02-05-2011, 02:57 PM
ps: Sorry kalau kemarin saya posting di multi thread....kebiasaan ngaskus terbawa sih....hehhehe
hehehe....Ga sih, tapi lebih karena so excitednya atas CC-205 ini maka saya sebar si beberapa tempat, supaya member yg hanya mengunjungi satu sub-forum juga bisa tahu ketibaan CC-205 ini....
Namun untuk posting ini, di forum ini saya hanya buat di satu tempat saja.
OK, setelah 1 minggu (kan pertanyaan hari Sabtu dan sekarang Senin...berarti sudah semingg :-) ...) maka jawaban yang betul atas tiga pertanyaan tersebut adalah sbb:
Q: Seri apakah Loco ini (dalam seri penomoran PT. Kereta Api Indonesia (Persero), CC-xxx)
A: CC-205
Kesimpulan saya hampir banyak yang menduga (menjawab) jawabannya ini.
Q: Kira-kira di manakah lokasi pengambilan gambar?
A: London, Ontario, Canada
Hanya 1 orang yang menjawab Ontario, namun karena ini baru nama propinsi, maka belum betul. Kotanya adalah London.
Ada yg menjawab Canada ...tapi lebih karena tahu saya sekarang ada di mana... hehheehe..
Q: Siapa manufacturer dan apa seri generik dari Loco ini?
A: EMD (Electro-Motive Diesel) dengan nama generic GT-38AC
Kalau bisa jawab yang no. 1 harusnya bisa tepat menjawab no. 3. Namun sama sekali tidak ada yang menjawab tepat. Namun demikian ada yg jawabannya sudah mendekati.
Disclaimer: nama generic itu saya dapat langsung dari bagian sales marketing EMD. Kalau ada yang menganggap salah, salahin dia jadi marketing kok salah...hehehehe..
Keterangan tambahan. Generator Loco ini menghasilkan arus AC utk menggerakan mesin. Katanya lebih baik daripada DC. Power yang dihasilkan adalah 2300 HP. Namun dikurangi untuk penggunaan aksesoris, lampu dll, maka normalnya adalah 2000 HP. Diperkirakan 1 loco akan mampu menarik 70 gerbong.
Baiklah berikut ini latar belakang foto-foto tersebut serta sedikit berbagi berita.
Tentu saja saya bukan orang PJKA, hanya rail fans dan rail modeler. Tapi berkaitan dengan pekerjaan saya di Canada maka proses impor ini harus melibatkan tempat saya bekerja. Dan sebagai rail fans maka tentu tidak menyia-nyiakan kunjungan ke EMD utk melihat perbandinga skala 1:87 di rumah saya dengan skala 1:1 nya ...hihiihi...
Jadi kami dan rombongan PT KA meninjau pabrik EMD dan meliaht 7 Loco yang siap dikirim ke Indonesia mulai minggu ini.
Ini adalah Loco yang masih dalam tahap pengerjaan. Bule di sebelah kanan adalah bagian marketing dan engineer. Nama generic GT-38AC didapat dari mereka. Jadi kalau itu salah, salahkan mereka berdua hehehe..
Petinggi KA di atas ga perlu saya sebut siapa saja, tapi yg orang PT KA pasti dong kenal bos-bosnya yang mana aja.
Loco yang sudah hampir siap. Tinggal di pasang boogie nya. Karena lebar rel Canada berbeda dengan Indonesia, maka untuk test menggunakan boogie ukuran Canada. Namun saat akan dikirim boogie ukuran Indonesia akan disertakan dan akan dipasang saat tiba di Indonesia.
Ini adalah bagian dalam cabin Loco modern. Namun karena Loco CC-205 sedang test drive maka saya hanya bisa mengambil gambar dari saudara tuanya GT-44.
Menurut orang EMD, GT-38 (CC-205) juga menggunakan sistem komputer seperti di atas. Oleh karena itu suatu lompatan jauh dari loco-loco yang sekarang ini dipakai PT KA. Perlu pelatihan yang berkualitas untuk dapat menjalankan loco semacam ini.
Tampak depan dari hood loco dan Tampak samping depan dari CC-205 yang menunjukkan kegagahannya.
Sekedar tambahan
Karena saya sedang berada di EMD yang memproduksi berbagai Loco, maka saya mengambil kesempatan untuk memperbandingkan dengan GT-42 yang berkapasitas 3300 HP. Walau ini dekat dengan CC205 namun dari segi ukuran fisik sangat jauh.
CC-205 saat disanding dengan GT-42 ini bagaikan Daud dan Goliath. Padahal di atas ini masih ada GT-48 dengan power 6300 HP. Namun hanya GT-42 saja sudah tidak memungkinkan dijalankan di Indonesia sehubungan dgn kekuatan rel dan besarnya tikungan di wilayah Indonesia. Maka mungkin hanya mimpi bagi kita untuk dapat melihat Loco ini beroperasi.
Sebagai gambaran, permukana tanah di Amerika Utara itu hampir semua flat. Sehingga rel dapat berjalan lurus. Jika sedang tandem 3 atau 4 loco, maka jumlah gerbong yg dtarik bisa hingga 170 gerbong barang. Jika melewati perlintasan dengan penuh muatan (sehingga jalan lambat) maka dapat mencapai 15 menit hingga pintu perlintasan kembali terbuka !!
Untuk yang sedang kebelet pipis maka sebaiknya serega turun dan cari rumah untuk numpang.... jangan anggap enteng ketika kereta seperti ini melintas ...hehehe...
