kursi dua-dua. Railbus yang terparkir di komÂÂpleks PT Inka Madiun itu akan segera menjadi milik warga Kota Solo.
Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengoperasikan sarana transportasi massal railbus segera menjadi kenyataan. Pemkot berencana memperkenalkan railbus yang diproduksi PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun itu pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-266 Kota Solo pada 17 Februari.
Railbus berbentuk seperti bus yang berjalan di atas rel. Railbus di Kota Solo akan dioperasikan untuk melayani masyarakat dari Kota Solo menuju Sukoharjo-Wonogiri dengan melintasi tengah Kota Solo.
Dengan tenaga output sebesar 560 kw yang dibangkitkan dari mesin yang dipaÂÂsang pada rangka bawah, railbus mampu menarik rangkaian tiga unit kereta (gerbong penumpang) berkapasitas total 160 orang dengan kecepatan maksiÂÂmum 100 kilometer/jam.
Railbus dilengkapi air conditioner (AC) serta rak bagasi. Warna bagian dalam dan bagian luar didesain sebagai kombinasi yang mencerminkan filosofi slogan Spirit of Java.
Walikota Solo, Joko Widodo, Senin (17/1), berkunjung ke PT Inka Madiun. Dia berÂÂsama rombongan pejabat Pemkot dan wartawan melihat kesiapan railbus. Moda transportasi massal itu diharapkan melengkapi pilihan masyarakat untuk memanÂÂfaatkan alat transportasi massal.
Walikota menjelaskan railbus yang akan dioperasikan di Kota Solo terdiri atas saÂÂtu rangkain. Rencananya railbus tersebut akan beroperasi di jalan rel kereta api (KA) yang melintasi tengah Kota Solo.
“Yang jelas akan melewati rel yang sekarang sudah ada di tengah kota. Pada peÂÂluncuran, railbus akan diujicobakan beberapa hari saja, kemudian akan dikembaliÂÂkan lagi ke PT Inka Madiun untuk penyempurnaan,†imbuh Walikota.
Pengoperasian moda transportasi massal railbus tersebut diharapkan dapat meÂÂmecahkan masalah transportasi di Kota Solo. Masyarakat yang biasanya mengguÂÂnakan kendaraan pribadi diharapkan berpindah ke moda transportasi massal.
Direktur Utama (Dirut) PT Inka Madiun, Roos Diatmoko, mengatakan railbus itu merupakan pesanan pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) PerkeÂÂretaapian Departemen Perhubungan. Program perakitan railbus dilaksanakan meÂÂlalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dalam dua tahap. Tahap I tahun 2009 dan tahap II tahun 2010 dengan nilai total Rp 16 miliar.
Roos menjelaskan railbus dirancang khusus sebagai sarana transportasi kombiÂÂnasi dari konstruksi bus ringan dan kereta api. Railbus bisa disebut bus yang dijaÂÂlankan di atas jalan rel. Berat kereta api normal dengan bus yang berjalan di atas rel tersebut berbeda karena railbus didesain lebih ringan.
“Railbus ini merupakan railbus kedua yang dirakit PT Inka Madiun. Railbus pertaÂÂma telah dioperasikan di Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Sumatra SelaÂÂtan,†ungkapnya.
Roos mengatakan pembuatan satu set railbus yang terdiri atas tiga kereta (gerÂÂbong) membutuhkan biaya Rp 16 miliar. Dalam pengembangan railbus tersebut, PT Inka mendesain kereta dengan bahan yang lebih ringan sehingga konstruksi rel menjadi semakin murah.
Saat ini, kesiapan railbus sudah 95 persen. Sebelum diluncurkan, PT Inka Madiun akan menyempurnakan beberapa bagian, di antaranya meninggikan atap. - Oleh : Solopos[/spoiler]
â€ÂRailbus Tak Bisa Jalan Tahun 2011â€Â
Selasa, 18/01/2011 09:00 WIB - Murniati
KARANGASEMâ€â€DPRD Solo menyatakan, railbus yang direncanakan Pemkot Solo untuk jalan tahun 2011, tidak akan terealisasi. Selain belum ada anggaran, alat transportasi tersebut harus melalui kajian matang lebih dulu.
Bahkan Dewan, meminta Pemkot lebih dulu mengevaluasi operasional dua alat trasportasi yang dimiliki Solo saat ini, yakni Sepur Kluthuk Jaladara dan Batik Solo Trans (BST). Dewan menilai penggunaan dua moda transportasi itu belum maksimal.[spoiler]
Jaminan kesuksesan dua moda tranportasi itu dipertanyakan. â€ÂBegitu juga dengan railbus. Belum pasti, itu bisa direalisasikan tahun ini. Salah satu penyebabnya adalah belum adanya koordinasi dengan kami,†kata Wakil Ketua DPRD Solo, Supriyanto, Senin (17/1).
