Saya akan memberikan sedikit pencerahan tentang proyek KA Ketel Aqua yang saya sarikan dari berbagai sumber.
PT. KAI Daop 1 Jakarta berencana akan mengoperasikan KA dari Cicurug yang mengangkut air gunung dari Perusahaan air mineral yaitu Aqua. Karena untuk membuat sebuah operasional KA baru tidak semudah membalikan sebuah tangan, maka diperlukan perundingan yang matang antara pihak Aqua dan PT. KAI. Sampai saat ini, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dan Aqua masih merundingkan rencana tersebut. Tersiar kabar, KA tersebut akan menggunakan rangkaian ketel baru dari PT INKA. Gebong ketel untuk KA Aqua pasti berbeda dengan gerbong ketel pengangkut BBM. Rencananya KA ini akan memakai loko CC untuk menari rangkaian KA tersebut. Dari maka itu, rel di petak antara stasiun Bogor hingga Cicurug akan dibenahi dengan mengganti bantalan menjadi beton, dan rel menjadi tipe R54. Untuk merealisasikan pembenahan tersebut, pihak PT. Kereta Api Indonesia (Persero) telah melaksanakan 2 kali Inspeksi ke lintas Bogor-Cicurug. Yang pertama menggunakan lori RK18, dan yang kedua menggunakan lokomotif BB30422+1 gerbong NR THB[foto bisa dilihat dibawah]. Menurut info yang saya dapat dari kuncen KLB kricak, KLB kricak akan kembali berdinas ke jalur yang akan dibenahi tersebut. Lalu, saya mendapat info dari orang Distrik Jalan Rel Depok, bahwa direncanakan, KA Aqua akan menjalani trayek Cicurug-Nambo. Dari maka itu, rel di Jalur Nambo akan ikut dibenahi. Jika rencana ini sudah tereaslisasi dan KA ini sudah beroperasi, maka jam operasional KA ini adalah pada malam hari. Karena, pihak PT KCJ tidak menginginkan ada KA selain KRL pada lintas Bogor-Manggarai pada waktu jam operasional KRL berjalan.
Demikianlah info yang bisa saya beritahukan. Jika ada salah-salah kata, ataupun info yang saya berikan saya mohon maaf.
Sekian dan Terima Kasih
dibawah ini adalah foto KLB inspeksi oleh lokomotif BB30422+1 gerbong NR yang saya ambil di petak antara stasiun Bojong dan Citayam. KLB ini sudah pulang ke arah Jakarta. Maaf, karena koneksi yang sangat lamban, untuk melihat fotonya, anda dipersilahkan untuk meng-klik link dibawah ini. Maaf ya.
PT. KAI Daop 1 Jakarta berencana akan mengoperasikan KA dari Cicurug yang mengangkut air gunung dari Perusahaan air mineral yaitu Aqua. Karena untuk membuat sebuah operasional KA baru tidak semudah membalikan sebuah tangan, maka diperlukan perundingan yang matang antara pihak Aqua dan PT. KAI. Sampai saat ini, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dan Aqua masih merundingkan rencana tersebut. Tersiar kabar, KA tersebut akan menggunakan rangkaian ketel baru dari PT INKA. Gebong ketel untuk KA Aqua pasti berbeda dengan gerbong ketel pengangkut BBM. Rencananya KA ini akan memakai loko CC untuk menari rangkaian KA tersebut. Dari maka itu, rel di petak antara stasiun Bogor hingga Cicurug akan dibenahi dengan mengganti bantalan menjadi beton, dan rel menjadi tipe R54. Untuk merealisasikan pembenahan tersebut, pihak PT. Kereta Api Indonesia (Persero) telah melaksanakan 2 kali Inspeksi ke lintas Bogor-Cicurug. Yang pertama menggunakan lori RK18, dan yang kedua menggunakan lokomotif BB30422+1 gerbong NR THB[foto bisa dilihat dibawah]. Menurut info yang saya dapat dari kuncen KLB kricak, KLB kricak akan kembali berdinas ke jalur yang akan dibenahi tersebut. Lalu, saya mendapat info dari orang Distrik Jalan Rel Depok, bahwa direncanakan, KA Aqua akan menjalani trayek Cicurug-Nambo. Dari maka itu, rel di Jalur Nambo akan ikut dibenahi. Jika rencana ini sudah tereaslisasi dan KA ini sudah beroperasi, maka jam operasional KA ini adalah pada malam hari. Karena, pihak PT KCJ tidak menginginkan ada KA selain KRL pada lintas Bogor-Manggarai pada waktu jam operasional KRL berjalan.
Demikianlah info yang bisa saya beritahukan. Jika ada salah-salah kata, ataupun info yang saya berikan saya mohon maaf.
Sekian dan Terima Kasih
dibawah ini adalah foto KLB inspeksi oleh lokomotif BB30422+1 gerbong NR yang saya ambil di petak antara stasiun Bojong dan Citayam. KLB ini sudah pulang ke arah Jakarta. Maaf, karena koneksi yang sangat lamban, untuk melihat fotonya, anda dipersilahkan untuk meng-klik link dibawah ini. Maaf ya.
walaupun KRL baru selalu dinanti,
tetapi rheostatik selalu dihati dan jangan diganti....,
tetapi rheostatik selalu dihati dan jangan diganti....,