Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
PT KA Janji Ganti KRL Ekonomi Butut
#1
Metro
Lagi, PT KA Janji Ganti KRL Ekonomi Butut
Dirut PT KA Ignasius Jonan, memastikan penggatian itu dilakukan akhir pekan ini.

Kamis, 7 Juni 2012, 17:19 WIB
Desy Afrianti, Iwan Kurniawan

VIVAnews-PT Kereta Api (KA) akan mengganti kereta rel listrik (KRL) Ekonomi yang sudah tidak layak jalan dengan KRL AC atau Commuter Line mulai akhir pekan ini. PT KA menganggarkan investasi sebesar Rp 150miliar untuk 160 rangkaian kereta. Direktur Utama PT KA Ignasius Jonan mengatakan dana investasi tersebut akan diambil dari dana penghematan BBM. Seperti diketahui, PT KA mendapatkan kuota BBM bersubsidi sebesar 169.966 kilo liter yang dapat menghemat anggaran sebesar Rp 200miliar. "Kami menganggarkan Rp 150miliar untuk membeli 160 kereta listrik AC dari Jepang pada tahun ini dan hingga saat ini sudah ada 60 kereta baru,"kata Jonan di Jakarta, Kamis 7 Juni 2012.

Ia menjelaskan kondisi KRL Ekonomi yang dimiliki oleh PT KA sudah uzur dan tidak layak jalan. Ditambah, suku cadang KRL ekonomi susah didapat. "Kereta yang ekonomi sudah tak layak jalan, sparepart-nya juga sudah susah, kalau ada pesannya lama sekali. Kami akan ganti dengan yang AC,"katanya. Ia berharap pemerintah menerapkan tarif tunggal untuk KRL AC dan tidak disubsidi. Namun, hal tersebut masih harus didiskusikan dengan pihak pemerintah.

Saat ini, kata dia, kereta mampu mengangkut 550 ribu penumpang per hari di wilayah Jabodetabek. Jika salah satu KRL mogok maka dipastikan perjalanan KRL lainnya akan terhambat. Seperti pagi ini, KRL Ekonomi Bogor - Kota mogok di stasiun Tanjung Barat. Hal ini mengakibatkan jadwal kereta terganggu dan mengalami keterlambatan parah.

Sebelumnya Kepala Daerah Operasi (Ka Daop) I PT Kereta Api Purnomo Radiq mengatakan Semua kereta ekonomi akan ditarik dari stasiun dan tempat parkir mereka lalu dijual sebagai besi tua ke Cilegon. Rencana itu dilakukan mulai April 2012 dengan menarik satu kereta ekonomi. Pada 2013, operasional kereta ekonomi dihapuskan seluruhnya. Pada akhir tahun lalu PT KA juga berniat menurunkan tarif KRL Commuter Line sebesar Rp 500 pada 2012. Menurut Kepala Humas KA Daerah Operasi 1 Mateta Rijalulhaq keputusan itu diambil agar harga tiket dapat dijangkau oleh para penumpang KRL ekonomi.

Mateta mengatakan, mulai tahun 2012 secara bertahap kereta ekonomi diganti menjadi commuter line. Tapi nyatanya, hingga kini KRL Ekonomi yang sudah tua masih dioperasikan. Juru bicara komunitas pengguna kereta, KRL Mania Agam Fatchurrochman menyambut baik rencana itu sebab menurutnya selama ini kondisi KRL Ekonomi yang tak layak sangat menyusahkan pengguna KRL. Hampir setiap hari KRL Ekonomi mengalami gangguan. "Yang penting sekarang itu bagaimana mekanisme untuk penumpang kurang mampu bisa mendapat tiket dengan harga yang murah,"kata Agam. (eh)

• VIVAnews

Sumber :


Apa janji spt ini akan ditepatin yah? Bingung
Seperti yg pernah kita bahas... lamban laun KRL punya tarif tunggal...

Berarti betul adanya donk...Bingung

Reply
#2
Berharap pun bukan hal yang haram kan? Manajemen yg sekarang bikin banyak perubahan buat PT. Kereta Api Indonesia (Persero) koq..
Reply
#3

Masalahnya kalo jadi 1 kelas adalah, penumpang mentalitas eko panas yg mungkin ga siap berubah. Saya pernah ngalamin di gerbong CL saya pintunya diganjal n mereka bergantungan sambil teriak2 ato goda2 cw di stasiun, padahal di dalam ga penuh2 amat, kalo mo geser masih bisa masuk. Mental oh mental... so retarded...

Kejadian lagi pagi ini, KA CL yg berangkat 0525 dari Bogor penuh sampai jadi double decker, pintu2nya juga diganjal dan jendela dibuka... yah... mungkin ini pengecualian, karena KRL eko panas yg harusnya berangkat sebelumnya, dibatalkan setelah ngadat di Tanjung Barat kemarin. Tapi koq naik CL rasa eko panas?
Reply
#4
Bagus lah PT. Kereta Api Indonesia (Persero) belajar dari pengalaman. Kalau satu kereta mogok, maka perjalanan kereta lainnya akan terganggu. Dan mungkin kalau terus-menerus pendapatannya akan terganggu juga dan bisa ricuh dan anarkis.
Reply
#5
buntutnya ga ngenakin....diganti dgn KRL ac..ini kan masalahnya KRL eko..kasihan masyarakat yg belum mampu utk beli tiket krl ac...
" R.I.P Bumi Geulis"[/i]
Reply
#6

yg ga mampu naik coli,silakan cari angkutan laen !!! Wkakakakakaka
Reply
#7
mulai hari ini memang beberapa (atau semua) perjalanan KRL Ekonomi dibatalkan dan diganti dengan KRL CL
Masalahnya, ternyata bukan karena perbaikan sarana seperti yang diberitahukan oleh pihak stasiun..kondisi KRL Eko masih SO..tpi kenapa semua perjalanan dibatalkan?? tanya kenapa??

