Thread Rating:
  • 2 Vote(s) - 3.5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Railbus Batara Kresna (D/H: Railbus SOLO)

Wah sabtu belum jalan ya, lama juga ya...
ada update terbaru ga ni mulai jalannya kapan?

SEBELUM MENUTUP MATA INI IJINKAN AKU TUHAN MELIHAT SEMUA JALUR MATI DI JAWA HIDUP KEMBALI. AMIN

Reply
kemarin waktu ane naik 41 dari YK, ane liat RB nongkrong di depo Yk...
Reply

Oh berarti uda kembali dari MN ya, ada kabar RB ditarik ke MN untuk perbaikan.
berarti tanda2 sudah mulai akan beroperasi lagi kalo ga besok ya lusa...

SEBELUM MENUTUP MATA INI IJINKAN AKU TUHAN MELIHAT SEMUA JALUR MATI DI JAWA HIDUP KEMBALI. AMIN

Reply
Kira2 besok udah bisa jalan belum?
Reply

di loket stasiun lempuyangan ada tulisannya railbus batara kresna batal sampe tanggal 31 oktober 2012 Bethe
jerit peluit iringi putaran cakram membelai batang baja
. . . . .



Reply

di loket stasiun lempuyangan ada tulisannya railbus batara kresna batal sampe tanggal 31 oktober 2012 Bethe
[/quote]

iya emang sampe tgl 31 oktober 2012, di umumin di stasiun purwosari tgl 13 oktober 2012. Moga-moga gag molor lagi
RF gusferrail, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Oct 2010.
Reply
mengenai S35 railbus yang katanya mengganggu, apakah railbus ini dilengkapi oleh genta/lonceng seperti pada lok2 CC20X ? saya pikir justru railbus membutuhkan genta tersebut untuk dibunyikan sepanjang jalur jalan rayanya sebagai pengganti S35.

mirip2 prosedur kereta api di amrik yang selalu membunyikan genta jika masuk stasiun.
"Train approaching! Please remain behind yellow line!"
Reply

ga om saya pikir itu ga mengganggu malah saya pikir klakson mobil malah lebih mengganggu....
RB ini saya pikir cukup koq suaranya dan memang dipergunakan saat ada rintangan jalan saja di depannya, dan sebagai peringatan ada RB mau lewat...
gada yang salah sama suara RB semua sudah sesuai prosedur, kalo suaranya malah diperkecil untuk apa gunannya?

SEBELUM MENUTUP MATA INI IJINKAN AKU TUHAN MELIHAT SEMUA JALUR MATI DI JAWA HIDUP KEMBALI. AMIN

Reply

volume suaranya mungkin yg sedikit dikurangi, jarak yg sangat jauh (misal Railbus masih di Stasiun Sangkrah, di BCA Gladak sudah terdengar seperti sdh dekat atau contoh lain Railbus lewat di Gendengan sampai Manahan itu terdengar Semboyan 35 nya, saya pernah kira itu kereta yg lewat di jalur Jogja-Solo, ternyata tdk ada yg lewat, ternyata itu suara kereta dari Purwosari ke Sukoharjo)
Quote:
Pengoperasian Railbus Merugi, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Sambat

Daryono - Timlo.net
Selasa, 16 Oktober 2012 | 11:19 WIB

Solo – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengharapkan pemerintah daerah (Pemda) di wilayah yang dilalui Railbus Batara Kresna untuk turun tangan memberi subsidi operasional kereta komuter tersebut. Pasalnya sejak beroperasi 5 Agustus lalu, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop VI selaku operator Railbus masih merugi.

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) mengklaim kerugian itu karena load factor atau tingkat keterisian Railbus masih minim, khususnya untuk jurusan Sukoharjo-Solo (Purwosari). Dari kapasitas kursi 138 per gerbong, jumlah penumpang yang naik rata-rata hanya 10 orang. Sedangkan untuk jurusan Solo- Yogyakarta, tingkat keterisiannya sudah mencapai 50 persen dari kapasitas.

