18-02-2011, 07:00 PM
yang saya heran, kenapa orang selalu menganggap hidrolik lebih lemah dari elektrik yh...
klo katanya wikipedia, lok hidrolik sedikit lebih efisien karena putaran rodanya sinkron, gak ada yang selip... yah, lok diesel elektrik AC juga punya keistimewaan itu juga sih...
trus, buat kereta penumpang, kenapa Indonesia belum mengoperasikan DMU/DEMU untuk jarak jauh yah? masih lebih memilih kereta lokomotif...
[/quote]
coba saya jawab ya...hidrolik lebih aman karna sistemnya seperti mobil dan ukurannya lebih kecil serta tekanan gandarnya lebih ringan..
kemudian alasan kenapa ndak kereta jarak jauh pake DMU/DEMU adalah karena DMU sendiri HPnya kecil dan kurang efisien...kalo mau dirangkai panjang harus di pasang 2 set dan kalo make gerbong kan bisa di tambah2 saja dan lebih hemat BBM...bayangkan saja CC 201 bertenaga 1800 HP dan KRDH dengan 800 HP...beda jauh mas...
yuuks yahh !
Kira2 bagaimana perkembangan loko CC 205 ini ??