31-07-2013, 03:44 AM
saya bantu ambil point pentingnya
Quote:John menambahkan lokomotif baru seri CC 206 keluaran General Electric Amerika Serikat tersebut memiliki keunggulan dibanding lokomotif lama dengan seri CC 201 atau 203 dan 204.
Kelebihan tersebut di antaranya, terdapat kabin depan dan belakang sehingga lebih memudahkan masinis untuk menjalankan kereta. Pada lokomotif lama, hanya ada satu kabin.
Selain itu, seluruh panel pengontrol sudah modern layaknya panel dalam pesawat terbang, tenaga yang lebih kuat yaitu 2.250 horsepower (HP) dibanding lokomotif lama 2.000 HP. "Dengan demikian, lokomotif baru ini bisa membawa beban lebih banyak dan lebih cepat dibanding lokomotif lama," katanya. Lokomotif baru bisa membawa hingga 40 gerbong kereta barang atau hingga 15 kereta penumpang.
Lokomotif baru tersebut juga digunakan untuk melayani angkutan barang seperti bahan bakar minyak (BBM), semen dan paket. Angkutan barang akan tetap dioperasionalkan selama angkutan Lebaran.
Selain 55 lokomotif baru, Balai Yasa Yogyakarta juga baru saja menerima tambahan 14 lokomotif baru, namun masih dalam proses perakitan dan uji coba sehingga belum bisa digunakan untuk mendukung Angkutan Lebaran 2013. "Pada 2013, akan ada 100 lokomotif baru. Sampai saat ini, total lokomotif yang datang baru 69 unit," katanya.
tapi yang saya bold apa benar?
[/quote]
mungkin iya dilihat dari sisi power, lok ini lebih gede daripada lok lain yg ada di Jawa. Tapi pada pengoperasiannya kan sebuah kereta mempunyai aturan batas kecepatan (taspat). Jadi mau loko segede apa horsepowernya toh kecepatannya juga dibatasi karena kondisi medan yg belum memenuhi syarat buat kecepatan yg sangat tinggi. Mungkin yg dimaksud lebih cepat adalah disebabkan karena saat ini PT. KAI fokus meningkatkan frekuensi perjalanan angkutan barang dengan mendatangkan CC 206 ini. Jadi otomastis barang yg didistribusikan jadi lebih cepat dan lebih banyak. CMIIW