Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
tanya : pengalaman naik mandra
#1
oom momod..
maaf buat thread baru ya....sudah ngubek2 kok ngga ada ya...

mas bro..
adakah yg pernah nyoba
naik odong2 jakk -pwk lalu nyambung lagi naik mandra pwb-cibatu

dan kembali lagi besok subuhnya>>..

dimana lokasi penginap sekitar sta cibatu??/..

ini pengen iseng2 nyoba seharian naek kereta dengan ongkos gocengan...

yang sudah ngalamin berbagi ceritanya dong....sebagai bekal buat trekking iseng tsb

xie xie yaBye Bye
RF fahrizal, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Jan 2011.
Reply
#2
salah tempat mas,harusnya masukin forum kereta komuter aja.
Hanya Seorang RailFans pemburu Telolet (eh...)
tetapi BoBoiBoy Fans

Follow me on...
Facebook : Fajrul Lubab Haryana
YouTube : 
Instagram : @fajrul201100

⚡ Awesome! ⚡




Reply
#3
Wah boleh juga ini.

Mungkin menginap di stasiun saja? Izin dengan kru di sana dulu, tentu. Baru2 ini saya dan 3 RF lain joyride Serayu ke KYA, kami diizinkan menginap di stasiun.

Kapan rencananya om?
Sawah di DaOP 1, mudik ke DaOP 2 dan 5 | @ahsyaka |
Reply
#4
wah sori menyori...
baru cek in lagi nih...

selasa minggu lalu tgl 12 feb 2013 nyobain mandra...ini krn ada keperluan melihat adik yg sakit di bandung.

dari jatinegara naik odong2 , patas eko pwk kalo dikarcisnya...jam 0904 dari jat ,kenyataannya baru berangkat setela j 0915.. masih banyak tempat duduk kosong , pengasong berseliweran dan umumnya penumpang ngobrol kencang2...
.rencana tiba di pwk j 1135...kenyataannya tiba jam 12an (maaf nggak sempat liat jam di HP)..
keluar sta pwk dan ngantri lagi karcis di loket ke cibatu.....

di sta pwk antrian dibantu oleh satpam/kary sta....calon penumpang ditanya mau kemana..nah selanjutnya dia treak....misal cimahi 2...cibatu 1..dst...petugas loket ngentri tujuan di kompu dan setelah bbrp karcis jadi selenjutnya diberikan ke ybs.
alhamdulillah dapat subsidi pamarentah sehingga cukup dengan uang rp 3500 ke cibatu .
inpoh dari orang cibatu yg sesama pengantri ...ke kota garutnya jauh euy...kalau iseng ...nunguu aja di sta cibatu ..karena sta cibatu tetap operasional 24 jam...

PERTAMAXLok Merah Biru
hari itu rupanya si mandra berganti rupa dan fasilitas.....gerbongnya pakai AC split PANASONIC , tiap gerbong ada 6 unit , tak ada pengasong...banyak tempat duduk kosong, sehingga bisa berselonjor...
jam 1300 madra take off...meninggalkan pacarnya si odong2..
banyak ibu2 yg turun naik 2-3 sta saja..,seperti dari plered ke cikadondong...mereka pakpaikarcis cetak yg kecil spt karcis krl jabotabek ,
maklum kalau naik angkot..ongkos mahal dan jauh jaraknya...muter2 dulu alias melambung jauh.

jadwal tiba di sta bandung jam 1615 kenyataan tiba jam 1545...hebat euy.....
st bandung sudah dikandangin , dipisah antara ka exe dg lokalan/krd....ada pagar besi, ada yg pakai stanless steel ada yg pakai fiber bening...

tgl 13 feb ke sta kiaracondong.....karena nggak tahu ....masuk dari sta baru , ternyata ..ka lokal/krd di sta lama (dekat pasar binong)...lumayan muternya ada kl 1 km
yg hebat di sta kircon...jadwal ka j 0755..loketnya baru buka 0740..rupanya karcis2 sudah diprint ..tinggal bagi2 saja...efisien sambil buat deg degan para calon penumpang..
dalam gerbong bersih, tetap tak ada pengasong , banyak pengasong yg pura2 jadi penumpang dengan cara menutup/bungkus dagangannya dg plastik diturunkan di sta terdekat.
rencana tiba di pwt j 1050, kalo nggak salat telah kl 30 menitan , karena tadi sempat nunggu di sta bandung satu jaman.

