gak bisa MU/DT, karena beda merk,punya standar sendiri
CC204 buatan GE
CC202 buatan EMD
kecuali sama BY sdh di modifikasi sistem pneumatic & electricnya, baru bisa sinkron. dia amrik sana yg DT itu loknya satu merk walaupun beda tipe. contohnya : GE Dash 9 + GE B30 7 atau EMD GP38 + EMD SD 40
kalo cuma DT konvensional ya bisa (tiap lok ada massinis)
[/quote]
Tentu saja tergantung tipe hubungannya, kalau pakai DT/MU konvensional (setiap lok ada masinisnya) tinggal lihat couplernya saling cocok (matched) atau tidak, tetapi jika menggunakan sistem selang MU tentu saja tak bisa karena tipe pengendali MU setiap pabrikan berbeda.
Kalau masih 1 pabrikan meski beda tipe tentu saja DT/MU bisa dilakukan (GE x GE bisa, tetapi GE x EMD tak bisa).
[/quote]
BACA PENJELASAN INI DONG! kata siapa EMD tida bisa di MU dengan GE..
nih ada foto EMD SD 70MAC dirangkai dengan GE ES44
koreksi sedikit
Pabrikan lokomotif yang di Multiple Unit tdak harus sama
GE AC4400CW bisa kok di multiple unit dengan EMD SD90MAC
atau GP 38 dengan U36C
karena walaupun spek teknis berbeda, tapi sistim kendali semua lok diesel di amerika tetap sama.
Yang harus sama :
1. Kendali Propulsi melalui sistim cable 27 pin atau LOCOTROL
2. Sistim udara rem, menggunakan westinghouse 26L
klo dua itu sama, artinya apapun merek nya tetap bisa jadi pasangan Multiple Unit
[/quote]