â€ÂJadi, ketika kami mendengar informasi mengenai persiapan moda ini sudah 70 persen, kontan saja kami kaget.â€Â
Menurutnya, tahap yang harus dilalui Pemkot masih panjang untuk menjalankan railbus. Masalah dampak kemacetan yang mungkin muncul masih menjadi pertimbangan Dewan.â€ÂSolo kan daerahnya kecil, yang harusnya dilakukan Pemkot adalah mengoptimalisasi moda yang telah ada. Seperti pemaksimalan BST dan Jaladara,†ujarnya.
Dia bahkan menganggap lucu, jika railbus bisa jalan tahun ini. â€ÂDi Badan Anggaran (Banggar), kami belum pernah membahasnya. Jadi, sangat lucu jika tiba-tiba ada informasi telah ada dana untuk pengadaannya. Mungkin saja itu bantuan dari Pemprov Jateng atau Pusat. Tapi selama ini, kami tak mendapatkan info itu,†ujarnya.
Senada disampaikan Anggota Komisi III DPRD Solo, Abdullah AA. Dia merasa, selama ini, Pemkot belum pernah mengoordinasikan program railbus dengan Komisi III.
â€ÂBelum pernah sama sekali Pemkot melakukan komunikasi untuk membahas ini. Kami juga tak mengetahui rencana itu. Lagi pula, ada tahap yang harusnya dilakukan oleh Pemkot. Yakni evaluasi BST dan Jaladara, bukan lantas meluncurkan moda lainnya,†kata Abdullah.
Soal anggaran pun, Pemkot belum membahas bersama Dewan.
[/spoiler]
Capek deh dengan anggota dewan yang ada di berita di atas
Pemkot juga menggagas jalur kereta api menuju Bandara Adisoemarmo Solo, ()
Foto: Shaggy Sigit
.
Posts: 2,344
Threads: 0
Joined: Dec 2008
Reputation:
8
{socialsites}
18-01-2011, 10:52 AM
(This post was last modified: 18-01-2011, 10:53 AM by bonbon.)
OOT
Hmm... kalau buat lingkar Ciliwung 15 set, 15 set MRI-JAKK, 2 set TPK-PSE/KMY dan 2 set utk Nambo-Citayam (diesel) cukup neh, cmn buat bangku jgn searah gitu, yg pasti pake kudu listrik, jgn diesel..
ada yg tau taripnya ngggaaaaakkkkk ?
Di wonogiri harus dipasang turntable..
[/quote]
bused turntablenye segede apa bisa gempor tuh yg muterin kalau manual
Terdampar di Purwokerto setahun gara-gara proyek fiber optik Jateng ga kelar
Posts: 2,217
Threads: 0
Joined: Sep 2009
Reputation:
25
{socialsites}
kemarin dihitung2 per 30 km Rp 4000. Solo-Wonogiri berapa kilometer?
.
Posts: 3,300
Threads: 0
Joined: Oct 2009
Reputation:
38
{socialsites}
kemarin dihitung2 per 30 km Rp 4000. Solo-Wonogiri berapa kilometer?
[/quote]
Total jendral kalau begitu solo-wonogiri bisa Rp.10.000. bisa jadi railbus tidak maksimal load, karena penumpang mikir masih murah naik bus..
kembali ke topik saja tetap memakai Feder yang merakyat terjangkau semua unsur.
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER
GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Posts: 2,344
Threads: 0
Joined: Dec 2008
Reputation:
8
{socialsites}
kemarin dihitung2 per 30 km Rp 4000. Solo-Wonogiri berapa kilometer?
[/quote]
Total jendral kalau begitu solo-wonogiri bisa Rp.10.000. bisa jadi railbus tidak maksimal load, karena penumpang mikir masih murah naik bus..
kembali ke topik saja tetap memakai Feder yang merakyat terjangkau semua unsur.
[/quote]
wah kalo 10 rebu kyknya cuman laku buat wisata aja ya, mungkin krn penggunaan diesel (HSD) yg bikin bengkak tarip na, coba di LAA itu jalur na bisa 3 rebuan kali
Terdampar di Purwokerto setahun gara-gara proyek fiber optik Jateng ga kelar
Posts: 2,217
Threads: 0
Joined: Sep 2009
Reputation:
25
{socialsites}
18-01-2011, 11:15 AM
(This post was last modified: 18-01-2011, 11:21 AM by animaX.)
Perkiraan awal untuk tarif, Rp. 4,000,- per 30 km, Sementara Purwosari - Wonogiri kurang lebih ada 36 km panjangnya.. Jadi kira-kira aja sendiri..
.
Posts: 3,191
Threads: 0
Joined: Mar 2009
Reputation:
16
{socialsites}
Apa gambar di atas tidak salah tulis bahwa kecepatan operasionalnya 100 m/s (yang jika dihitung adalah setara dengan 360 km/jam)?
Berapa kecepatan operasional railbus ini sebenarnya jika angka di atas adalah keliru adanya, dan bagaimana dengan formasi kereta per setnya (apakah menggunakan formasi 2 kereta ataukah 3 kereta, sebab foto di atas kurang jelas memperlihatkan keseluruhan rangkaiannya)?
Tokyo Metro 05-108F|Sora Naegi
Jabodetabek no Tsuukin Dentetsu (KCJ)
|