tadi ada yg bilang salah kamar...????..katanya musti ke commuter
saya rasa nggak juga oom...ini nama resminya kereta lokal....ada lokal jarak pendek dan lokal jarak jauh ,,,spt jakk -pwt , pwt-cbt ,thb-mer ,termasuk juga sekitar smg,yogya dll...dll..dan jadwalnya nggak akan ada di web PT. Kereta Api Indonesia (Persero).
kereta dengan jadwal dan tujuan spt ini sudah ada sejak jaman belanda , krn merka tahu kebutuhan penduduk lokal, mumer dan dulu kan belum ada angkot dan bis antar akap mungkin jarang sekali..

foto2 menyusul...masih ada di BB..

selamat mencoba,....
hanupis...hatur nuhun pisan Bye Bye
RF fahrizal, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Jan 2011.
Reply
#5
Odong2 pwk cukup normal itu mas Ngakak biasanya pas adzan nyampe, ga lama gopar ls ke bd
Reply
#6
wah hebat si om
kebagiannya pas udah make ac
saya mah dulu naeknya pas masih A Se alian Angin Semilir Wek
naek dri Lebakjero sampe BD
dr LBJ sampe NG berdiri
akhirnya lepas NG bisa duduk
wktu itu mah ngaret
akhrnya ketinggalan Gopar 21
pulang jadi naek bis dah
Sad
RF aatea_goparmania, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Oct 2010.
Reply
#7
memang kalau cari penginapan saya rasa susah di cibatu stasiun ini masih jauh sekali dari kota garut lebih deket dari leuwigoong. waktu 13 tahun yang lalu saya iseng naik mandra dari jkt malah saya turunya di cikampek karena waktu itu kereta yang saya naiki dari jakarta kereta pertama hanya sampai cikampek yang kereta kedua baru sampai pwk tapi karena takut ketinggaln mandra yang jam 12 dari pwk lalu saya naik angkot sampai pwk baru naik mandra.waktu balik ke pwk dari bandung mah peak seson kereta sangat penuh dengan barang dagangan dan binatang ternak . dengan hanya uang 10rb dah sampai bd.
tidak terbayangkan keindahan trem uap ketika lalu lalang di bawah jembatan kereta api jatinegara
foto ane yang lainnya ada disini kang !


Reply
#8
Lebih enak kalau nama threadnya jadi Pengalaman naik KA Lokal Cibatu (Si Mandra) Jadinya kalau di search enak bisa ketemu buat posting dan share Xie Xie

Dari dulu aku pengen banget naik Lokalan yang relasi dari Purwakarta sampai Cibatu ini. Tapi sayangnya, jumlah frekuensi armadanya bisa disetarakan dengan KRD Bumi Geulis yang beroperasi 1 kali PP. Kalau seandainya ini ada 2 ataupun 3 minimal, aku yakin pasti dari stasiun kecil pun yang berada pada relasi Purwakarta hingga Cibatu banyak yang naik dan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan bagi sekitarnya. Tapi sayangnya, lintas Cicalengka-Cibatu dan Purwakarta-Padalarang masih Single Track Bethe

Waktu pas pertama kali jalan-jalan ke Purwakarta, aku coba buat iseng-iseng liat masing-masing gerbong kereta ini. Tapi aku melihat ada gerbong dengan papan nama bertuliskan "Gerbong Khusus Lansia, Penyandang Cacat, dan Ibu Hamil" di gerbong paling pertama setelah lokomotif. Tapi yang jadi pertanyaanku apakah memang benar gerbong ini selalu ada pada KA Lokal Cibatu? Bingung kemarin-kemarin aku pengen liat cuma apakah masih ada atau enggak tapi gak sempet ngecek. Padahal cukup bagus adanya gerbong ini.
Railfans SMANTIC bagaikan KRD Bogas Geulis (Bogor Asri Geulis) dan Pramuka SMANTIC bagaikan KRD Prameks (KRD Pramuka Eksistensi SMANTIC)
Reply
#9
si mandra ini sama aja KA CIBATU Bingung maaf ga apal KA Lokalan jawa barat Xie Xie klo berangkat dari PWK nyampe Plered butuh brp lama ya? trus dari Plered ke pasarnya msh jauh ga Xie Xie
START MER - FINISH BW Kapan ya... KAPAN YA?
Reply
#10

coba jawab
iya om mandra itu ya KA Lokal Cibatu-Purwakarta
untuk PWK-Plered brapa lama dan deket pasar atau ga ane kurang faham om
Ngakak
maklum ane juga bkn penghuni lintas pwk-cbt
Ngeledek
RF aatea_goparmania, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Oct 2010.
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)