Humas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop VI Eko Budiyanto mengakui, operasional Railbus belum bisa memberikan keuntungan. “Berapa kerugian nominalnya, saya belum tahu pasti. Tapi dilihat kasat mata saja, operasionalnya ora cucuk. Kalau penumpang Solo-Sukoharjo hanya 10 orang, apa ya nutup biaya operasional?” katanya, Selasa (16/10).

Pihaknya berharap, Pemda turun tangan, ikut membantu operasional, misalnya dengan memberikan subsidi, agar angkutan perintis itu tetap beroperasi tanpa menanggung kerugian terlalu tinggi. “Kalaupun tidak diberi subsidi, ya dibantu lewat sosialisasi. Agar animo masyarakat untuk naik Railbus meningkat,” imbuhnya.

Load factor Railbus saat ini belum mencapai angka ideal. “Idealnya, tingkat keterisian itu minimal 70 persen dari kapasitas. Jadi kalau kapasitasnya 138 kursi per gerbong, ya minimal dinaiki 90-an orang. Kalau yang Solo-Yogyakarta sudah lumayan lah, tapi yang ke Sukoharjo yang perlu perhatian,” ujarnya.

Dijelaskan Eko, Pemkot Solo mewacanakan agar kereta komuter itu berhenti di titik-titik tertentu di wilayah Kota Solo, terutama di pusat perbelanjaan dan wisata. Tujuannya, untuk memudahkan akses bagi calon penumpang untuk menggunakan moda transportasi tersebut, sekaligus berkunjung ke lokasi wisata atau berbelanja. Jika direalisasi, mungkin saja wacana itu bisa mendongkrak lead factor. Hanya saja, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) masih menghitung sejumlah kendala teknis.

“Kalau berhenti di sejumlah tempat, yang jual tiket gajinya bagaimana? Perangkat atau komputer tiketnya biayanya dari mana? Jangan-jangan nanti malah tambah rugi,” tuturnya.


Tterkait wacana itu, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) juga tidak berani berspekulasi karena berapa banyak calon penumpang yang bisa dijaring dari cara itu belum bisa dipastikan. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) justru optimis lead factor Railbus akan mengalami kenaikan jika rutenya sampai ke Wonogiri. Hanya saja saat ini hal itu belum dimungkinkan lantaran masih proses perkuatan jembatan.

“Masyarakat Wonogiri kan mobilitasnya tinggi. Namun tahun ini tahap perkuatan jembatan sampai akhir tahun depan. Jadi kalau lancar akhir tahun 2013, rute Wonogiri baru bisa dilayani,” pungkasnya.

"Sumber Berita"




Soal penjualan tiket di shelter, agaimana kalau yg jual tiket itu sistem mobile, di atas railbus, diberi alat semacam EDC yg otomatis bisa mengeluarkan kertas bukti transaksi pembelian tiket, jadi lebih irit petugas. Kalau jumlah penumpangnya meningkat banyak bisa dipertimbangkan untuk dibuat tempat permanen untuk penjualan tiket.

terus Railbus juga berhenti di Sangkrah mengingat daerah sekitar Sangkrah banyak pemukiman (kemarin di berita2 sdh disebut PT KA sedang mempertimbangkan RB berhenti di Sangkrah) lebih baik segera direalisasikan. kalau warga sekitar Sangkrah, Pasar Kliwon, Gandekan, Sudiroprajan dan sekitarnya disuruh ke Purwosari dulu juga mikir2) padahal di dekatnya sdh ada Stasiun Sangkrah/Solo Kota.
.
Reply
bisa gak ya kalo khusus di railbus ini pas masuk jalur cabang beli karcisnya 'on train' alias di atas kereta?? Toh,, namanya juga bis rel.. Bukan KRD.. Dan dibangunkan halte2 bt penumpang.. Kyak sistem lama KA Feeder Bengawan Wonogiri..
Bingung

&
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)