26-06-2010, 12:48 PM
Namanya bukan rehab mas...tapi perawatan...berhubung jembatan baja...maka perlu dicek baut2nya masih kencang atau dah kendor atau malah mungkin ada yg hilang. Kl bautnya kendor...ya dikencengin...kl ada yg hilang...ya diganti yg baru. Juga yang perlu diperhatikan adalah catnya...karena cat itu penting bgt buat nahan karat atau keroposnya besi...
[/quote]
setahu saya semua jembatan besi tidak memakai baut dan mur melainkan pakai paku keling.kalau mau di bongkar ya di las.
kalau pakai mur baut maka sangat riskan karena getaran kereta api yang melintas di atasnya dan lama lama bisa kendur dan berbahaya bagi lalu lintas kereta api.kecuali tempat bantalan kayu bertumpu ke besi gelagar jembatan itu baru pakai baut besar istilahnya paku penambat rel.
coba bandingkan dengan jembatan yang banyak pakai mur baut kaya jembatan suramadu.baru sepekan di resmikan seminggu sudah pada hilang baut bautnya padahal lalu lintas sangat ramai. apalagi jika jembatan kereta api yang rata rata berada di daerah daerah yang sangat sepi sekali dari lalu lintas orang
tidak terbayangkan keindahan trem uap ketika lalu lalang di bawah jembatan kereta api jatinegara
foto ane yang lainnya ada disini kang !
foto ane yang lainnya ada disini kang !