Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
[ASK] MU=Multiply Unit=Double Traksi=DT

begini mas gege . anda pernah lihat ketel di malang yng 3518dt sama 3520 kan ? apa mas gege pernah lihat MU nya? ya memang saya pernah beberapa kali lihat yg pakai MU. tapi yang namanya DT itu tidak selamanya pake MU. trus bagai mana pengaturan knotnya? apakah yg depan satu trus yg belakang ikut satu ? jawabannya tidak sodara. kanapa saya bilang begtu karna saya sering ikut berdinas KA yang DT. jadi begini. semisal satu rangkaian KA membawa 12 gerbong KKW dan di lintas malang bangil. (tau sendiri lah medannya kayak gmna) di starting (pertama kali jalan) lok yg depat memberi knot sperti biasa. hingga ka berjalan sperti biasa. namun ketika di tanjakan. dan lok depan tidak kuat. biasanya masinis yang depan akan memberi semboyan maka masinis yg belakang. akan memindahkan tuas reverse ke arah maju. dan menambah knot sesuai kebutuhan. untuk penambahan knot yg belakng. tidak perlu banyak. biasanya kno 2 atau 3. dan lagi klo yg didepan tidk memberi isyarat biasanya yg belakang menggunakan prasaan. yaiut dari gps. jika di tanjakan di gps kecepatan trunun drastis barulah lok yg belakang menambah. dan jika berjalan maka lok depan cuman di knot 7-8 aja. sisanya terserah yg belakang. dan untuk system pengereman. semua terserah di lok yg paling depan. di lok yg belakang. handle rek rangkaian akan di taruh di posisi loss. atau pilot cut offnya di posisikan out, sekian dari saya. semoga membantu :D
[/quote]

Jadi ternyata MU tidak dipakai karena lok belakang gak harus selalu mendorong selama perjalanan, dan malah lebih sering idle... Emang sih mesin diesel lebih efisien kalau diberi beban 60% lebih dari kapasitas dayanya (CMIIW)... tapi ntar lok belakang cuma jadi beban mati selama sebagian besar waktu perjalanan donk.. :bingung:
Paling tidak masih lebih praktis daripada pasang-lepas lokomotif di stasiun-stasiun tertentu waktu akan masuk atau setelah keluar dari lintasan berat :peace ah:


Soal BB303 di Divre I itu, niat juga yah pegawai dipo bikin modifikasi segitu :topbgt: Kekurangan SDM masinis kah :ha ha ha:
Klo boleh tau, itu custom built atau beli aksesoris atau bikin dari rancangan yang udah ada? Trus pengaturan reverser maju/mundurnya dari mana kalau cuma ada satu selang pneumatik... :xie xie:
[/quote]

ya tidak sodara karna kebutuhan DT sebagaian besar hanya untuk membantu tanjakan saja. karna lok yg dt selalu ngepress beban rangkaiannya (rangkaian yg boleh di bawa maksimal) jadi untuk semua jenis lok untuk DT tanpa MU jara kerjanya hampir sama dengan yang tadi. namun untuk beberapa lok seperti BB301 dan 304 harus mengubah beberapa settingan di mesiinnya untuk pengereman


tidak om :D anginnya dah beda lagi soalnya
give me more BRP please
Reply


Messages In This Thread
[ASK] MU=Multiply Unit=Double Traksi=DT - by Gege - 06-06-2008, 03:15 PM
RE: [ASK] MU=Multiply Unit=Double Traksi=DT - by rizkygacor - 07-08-2012, 10:01 PM
double traksi Lok - by Agus Budhy Nugroho - 14-07-2008, 08:49 AM
Re: double traksi Lok - by Gege - 14-07-2008, 08:52 AM
Re: double traksi Lok - by Agus Budhy Nugroho - 14-07-2008, 09:16 AM
Re: double traksi Lok - by Gege - 14-07-2008, 09:23 AM
Re: double traksi Lok - by Agus Budhy Nugroho - 14-07-2008, 09:26 AM
Re: double traksi Lok - by hedwigus - 14-07-2008, 09:31 AM
Re: double traksi Lok - by Agus Budhy Nugroho - 14-07-2008, 09:37 AM
DT - by Agus Budhy Nugroho - 21-07-2008, 08:53 AM
Double Traction...... - by sepuranjlok - 05-01-2009, 10:21 AM
Re: Double Traction...... - by hedwigus - 05-01-2009, 10:26 AM
Lok Double Traksi - by bornneo68 - 11-03-2009, 06:03 PM
Re: Lok Double Traksi - by dedy vh - 11-03-2009, 06:24 PM
Re: Lok Double Traksi - by VALEN_PROGO - 11-03-2009, 06:27 PM
Re: Lok Double Traksi - by bornneo68 - 11-03-2009, 06:36 PM
Re: Lok Double Traksi - by genx_Q - 11-03-2009, 06:46 PM
Re: Lok Double Traksi - by dedy vh - 11-03-2009, 06:48 PM
Re: Lok Double Traksi - by bornneo68 - 12-03-2009, 08:10 AM
Re: Lok Double Traksi - by ebret_cc20191 - 12-03-2009, 11:14 AM
Re: Lok Double Traksi - by Rezza Habibie - 14-03-2009, 04:32 PM
Re: double traksi Lok - by bornneo68 - 19-03-2009, 11:11 AM
Double Lokomotif - by bonbon - 24-04-2009, 03:38 PM
Kontrol Double Traksi - by 46rossi - 22-05-2009, 10:12 AM
RE: Kontrol Double Traksi - by CC-201-23 - 22-05-2009, 10:22 AM
RE: Kontrol Double Traksi - by B 30 S - 22-05-2009, 10:26 AM
tanya tentang DT.. - by triez_RF Cirebon - 28-07-2009, 11:19 AM
RE: tanya tentang DT.. - by Agung - 28-07-2009, 12:14 PM
Tentang Lokomotif Double - by Ryzky_Widi - 12-09-2009, 10:48 PM
RE: Tentang Lokomotif Double - by ouilevio - 12-09-2009, 11:31 PM
RE: Tentang Lokomotif Double - by eling - 13-09-2009, 12:52 AM
RE: Tentang Lokomotif Double - by Taufik GM-MarKA - 13-09-2009, 09:01 AM
RE: Tentang Lokomotif Double - by asep_0907 - 13-09-2009, 09:27 AM
[ASK] About Double Traksi (DT) - by Ganyoy-[Gen] - 14-05-2010, 08:17 PM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)