OK deh segitu aja dulu bagi ceritanya...dengan demikian saya hanya mengucapkan SELAMAT DATANG CC-205 dan selamat bekerja !!!
cheers,
winbert
NB: Silakan diisi pollingnya
ps; CC-205 hanya akan dioperasikan di Sumatera
hehehe....Ga sih, tapi lebih karena so excitednya atas CC-205 ini maka saya sebar si beberapa tempat, supaya member yg hanya mengunjungi satu sub-forum juga bisa tahu ketibaan CC-205 ini....
Namun untuk posting ini, di forum ini saya hanya buat di satu tempat saja.
OK, setelah 1 minggu (kan pertanyaan hari Sabtu dan sekarang Senin...berarti sudah semingg :-) ...) maka jawaban yang betul atas tiga pertanyaan tersebut adalah sbb:
Q: Seri apakah Loco ini (dalam seri penomoran PT. Kereta Api Indonesia (Persero), CC-xxx)
A: CC-205
Kesimpulan saya hampir banyak yang menduga (menjawab) jawabannya ini.
Q: Kira-kira di manakah lokasi pengambilan gambar?
A: London, Ontario, Canada
Hanya 1 orang yang menjawab Ontario, namun karena ini baru nama propinsi, maka belum betul. Kotanya adalah London.
Ada yg menjawab Canada ...tapi lebih karena tahu saya sekarang ada di mana... hehheehe..
Q: Siapa manufacturer dan apa seri generik dari Loco ini?
A: EMD (Electro-Motive Diesel) dengan nama generic GT-38AC
Kalau bisa jawab yang no. 1 harusnya bisa tepat menjawab no. 3. Namun sama sekali tidak ada yang menjawab tepat. Namun demikian ada yg jawabannya sudah mendekati.
Disclaimer: nama generic itu saya dapat langsung dari bagian sales marketing EMD. Kalau ada yang menganggap salah, salahin dia jadi marketing kok salah...hehehehe..
Keterangan tambahan. Generator Loco ini menghasilkan arus AC utk menggerakan mesin. Katanya lebih baik daripada DC. Power yang dihasilkan adalah 2300 HP. Namun dikurangi untuk penggunaan aksesoris, lampu dll, maka normalnya adalah 2000 HP. Diperkirakan 1 loco akan mampu menarik 70 gerbong.
Baiklah berikut ini latar belakang foto-foto tersebut serta sedikit berbagi berita.
Tentu saja saya bukan orang PJKA, hanya rail fans dan rail modeler. Tapi berkaitan dengan pekerjaan saya di Canada maka proses impor ini harus melibatkan tempat saya bekerja. Dan sebagai rail fans maka tentu tidak menyia-nyiakan kunjungan ke EMD utk melihat perbandinga skala 1:87 di rumah saya dengan skala 1:1 nya ...hihiihi...
Jadi kami dan rombongan PT KA meninjau pabrik EMD dan meliaht 7 Loco yang siap dikirim ke Indonesia mulai minggu ini.
Ini adalah Loco yang masih dalam tahap pengerjaan. Bule di sebelah kanan adalah bagian marketing dan engineer. Nama generic GT-38AC didapat dari mereka. Jadi kalau itu salah, salahkan mereka berdua hehehe..
Petinggi KA di atas ga perlu saya sebut siapa saja, tapi yg orang PT KA pasti dong kenal bos-bosnya yang mana aja.
Loco yang sudah hampir siap. Tinggal di pasang boogie nya. Karena lebar rel Canada berbeda dengan Indonesia, maka untuk test menggunakan boogie ukuran Canada. Namun saat akan dikirim boogie ukuran Indonesia akan disertakan dan akan dipasang saat tiba di Indonesia.
Ini adalah bagian dalam cabin Loco modern. Namun karena Loco CC-205 sedang test drive maka saya hanya bisa mengambil gambar dari saudara tuanya GT-44.
Menurut orang EMD, GT-38 (CC-205) juga menggunakan sistem komputer seperti di atas. Oleh karena itu suatu lompatan jauh dari loco-loco yang sekarang ini dipakai PT KA. Perlu pelatihan yang berkualitas untuk dapat menjalankan loco semacam ini.
Tampak depan dari hood loco dan Tampak samping depan dari CC-205 yang menunjukkan kegagahannya.
Sekedar tambahan
Karena saya sedang berada di EMD yang memproduksi berbagai Loco, maka saya mengambil kesempatan untuk memperbandingkan dengan GT-42 yang berkapasitas 3300 HP. Walau ini dekat dengan CC205 namun dari segi ukuran fisik sangat jauh.
CC-205 saat disanding dengan GT-42 ini bagaikan Daud dan Goliath. Padahal di atas ini masih ada GT-48 dengan power 6300 HP. Namun hanya GT-42 saja sudah tidak memungkinkan dijalankan di Indonesia sehubungan dgn kekuatan rel dan besarnya tikungan di wilayah Indonesia. Maka mungkin hanya mimpi bagi kita untuk dapat melihat Loco ini beroperasi.
Sebagai gambaran, permukana tanah di Amerika Utara itu hampir semua flat. Sehingga rel dapat berjalan lurus. Jika sedang tandem 3 atau 4 loco, maka jumlah gerbong yg dtarik bisa hingga 170 gerbong barang. Jika melewati perlintasan dengan penuh muatan (sehingga jalan lambat) maka dapat mencapai 15 menit hingga pintu perlintasan kembali terbuka !!
Untuk yang sedang kebelet pipis maka sebaiknya serega turun dan cari rumah untuk numpang.... jangan anggap enteng ketika kereta seperti ini melintas ...hehehe...
OK deh segitu aja dulu bagi ceritanya...dengan demikian saya hanya mengucapkan SELAMAT DATANG CC-205 dan selamat bekerja !!!
cheers,
winbert
NB: Silakan diisi pollingnya
ps; CC-205 hanya akan dioperasikan di Sumatera
RF winbert, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Dec 2010.