ini kabar lengkapnya::
Mulai jumat 8 juni 2012 smp ada kabar lebih lanjut rngkaian pada
KA EKO (ka 809,810,811,812,833,834, 861,862,879,880,881,882) diganti dgn KA CL #1
Dan utk
KA EKO bks-jak pp (ka 893,894,897, 898,899,900,901,902,905,906,909,910) juga diganti dengan rangkaian KA CL #2
RF aatea_goparmania, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Oct 2010.
Reply
#8

1) menimbang dan menindaklanjuti :
a. tgm direksi nomer d6/69 tgl 7 juni 2012 jam 16:00 tentang penarikan 2 (dua) rangkaian krl ekonomi dari peredaran paling lambat hari ini kamis 7 juni 2012 jam 24:00 wib.
b. surat evp balai yasa mri nomer : pr.003/vi/01/by mri-2012 tgl 7 juni 2012 ttg penarikan 2 rangkaian ekonomi dari peredaran.

2) berhubung adanya kekurangan rangkaian krl ekonomi terkait penarikan rangkaian krl ekonomi sbgmn butir 1, mulai jumat 8 juni 2012 sampai dengan ada kabar lebih lanjut maka dinasan rangkaian pada loop 10 relasi yg semula dijalani dengan rangkaian ekonomi diganti dengan rangkaian ac (cl) :
a. Untuk lintas bogor : 809(05:18/boo-kpb), 810 (06:38/kpb-jng), 811 (07:27/jng-kpb), 812 (07:53/kpb-dp), 833 (09:13/dp-jakk), 834 (10:30/jakk-mri), 861 (16:13/mri-jakk), 862 (16:44/jakk-boo), 879 (18:59/boo-kpb), 880 (20:39/kpb-jng), 881(21:12/jng-kpb), 882 (21:38/kpb-boo)
b. Untuk lintas bekasi : 893 (06:45/bks-jakk), 894 (07:46/jakk-bks), 897 (09:16/bks-jakk), 898 (10:25/jakk-bks), 899 (11:45/bks-jakk), 900 (12:55/jakk-bks), 901 (14:08/bks-jakk), 902 (15:08/jakk-bks), 905 (16:12/bks-jakk), 906 (17:08/jakk-bks), 909 (18:18/bks-jakk), 910 (19:25/jakk-bks)
RF spoor_jadul, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Jul 2010.
Reply
#9

yg ga mampu naik coli,silakan cari angkutan laen !!! Wkakakakakaka
[/quote]

wahh.... kayak doktrin dari pihak regulator aja nih, cari angkutan lain.

kayaknya masalah semacam ini juga jangan diangap sepele, lama - lama kalo dibiarin bisa jadi bom waktu ketidaknyamanan bagi pengguna lain.

Seperti yang pernah diberitakan beberapa media sebelumnya, banyak dari pengguna eko-panas tu karena emang mereka menganggap itu yang paling cocok dengan kondisi perekonomian mereka, teutama bagi kaum komuter yang bergaji sekitaran 1jt / bln, apa mereka siap untuk menerima kebijakan tarif yang baru (yang meski belum tahu berapa, tapi yang jelas lebih tinggi dari tarif eko saat ini)

mental dari beberapa komuter yang masih sering mengabaikan keselamatan (yang penting bisa sampai), bisa2 membuat KRL AC juga berubah bak kereta double deckker, karena saat ini pun beberapa kali sudah terjadi.

Untuk KRL AC yang saat ini dipakai dengan kondisi AC tidak dingin, apa juga masih dipakai, mengingat itu sama aja dengan kebohongan publik (kalo saya pikir), karena semestinya pengguna bisa merasakan dinginnya AC, tapi apa yang diperoleh..... kadang lebih dingin naek Eko, karena angin bisa masuk.

Tapi yang jelas, sebenarnya para pengguna ekonomi itu juga yang 100% orang kurang mampu, karena beberapa komuter memilih naek KRL yang jadwalnya terdekat, karena untuk saat ini, pelayanan sebenarnya ga jauh beda antara kedua kelas tersebut (panas, penuh), cuman bedanya ga ada pengamen dan asongan di KRL AC.

Tapi, apapun yang PT. KCJ putuskan, para pengguna memang mau tidak mau harus mengikuti aturan yang diterapkan. Tapi sebelum hal itu diputuskan, mungkin ada baiknya dari forum KRL maupun pihak regulator duduk bersama membahas hal ini, karena tidak dipungkiri lagi, sistem yang selama ini berjalan, secara tidak langsung juga mempengaruhi pola kehidupan para komuter, terutama mereka yang sangat tergantung dengan adanya KRL ekonomi.

Semoga saja, sistem perkeretaapian kita semakin ke depan, semakin bersahabat dengan para penggunanya....
Reply
#10
Akhirnya nyadar juga kalo punya KRL Butut..

ngmg2 itu 6000 eks Pakuan kapan di downgrade?
693-5073-893-673
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: