Thread Rating:
  • 2 Vote(s) - 3.5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Railbus Batara Kresna (D/H: Railbus SOLO)
pak wawali solo salah alamat. mestinya memohon subsidinya berupa pso itu langsung ke dephub dan depkeu. lha pt. kai kan hanya operator yang memang tujuannya cari untung karena sudah berubah status jadi persero.



"Train approaching! Please remain behind yellow line!"
Reply
Solo - Wonogiri 30 ribu?
Bisa-bisa yang naik cuma masinis, asisten masinis, kondektur dan tehnisi.
Penak, adem, tapi ra payu.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) nggak salah.
Yang salah masyarakat banyak.
Karena ra kuwat mbayar. Ngakak
Reply
nah, ribet kan ternyata membenahi transportasi publik dinegri ini?

kalau memang komitmen pemkot dan pemda di koridor solo-wonogiri ini mengoperasikan railbus memang niat untuk mengurai kepadatan lalin di jalan raya, harus ada kebijakan2 yang membuat pengguna kendaraan pribadi mau naik railbus.

misalnya pajak tinggi, bbm nonsubsidi, parkir tinggi. lantas uangnya digunakan untuk subsidi bus dan railbus.

begitulah sistem yang berjalan di luar negeri. tanpa hal itu, adalah hil yang mustahal. kecuali kalau pemkot/pemda nya punya duit yang tak terbatas.
"Train approaching! Please remain behind yellow line!"
Reply
menurut pandangan saya Pak Wawali mengkritik keras PT KA soalnya belum duduk bersama membahas soal tarif railbus ini koq PT KA langsung mengumumkan ke media/publik kalau tarifnya Rp 30.000

jumlah harga tarif yang disebutkan bikin komentar miring dari warga Bethe Sakit


contohnya dibawah ini Ngakak


sementara kalau dilihat kerjasama Pemkot dengan Damri dalam pengoperasian BST lancar, meskipun Damri merugi sekian juta karena jumlah penumpang belum memenuhi target, tidak ada suara dari internal Damri mau pasang tarif sekian......
.
Reply
mas animax, saya nggak tahu ya , damri dapat subsidi berapa untuk mengoperasikan BST. jika ada yang tahu, boleh diutarakan disini.

tapi kalau perkiraan saya, mengoperasikan moda bus jauh lebih murah dan ringan subsidinya. bbm pakai subsidi, tidak pakai bayar tac tic toc seperti di kereta api, sarana jalan tidak usah merenovasi besar2 an macam rel solo-wonogiri, jadi tinggal ngglinding saja.

kalau menurut saya, pemerintah pusat harus turun tangan. apalagi proyek railbus ini dijadikan model pilot project transportasi massal indonesia.
"Train approaching! Please remain behind yellow line!"
Reply
silahkan buka spoiler.

ruginya Damri sekitar Rp 10 miliar selama lima tahun, 2 miliar per tahun (15 unit Bus). subsidinya langsung dari Pemerintah Pusat, kemarin Feeder juga dapat subsidi dari pemerintah apa tidak bisa subsidi Feeder kemarin dialihkan ke railbus, karena Feeder sendiri sudah berhenti beroperasi dua bulan

katanya konsumsi BBM dengan lokomotif lebih boros, irit dengan railbus/KRD.


[spoiler]
BST diperkirakan bakal merugi Rp 10 miliar

By tya on 13 Mei 2010

Solo (Espos)--Pengoperasian Batik Solo Trans (BST) diperkirakan akan merugi selama lima tahun. Kerugian pengoperasian BST diperkirakan mencapai Rp 2 miliar/tahun.

Hal tersebut terungkap setelah Komisi III DPRD Solo melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di pool Damri, Palur, Rabu (12/5). Break event poin (BEP) atau balik modal dari pengoperasian BST baru terjadi pada tahun kelima atau keenam.

Sekretaris Komisi III DPRD Umar Hasyim menjelaskan, pihak Perum Damri telah memberikan penjelasan mengenai masalah itu. “Dari paparan pihak Damri setiap tahun akan merugi Rp 2 miliar. Kalau lima tahun itu artinya Rp 10 miliar karena BEP diperkirakan sampai lima sampai enam tahun,” ungkap Umar saat dihubungi Espos, Kamis (13/5).

Dia mengatakan, kalkulasi itu didasarkan pada biaya operasional, biaya gaji kru bus hingga biaya perawatan dan suku cadang. Sedangkan, pendapatan dari penumpang, Damri memerkirakan load factor (tingkat keterisian) penumpang sekitar 50-60%.

Selain itu, lanjut Umar, tarif yang bakal diterapkan untuk BST adalah Rp 3.000-Rp 3.500 untuk penumpang umum dan separuh tarif untuk pelajar dan mahasiswa. “Dari kalkulasi mereka (Damri-red) seperti itu. Yang bakal menanggung kerugian adalah Damri, bukan Pemkot,” ungkap politisi asal Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Dia mengatakan, dengan kalkulasi semacam itu, pihaknya berharap operator tidak serta merta menaikkan tarif angkutan. Dia mengatakan, tarif itu harus diujicobakan kepada masyarakat. Dia mengatakan, tarif harus disesuaikan dengan kondisi dan jangan sampai membebani masyarakat.

dni

"Sumber Berita"
http://www.solopos.com/2010/solo/bst-diperkirakan-bakal-merugi-rp-10-miliar-21276


[/spoiler]
.
Reply
wow, besar juga ya kerugian yang ditanggung perum damri. disini jelas, berarti PT. Kereta Api Indonesia (Persero) tidak mau nombok seperti perum damri.

lagian siapa yang mau pt persero nombokin kerugian? lha wong dituntut selalu untung sama mentri bumn.

barangkali situasinya beda kalau status perusahaannya masih perumka.
"Train approaching! Please remain behind yellow line!"
Reply

mgkn krn tau damri merugi itulah PT. KAI menerapkan tarif 30rb Xie Xie

3rb se bagus, tp subsidi dr mn? apakah usul pak wali tu realistis dg subsidi yg diberikan?
Reply
maksud KAI 30000 itu solo-wonogiri seharian full buat para bule.
kalo lokalan 3 ribu
Reply

dapet info dari mana mas kalau itu cuma buat turis? Sejak launching pertama bersama bus tingkat Werkudara, masalah tarif memang sempat diperdebatkan. Pak Walikota mengusulkan tarif yang tidak terpaut jauh dengan fider yang dinonaktikan. Tapi kemarin tarif sudah dipatok resmi 30ribu sekali jalan dengan RB PWS - WNG. Hal ini dipertegas dengan pemberitaan media yang menyatakan bahwa RB masih dikelola oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Mohon koreksi.
Cobalah Cari tahu sendiri dulu baru bertanya bila benar - Benar Bingung dan tidak ada penjelasan, jangan maunya disuapin terus. Gak ada Nubie atau Master, semua sama, sama - sama belajar. Eh iya lupa...
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 8 Guest(s)