07-07-2008, 11:00 PM
Mas, seri CC203/204 itu di belakang driving cab dipakai total buat mesin sampai tak ada tempat yang tersisa karena semua di kompres masuk ke situ semua. Kalo mencermati desain mas, ada banyak yang harus dikorbankan seperti radiator di bagian atas akan berkurang sampai separonya, konsekuensinya kipas juga ikut mengecil, konsekuensinya lagi suhu mesin jadi dikorbankan. Di negara tropis seperti kita ini suhu mesin kayanya harus dijaga deh. Kecuali produsen lok ini kelak bisa menguasai teknologi mengontrol suhu mesin dengan radiator kecil (tapi bukannya teknologi berarti harga mahal?). Alternatif lain adalah mesin dengan silinder yang lebih sedikit. Saat ini saja mesin 8 silinder CC203/204 adalah yang terkecil dari keluarga 7FDL. Mungkin akan memakai mesin 6 silinder saja dengan tenaga sekitar 2000Hp, tapi kendalanya CC203 saja dengan 8 silinder sering jebol karena di-turbocharge dua tingkat buat mengejar 2000Hp. Kecuali produsen lok ini kelak bisa menguasai teknologi silinder sedikit dengan tenaga melimpah. Tapi secara desain saya salut dengan pemikiran Anda, namun lebih panjang 1 meter tidak cukup sebagai kompensasi masalah teknis yang akan dihadapi.
Soni