Posts: 7,452
Threads: 0
Joined: Apr 2010
Reputation:
62
{socialsites}
Cara mengemudikan Lokomotif yang baik dan benar pada lokomotif CC 201, CC 203, CC 204
Contoh kemudi lokomotif CC 204 21
Tuas pemindah posisi tranmisi dalam keadaan netral/ iddle, dengan posisi ditengah (tuas bagian bawah).
Pada posisi ini, loko dapat di tinggikan putaran mesinnya, dengan menggeser tuas gas diatasnya, dari angka 1 sampai 8, sehingga tekanan angin dapat diperbesar untuk mempercepat pengisian angin pada silinder rem.
Jika digeser kedepan (dalam gambar ini, kekanan)
Kereta akan maju.
Tapi hanya dapat digeser jika tuas gas dalam posisi di N, demi keamanan, sehingga loko tidak dapat jalan mendadak.
Jika digeser kebelakang (dalam gambar ini, kekiri)
Kereta akan mundur.
Seperti keterangan di gambar nomor 2, hanya dapat digeser jika posisi gas di N
[Spoiler=]yang punya info gambar, saya ijin copy ya.......... [/spoiler]
Ada yang mau share dan menambahkan lagi...............
UTAMAKAN KESELAMATAN..........!
Keluarga Anda Menanti di Rumah !
Juragan Warteg yang Juga Seorang Aktivis KA
Posts: 333
Threads: 0
Joined: Sep 2010
Reputation:
2
{socialsites}
wah.... ini yang saya tunggu2....
ada nih satu pertanyaan yg mengganggu pikiran saya. cara pengoperasian rem dinamis itu detilnya bagaimana y
share dikit, pernah baca di wikipedia:
pertama reverser digeser ke netral, lalu tuas throttle dinaikkan ke angka tinggi (6-8), kalau udah, tuas rem dinamis diaktifkan.
tapi, tuas rem dinamis punya 8 posisi, bedanya apa y? kalau dilihat dari ukuran hurufnya, sepertinya urutan kekuatan pengereman terbalik (tuas pertama setelah netral yang paling kuat efeknya)
konon beberapa tipe krl dan lokomotif sudah punya kendali terpadu rem angin dan rem dinamis, saat melakukan pengereman secara otomatis rem dinamis juga diaktifkan. efeknya kampas rem jadi lebih irit
satu lagi nih
langkah2 start mesin lokomotif dari mati total apa aja y?
Obsesi: Menghapuskan 'Api' dari 'Kereta Api'
RF kikansha_otaku, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Sep 2010.
Posts: 7,452
Threads: 0
Joined: Apr 2010
Reputation:
62
{socialsites}
Rem dinamis (rem mesin) bekerja menurunkan laju perputaran mesin, yang menjadikan KA bergerak makin pelan
Tuas handle N-B-B-B-B-B-B-B-B-N
N= Netral
B= Brake
UTAMAKAN KESELAMATAN..........!
Keluarga Anda Menanti di Rumah !
Juragan Warteg yang Juga Seorang Aktivis KA
Posts: 2,477
Threads: 0
Joined: Jul 2010
Reputation:
25
{socialsites}
Out of Topic ʕ•Ìᴥ•̀ʔã£
Menanti Pak Adi Sutjipto posting di thread ini.
src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js">
Posts: 3,141
Threads: 0
Joined: Sep 2009
Reputation:
106
{socialsites}
17-08-2011, 12:17 AM
(This post was last modified: 17-08-2011, 12:34 AM by Adi Sutjipto.)
[spoiler] Ini semua,
sudah pernah saya buat tebakan di Uji BV,
halaman 14 dan 15 kan ?[/spoiler]
Saya tadi siang sengaja memotret ini, Lok CC 204-21, agar bagi yang belum pernah melihat, dapat sedikit membayangkan, "ulek-ulek" ini, berfungsi sebagai apa di kereta [loko] pada tebakan saya. Semoga bermanfaat.
Gambar 01 [spoiler] Tuas pemindah posisi transmisi dalam keadaan netral/ iddle, dengan posisi ditengah [tuas bagian bawah]. Pada posisi ini, loko dapat di tinggikan putaran mesinnya, dengan menggeser tuas gas diatasnya, dari angka 1 sampai 8, sehingga tekanan angin dapat diperbesar untuk mempercepat pengisian angin pada silinder rem. [/spoiler] Gambar 02 [spoiler] Jika digeser kedepan, [dalam gambar ini, kekanan], kereta akan maju. Tapi hanya dapat digeser jika tuas gas dalam posisi di N, demi keamanan, sehingga loko tidak dapat jalan mendadak.[/spoiler] Gambar 03 [spoiler] Jika digeser kebelakang, [dalam gambar ini, kekiri], kereta akan mundur. Seperti keterangan di gambar nomor 2, hanya dapat digeser jika posisi gas di N[/spoiler] Gambar 04 [spoiler] Jika berhenti untuk dimatikan, atau masinis terpaksa harus meninggalkan Loko dalam keadaan mesin menyala, ya alat ini dicabut. Anggap saja sebagai kunci kontak, karena bentuknya mirip kunci, tetapi tidak bisa buat starter, Sehingga loko tidak dapat dimajukan atau dimundurkan, walau jika rem loko atau rangkaian dilepas, memang dapat larat jika kedudukkan rel terdapat kemiringan, dan tabung ada kebocoran tentunya. Kasus rangkaian kereta yang dijalankan oleh orang gila beberapa waktu yang lalu, karena tuas ini tidak dicabut ketika loko ditinggalkan.[/spoiler]
Ini salah satu tuas, dalam keadaan dilepas.
