28-05-2013, 02:51 AM
kalau menurut saya adalah faktor traksi effort (kemampuan lok dalam menarik rangkaian)
traksi effort JT42CWRM sebesar 409 kN (starting) dan 260 kN (continous)
sementara GT38AC (CC205) memilik traksi effort sebesar 600 kN (starting) dan 400 kN (continous)
dari keterangan di atas bisa dilihat bahwa GT38AC memiliki traksi effort LEBIH BESAR, jadi GT38AC/CC205 mampu menarik beban lebih banyak dan berat daripada JT42CWRM sehingga oleh karena itulah KAI lebih memilih GT38AC
[/quote]
Kalo diliat pernyataan diatas, kemampuan tractive effort lebih kepada lemampuan loko untuk menarik beban, semakin besar semakin banyak beban yg bisa ditarik
Lantas tenaga kuda HP ngaruh nya untuk apa tuh?
Secara jt42cwrm punya tenaga kuda yg lbh besar
Iya sih cc205 basicnya dari sd70ace dengan mesin yg berbeda walaupun sama2 EMD 710 tp yang cc205 cuma 8 silinder dan sd70ace 16 silinder
Kenapa KAI gak mesen aja ya sd70ace sekalian tp dibuat gauge seperti dimari, apa terlalu besar ya ukurannya, sd70ace tractive effortnya gede bgt