Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Seputar Palang Pintu Perlintasan KA

Kalau di daop 8 Hampir smua PJL dgn model 1 ruas jalan besar dgn 2 arah yg dilengkapi 4 palang pintu, sekarang dijadikan 2 pintu saja..
Hanya beberapa PJL saja yg masih 4 pintu itupun bisa diitung dgn jari..
Apa termasuk bagian dari penghematan ya?
[/quote]
Kalau penghematan kayaknya nggak banget deh. Masa' aspek keamanan dikorbanin? Kalau 2 pintu aja kan bisa diserobot motor

Mungkin karena orang-orang protes kalau pake 4 pintu jadi rawan keperangkap kali? Bingung Padahal kan salah ndewe udah ada sirine gak mau berhenti. Lagian kan biasanya palang pintunya kan turun sisi benar dulu baru kemudian sisi salah biar yang terlanjur masuk rel gak kejebak gitu aja ditengah.

Reply
Dilema perlintasan kereta api memang ndak ada habisnya. selalu pro dan kontra. padahal inti masalahnya sederhana sekali. bel bunyi, palang tertutup, pengguna jalan berhenti, kereta lewat, palang terbuka, pengguna jalan berjalan kembali. Cuma begitu aja.....

Cuma kesadaran pengguna jalan yang bikin PT KA pusing 7 keliling, Tidak dikasih palang salah, dikasih palang salah (biasanya menyalahkan PJL JPL).

Mungkin perlu kali ya, dipasang foto2 korban pengguna jalan yang ditabrak kereta api di perlintasan KA. Taruh aja beberapa foto ukuran super jumbo di tiap-tiap perlintasan KA, supaya pengguna jalan ada sedikit takut, bahwa kalo menerobos 1 tiket ke alam baka langsung dapet.

Sebentar lagi musim mudik lebaran, seperti tahun2 sebelumnya, nanti kita akan lihat berita di tv atau koran bahwa (seperti biasa) pasti ada korban di perlintasan kereta api.

Murtini

Lahir: Purwokerto, 12 Desember 1950
Wafat: Jakarta, 17 Juli 2012

Selamat jalan mama. Kelak kita akan bertemu kembali.

Semboyan 40, 41, mama aman berangkat.
Reply
Iya tuh. Kayak yang di tol Jagorawi kearah BOO. Kan ada tuh gambar Bus Kramat Jati yang kobong gara2 nyalip dari bahu jalan, baru tulisannya "Akibat Salip Dari Bahu Jalan 29 Orang Meninggal". Bisa tuh gambar serupa dikasih di JPL yang rawan PL biar orang2 keder mau terobos. Ato gak yang bagus kayak di JPL yang dekat jalan masuk ke Tol Bandara Surabaya. 2 tahun lalu saya pernah baca disana ada papan tulisannya "Kereta Api Tidak Bisa Berhenti Mendadak! Jangan Serobot Palang Pintu".

Dan makanya, kewaspadaan pengendara ketika akan melewati perlintasan (Apalagi yang benar-benar "telanjang") musti ditingkatin. Akan tetapi harus ada upaya juga dari yang berwajib dengan memasang JPL jika memang misalkan jalanan itu memang sering dilewati orang dan rawan PL. Minimal yang 3 lampu kayak di thread sebelah. Kasian keluarga menanti dirumah Sedih

Kalau kayak gini terus kayaknya si "Ibu Mohon Perhatian" karirnya akan makin panjang deh. Masih perlu diomongin juga pengguna jalan raya akan ketentuan tentang mendahulukan KA yang kesannya "You don't say" banget.

Reply
Mumpung mudik liburan belum mulai nih, alangkah baiknya perlintasan2 KA mulai dibenahi. Bosan akh tiap tahun pas musim mudik lebaran ada aja beritanya yg ketabrak kereta di perlintasan.

Coba dulu lah, pasang foto2 kecelakaan di tabrak KA di perlintasan ukuran super jumbo itu. Jangan pelit, pasang minimal 6 sampai 12 biji di tebar di dua sisi perlintasan. Siapa tau dengan adanya foto2 ini, yg mau nerobos nyalinya jadi ciut (kecuali yg emang mau cari mati)

Palang juga dipanjangin, gantilah dari kayu pake plat besi atau baja. Rel2 bekas kan banyak, pake aja rel2 bekas itu sebagai ganti palang kayu. Pasti bisalah, insinyur dan teknisi kereta api kan pinter2.

