Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Jalur KA di Jawa Barat Rawan Longsor
#43
Menanggapi masukan dari member forum
Chr.christianto.. Terima kasih mas.
Ok saya re-posting disini kembali.
seputar insiden fatal akibat longsor di jalur selatan...

Sedih
Turut berduka cita sedalam-dalamnya bagi para Korban KA Malabar
Semoga diberi ketabahanNya & kekuatanNya.. Amin

Semoga tidak terulang kembali peristiwa seperti ini...dikemudian hari.
Karena seperti yang sudah-sudah apabila ada peristiwa, insiden apalagi fatal..
baru ada tindakan untuk menanggulangi/mengatasi.
Sebut saja insiden terakhir Bintaro II - Truk Tangki dgn Commuter Line di perlintasan sebidang jalur macet di Bintaro. Setelah insiden, baru ada perubahan arus Lalin jd 1 arah.

Memang "pengalaman/pengetahuan" sesuatu hal adalah guru yg terbaik.. tapi kenapa harus belajar terus kalo sudah "mengetahui /pengalaman" hal tsb ?

Terus terang saya awam dgn hal ttg :
- Jalur Selatan (daerah Tasikmalaya mulai menanjak menyisiri gunung benar tdk?). Tp masa kecil saya tahun 80-an sering naik Mutiara Selatan. Surabaya - Bandung pp. Yg saya paling ingat sejarahnya selalu berhenti di Jogya utk melepas / mengganti Loko BB dgn CC serie lamaatau jd double traksi klo menuju surabaya.
- Detail Teknis Lokomotif Terbaru di Indonesia seri CC 206

Sekedar tukar pikiran/info saja syukur2 ada yg tahu.. utk semua rekan di RF di semboyan35 ini. Yg jadi tanda tanya buat saya :
- Klo liat foto TKP memang daerah perbukitan/lereng.. Klo sdh ada "pengetahuan" daerah itu rawan longsor kenapa tdk ada TANGGUL / KONSTRUKSI beton di sisi-sisi Rel tsb ? Bukankah jalur selatan ini sudah lama ada ??
- Apakah tdk ada studi kelayakan Geologi kembali, apakah kontur tanah berubah di jalur tsb ? Jadi bukan hanya mengganti Bantalan Rel Beton saja.
- Loko CC 206, total beratnya (tonasenya) berapa ya ? Setahu saya dari visual saja paling besar di Indonesia, dibandingkan CC ato BB generasi sebelumnya. Pasti lebih berat.

Mudah-mudahan dari peristiwa fatal yg tdk diinginkan ini bisa jadi "pengalaman/pengetahuan" utk kedepannya.. bagi perkereta apian Indonesia, yg memang sangat pesat kemajuannya.
Insiden KA Malabar di jalur selatan adalah [insiden pertama utk loko CC 206 nya Indonesia ] dan jgn terulang kembali !
Masih ada Jalur2 lain selain Jalur Selatan ini.. Mengingat ngeri juga ngelihat sisi kanan/kiri Jalur tanjakan Padalarang. (Jembatan2 yg menempel di lereng2 peninggalan Belanda.. benar tidak? mohon rekan2 koreksi klo ada salah)

Ok sekedar uneg2 aja..
Safety First

Salam,
Kangen Naik Kereta Lagi
Reply


Messages In This Thread
Re: Jalur KA di Jawa Barat Rawan Longsor - by Guest - 23-04-2009, 11:10 AM
Re: Jalur KA di Jawa Barat Rawan Longsor - by Guest - 23-04-2009, 11:20 AM
RE: Jalur KA di Jawa Barat Rawan Longsor - by dhevy1974 - 07-04-2014, 08:25 AM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)