06-11-2014, 08:57 PM
nyambungnya tidak secara langsung karena beda gauge 750-1067 di besitang. itupun ribet lantaran layout tracknya menyebabkan kereta dari banda aceh sampai sumut mesti putar lok berkali2.
kalo ditelusuri pakai googlemap, di lhokseumawe lok harus putar karena merupakan stasiun terminus/ujung. di besitang ganti kereta (break of gauge sampai terminus di pangkalan susu). dari besitang ke sumut di pangkalan brandan juga putar lok lagi karena p. brandan adalah terminus.
kalo menurut sumber2 yang saya tahu, dulu kereta hanya ada jurusan banda aceh-lhokseumawe dan lhokseumawe-langsa-besitang-p susu.
------------------------------------------
kalo misal mau disambung ke sumut, lebih baik diganti 1067 nya dari besitang sampai langsa saja. karena langsa dulunya adalah kantor pusat inspeksi aceh jama pnka-pjka. lalu layout di besitang dan p.brandan diubah supaya kereta dari langsa kearah medan bisa langsung tanpa putar2 lok lagi. baru setelah sampai langsa tinggal diteruskan keutara sampai lhokseumawe-banda aceh.
"Train approaching! Please remain behind yellow line!"