[spoiler] Monggo, sepertinya saya punya ya,
ini saya tambah sedikit lagi, biar lebih detail,
nuwun bantuannya, maju terus[/spoiler]
Wah, kalau yang ini, selain agak ribet dan percuma ditulis disini,
karena selain harus diberi gambar agar lebih mudah membayangkan,
juga tidak boleh di share disini kan mas.....,
termasuk golongan yang dilarang.
Harap maklum.
Posts: 7,452
Threads: 0
Joined: Apr 2010
Reputation:
62
{socialsites}
Kayaknya starter nya berada di pinggir disekitar generator listrik (yang ada gambar logo 'Z')
Barangkali butuh penjelasan lebih detail tentang start up mesin lokomotif bisa baca
UTAMAKAN KESELAMATAN..........!
Keluarga Anda Menanti di Rumah !
Juragan Warteg yang Juga Seorang Aktivis KA
Posts: 586
Threads: 0
Joined: Dec 2008
Reputation:
11
{socialsites}
Kayaknya starter nya berada di pinggir disekitar generator listrik (yang ada gambar logo 'Z')
Barangkali butuh penjelasan lebih detail tentang start up mesin lokomotif bisa baca
[/quote]
di lok jenis 201 203 Main generator itu sendiri berfungsi ganda sebagai motor starter mesin diesel nya.
kalau di 204 starter motornya adalah Exiter dan Aux generatornya.
paling gampang kalau mau tau gimana sistim propulsi nya bisa di lihat di wiring diagram, disitu jelas tergambar jalannya arus listrik yang mengendalikan jalannya lok itu. jadi keliatan gimana kerja dynamic, motoring, sampai starting nya. tidak perlu lihat fisik alatnya dulu, kalau sudah mengerti baru bisa dilihat bentuk alatnya seperti apa, trotel, reverser atau dynamic brake handle nya.
sebelum ke 204 sebaiknya belajar 201 203 dulu untuk ngerti dasar2 prinsip kerja nya, jadi waktu belajar 204 tidak bingung.
kira2 begitu
Posts: 7,452
Threads: 0
Joined: Apr 2010
Reputation:
62
{socialsites}
[spoiler] Monggo, sepertinya saya punya ya,
ini saya tambah sedikit lagi, biar lebih detail,
nuwun bantuannya, maju terus[/spoiler]
[/quote]
Yo'a makasih................
Kalau masalah starter lokomotif itu ada sedikit perbedaan antara CC 201, CC 203 dengan CC 204
UTAMAKAN KESELAMATAN..........!
Keluarga Anda Menanti di Rumah !
Juragan Warteg yang Juga Seorang Aktivis KA
Posts: 358
Threads: 0
Joined: Jul 2009
Reputation:
2
{socialsites}
untuk kekuatan pengeremannya gmn om, lha wong hurufnya sama semua trs ujungnya jg sama2 NETRAL..
hidupkan lagi jalur KTA - PWR & feeder purworejo..
Posts: 333
Threads: 0
Joined: Sep 2010
Reputation:
2
{socialsites}
17-08-2011, 09:50 PM
oh, dari wiki lagi nih
Quote:...
To set the locomotive in motion, the reverser control handle is placed into the correct position (forward or reverse), the brake is released and the throttle is moved to the run 1 position (the first power notch). An experienced engine driver can accomplish these steps in a coordinated fashion that will result in a nearly imperceptible start. The positioning of the reverser and movement of the throttle together is conceptually like shifting an automobile's automatic transmission into gear while the engine is idling
...
yang saya garis bawahi itu, riilnya bagaimana ya
apakah harus bener2 luwes seperti nurunin gigi sepeda motor, supaya nggak menghentak?
Quote:... In fact, a consist of such units can produce more than enough drawbar pull at start-up to damage or derail cars (if on a curve) or break couplers...
berarti buat mulai ngejalanin KA barang atau babaranjang ada trik khususnya donk
mohon pencerahannya
Obsesi: Menghapuskan 'Api' dari 'Kereta Api'
RF kikansha_otaku, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Sep 2010.
|