29-07-2016, 11:12 AM
Bicara pembagian kelas kereta api... mungkin ke depannya juga penyebutan kelas bakal lebih ditekankan ke kata-kata dan bukan ke dalam angka-angka. Mirip-mirip KTM kali ya... KA Jarak Jauh KTM Malaysia yang ditarik lokomotif (yang mana mayoritas dihentikan operasinya sejak Mei 2016 ) setidaknya punya enam kelas, yang kalau di-Bahasa Indonesia maksa ala Hungry Soul-kan itu kurang lebih jadi:
1. Kelas duduk / ekonomi biasa (formasi mirip K3 2016, bedanya yang ini kaki bisa diselonjorkan dan kursi yang berhadapan ada meja panjang di tengahnya, gak terlalu menderita kayak K3 2016 )
2. Kelas duduk/ ekonomi bagusan dikit (Kursinya bisa dimiring-miringin, reclining gitu looh, terus lebih empuk, kapasitas gak sepadat ekonomi biasa)
3. Kelas Duduk nyaman (setara eksekutif Indonesia, formasi 2-2, reclining, bisa diputer, kapasitas juga mirip-mirip)
4. Kelas duduk nyaman banget (setara kereta kawis yang formasi 2-1, gak pake AVOD sih, tapi lega banget)
5. Kelas tidur / sleeper lega (kelas sleeper tingkat, favorit banyak penumpang KA JJ KTM Malaysia dan paling cepat habis karena harganya terjangkau, cukup sepadan dan bisa tidur rebah).
6. Kelas tidur / sleeper private lega banget (pakai kompartemen yang di dalamnya ada wastafel dll mirip kamar hotel mini) ==> kelas yang ini sudah gak beroperasi sejak awal 2016 sih #PLAK
Kalau di Indonesia sini mungkin nantinya namanya jadi kelas ekonomi, eksekutif, super eksekutif, ultra eksekutif kali ya?
*maksa
*dikiranya bus malam? wkwkwk
1. Kelas duduk / ekonomi biasa (formasi mirip K3 2016, bedanya yang ini kaki bisa diselonjorkan dan kursi yang berhadapan ada meja panjang di tengahnya, gak terlalu menderita kayak K3 2016 )
2. Kelas duduk/ ekonomi bagusan dikit (Kursinya bisa dimiring-miringin, reclining gitu looh, terus lebih empuk, kapasitas gak sepadat ekonomi biasa)
3. Kelas Duduk nyaman (setara eksekutif Indonesia, formasi 2-2, reclining, bisa diputer, kapasitas juga mirip-mirip)
4. Kelas duduk nyaman banget (setara kereta kawis yang formasi 2-1, gak pake AVOD sih, tapi lega banget)
5. Kelas tidur / sleeper lega (kelas sleeper tingkat, favorit banyak penumpang KA JJ KTM Malaysia dan paling cepat habis karena harganya terjangkau, cukup sepadan dan bisa tidur rebah).
6. Kelas tidur / sleeper private lega banget (pakai kompartemen yang di dalamnya ada wastafel dll mirip kamar hotel mini) ==> kelas yang ini sudah gak beroperasi sejak awal 2016 sih #PLAK
Kalau di Indonesia sini mungkin nantinya namanya jadi kelas ekonomi, eksekutif, super eksekutif, ultra eksekutif kali ya?
*maksa
*dikiranya bus malam? wkwkwk
Seperti alunan detak jantungku,
tak bertahan, melawan waktu
dan semua keindahan, yang memudar
atau cinta, yang tlah hilang
==========
My latest TR: Tawang Alun, 30 Juni 2013
tak bertahan, melawan waktu
dan semua keindahan, yang memudar
atau cinta, yang tlah hilang
==========
My latest TR: Tawang Alun, 30 Juni 2013