Kalo lampu dan sirene udah cukup lah, pasti keliatan dan kedengeran karena biasanya yg bawa kendaraan pastilah orang yang bisa melihat (sekalipun dia pake kacamata atau softlens) dan bisa mendengar.

Cara alternatif lainnya, bekerja sama dengan pihak kepolisian. Barang siapa terobos perlintasan KA saat palang tertutup, disisi lainnya udah siap menunggu Polantas. Langsung tilang aja. Bayangkan betapa banyaknya pendapatan buat negara dari tilang-tilang ini.

Murtini

Lahir: Purwokerto, 12 Desember 1950
Wafat: Jakarta, 17 Juli 2012

Selamat jalan mama. Kelak kita akan bertemu kembali.

Semboyan 40, 41, mama aman berangkat.
Reply

mesinnya gakuat om, saya pernah ngobrol sm petugas PJL, tanya kenapa palang pintunya ga full nutup jalan. Katanya ga bisa ngangkat kalo panjang.
Reply
Apa perlu ganti mesin palang pintu ya? biar bisa pake palang yg di perumahan...
Fanboys are people who are willing to defend and promote the object of their affection. They are rarely objective and disregard facts that contradict their opinions.
BB: 55FFFBE5
Reply
Itu perlintasan ala daop 1 ya yg satu nada, kalo perlintasan yg tulit2 kyk ambulan saya krg tau. Tp sprtinya lebih panjang. Kalo didaop 1 plg mentok ditambahin kayu kecil ujungnya kyk di JPL 7 gunung sahari.
Reply
[spoiler="PJL KLM"][/spoiler]
SALAM RF SURABAYA

Lok Merah Biru CC201129r
085748924299 KALO ADA ACARA SMS OK!!!!
Reply
Gak cuman kayu kecil sih. Dari yang saya perhatikan semuanya juga dikasih bendera merah diujungnya. Masalahnya sekarang banyak yang buntung palang pintunya bekas ketabrak, trus gakpernah dibenerin kayak di Karet arah Blok A dan PSE.

Kalau jujur saya masih penasaran kenapa motor penggerak pintu di JPL DKI letaknya kepisah ama tiang JPL-nya (Kecuali JPL2 di jalur THB-PRP dan JPL dekat Stasiun Sudirman)? Gak kayak JPL diluar kota yang motor penggeraknya nempel ama tiang JPL.

Soal gak kuat ngangkat palang yang panjang ya kenapa nggak jadi 4 palang pintu aja? Jadinya kan palang pintunya gak terlalu panjang ditiap sisi tapi bisa nutupin full badan jalan. Masalahnya kemahalan ya? Melihat banyak JPL 4 pintu yang malah dilolosi pintunya disisi salah

Reply
Gak cuman kayu kecil sih. Dari yang saya perhatikan semuanya juga dikasih bendera merah diujungnya. Masalahnya sekarang banyak yang buntung palang pintunya bekas ketabrak, trus gakpernah dibenerin kayak di Karet arah Blok A dan PSE.

Kalau jujur saya masih penasaran kenapa motor penggerak pintu di JPL DKI letaknya kepisah ama tiang JPL-nya (Kecuali JPL2 di jalur THB-PRP dan JPL dekat Stasiun Sudirman)? Gak kayak JPL diluar kota yang motor penggeraknya nempel ama tiang JPL.

Soal gak kuat ngangkat palang yang panjang ya kenapa nggak jadi 4 palang pintu aja? Jadinya kan palang pintunya gak terlalu panjang ditiap sisi tapi bisa nutupin full badan jalan. Masalahnya kemahalan ya? Melihat banyak JPL 4 pintu yang malah dilolosi pintunya disisi salah
[/quote]

JPL 55 CPN itu 4 pintu, tp karna badan jalan yg bersilangan dgn rel itu ga sejajar alias miring jd nutupnya gak full dan tengahnya gampang dilolosin roda 2
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)