09-01-2011, 04:53 PM
Maaf, mo berbagi cerita menyangkut KA SERAYU ini, mohon koreksi kalo ada kesalahan.. maklum oot...
Menurut cerita dari tetangga sy kalo :
1. KA ini awalnya (Th 70-an) namanya KA CEPAT relasi JAKK-BJR PP dengan jam keberangkatan mirip dengan KA SERAYU Siang saat ini. Namun Rangkaian ini digunakan juga untuk KA CEPAT BD-JAKK PP. dg urutan sbb : KA CEPAT BD-JAKK Brkt BD subuh sampai JAKK pagi, kemudian rangkaian berganti menjadi KA CEPAT JAKK-BJR. Sebaliknya KA CEPAT BJR-JAKK tiba JAKK sore, kemudian rangkaian berganti menjadi KA CEPAT JAKK-BD brkt sore dan tiba di BD malam.
2. Seiring dengan semakin berkembangnya KA PARAHYANGAN BD-JAKK PP, KA CEPAT BD-JAKK pensiun, dan KA CEPAT BJR relasinya diperpanjang sampai SIDAREJA.
3. Rangkaian KA ini pada tahun 90-an pernah digunakan juga utk KA PATTAS PWK, dgn urutan sbb : KA CEPAT dari Sidareja sampe di JAKK sore, kemudian rangkaian berganti menjadi KA PATTAS PWK dan sampe di PWK malam, sebaliknya KA PATTAS PWK brkt subuh dari PWK sampe di JAKK pagi, kemudian rangkaian berganti menjadi KA CEPAT SIDAREJA dan sampe di Sidareja malam.
4. Kemudian KA ini berganti nama menjadi KA CIPUJA yang merupakan kepanjangan dari Cilacap-Purwokerto-Jakarta, namun pada kenyataannya rangkaian KA ini menjalani Rute Purwokerto - Kroya - Jakarta, dan katanya untuk rute ke Cilacap ada KA Feedernya.
5. Karena tidak efisien dalam menjalani rute ini akhirnya KA ini menjalani Rute Sampai KROYA ( Relasi JAKK -KROYA ) sampai sekarang, dan namanya menjadi KA SERAYU, dengan penambahan jam keberangkatan di malam hari ( SERAYU II / SERAYU MALAM ).
Demikian sejarah perjalanan KA SERAYU, mohon koreksi kalo ada kesalahan.... Trim's.... SALAM Semboyan 35....
Menurut cerita dari tetangga sy kalo :
1. KA ini awalnya (Th 70-an) namanya KA CEPAT relasi JAKK-BJR PP dengan jam keberangkatan mirip dengan KA SERAYU Siang saat ini. Namun Rangkaian ini digunakan juga untuk KA CEPAT BD-JAKK PP. dg urutan sbb : KA CEPAT BD-JAKK Brkt BD subuh sampai JAKK pagi, kemudian rangkaian berganti menjadi KA CEPAT JAKK-BJR. Sebaliknya KA CEPAT BJR-JAKK tiba JAKK sore, kemudian rangkaian berganti menjadi KA CEPAT JAKK-BD brkt sore dan tiba di BD malam.
2. Seiring dengan semakin berkembangnya KA PARAHYANGAN BD-JAKK PP, KA CEPAT BD-JAKK pensiun, dan KA CEPAT BJR relasinya diperpanjang sampai SIDAREJA.
3. Rangkaian KA ini pada tahun 90-an pernah digunakan juga utk KA PATTAS PWK, dgn urutan sbb : KA CEPAT dari Sidareja sampe di JAKK sore, kemudian rangkaian berganti menjadi KA PATTAS PWK dan sampe di PWK malam, sebaliknya KA PATTAS PWK brkt subuh dari PWK sampe di JAKK pagi, kemudian rangkaian berganti menjadi KA CEPAT SIDAREJA dan sampe di Sidareja malam.
4. Kemudian KA ini berganti nama menjadi KA CIPUJA yang merupakan kepanjangan dari Cilacap-Purwokerto-Jakarta, namun pada kenyataannya rangkaian KA ini menjalani Rute Purwokerto - Kroya - Jakarta, dan katanya untuk rute ke Cilacap ada KA Feedernya.
5. Karena tidak efisien dalam menjalani rute ini akhirnya KA ini menjalani Rute Sampai KROYA ( Relasi JAKK -KROYA ) sampai sekarang, dan namanya menjadi KA SERAYU, dengan penambahan jam keberangkatan di malam hari ( SERAYU II / SERAYU MALAM ).
Demikian sejarah perjalanan KA SERAYU, mohon koreksi kalo ada kesalahan.... Trim's.... SALAM Semboyan 35....