17-11-2012, 10:19 AM
iya buatan GE... tapi tetep aja loko yg miripnya ada di cina
jelas gak bisa, karena dapat dipastikan mesin-mesin baru menggunakan EFI (Electronic Fuel Injection)
saya sendiri gak suka lihat foto lok kobong karena sebenarnya hal itu mempercepat kerusakan mesin dan memperpendek usia pakai loko....
[/quote]
IMHO mungkin masih bisa om... loko2 lamapun mesinnya ya pake injeksi, injeksi pastilah diatur elektronik... loko lamapun diset agar tidak kobong, tapi karena umur, kondisi loko n masinis yg naikin throtle seenak udel ya terjadilah kobong..
iya sih om... ini kan menurut pendapat awam.. hehehe hanya mimpi...
btw menurut perhitungan sih 240ton dibagi konfigurasi DD masih kuat ditopang di Sumatera.. n buat masalah selip.. TE dgn tekanan per gandar 14ton..dgn tenaga 4000hp.. bisa kok bawa babaranjang dgn 1 loko
[/quote]
Pengalaman Amerika dengan EMD DD40AX nya.....malah gak efisien.
Di scrap semua....cuma tinggal 1 yg masih jalan: UP 6936
Akhirnya gak pernah lagi bikin lokomotif dengan konfigurasi gandar DD.
Itu di Amerika loh ya...
jelas gak bisa, karena dapat dipastikan mesin-mesin baru menggunakan EFI (Electronic Fuel Injection)
saya sendiri gak suka lihat foto lok kobong karena sebenarnya hal itu mempercepat kerusakan mesin dan memperpendek usia pakai loko....
[/quote]
IMHO mungkin masih bisa om... loko2 lamapun mesinnya ya pake injeksi, injeksi pastilah diatur elektronik... loko lamapun diset agar tidak kobong, tapi karena umur, kondisi loko n masinis yg naikin throtle seenak udel ya terjadilah kobong..
iya sih om... ini kan menurut pendapat awam.. hehehe hanya mimpi...
btw menurut perhitungan sih 240ton dibagi konfigurasi DD masih kuat ditopang di Sumatera.. n buat masalah selip.. TE dgn tekanan per gandar 14ton..dgn tenaga 4000hp.. bisa kok bawa babaranjang dgn 1 loko
[/quote]
Pengalaman Amerika dengan EMD DD40AX nya.....malah gak efisien.
Di scrap semua....cuma tinggal 1 yg masih jalan: UP 6936
Akhirnya gak pernah lagi bikin lokomotif dengan konfigurasi gandar DD.
Itu di Amerika loh ya...