15-10-2011, 11:17 PM
wah trid lama nih.. tak sundul ya...
sebelumnya mohon maaf atas komen ane..... saya rasa dalam waktu dekat ini (bahkan 5-10 tahun mendatang) jaringan KA di Sulawesi belum terrealisasi deh.. bener tuh... secara di Sulawesi ya.. wilayah yg dimungkinkan untuk dilewati KA paling2 cuman 2 kota ujungnya.. kota Manado dan Kota Metropolis Makassar... kenapa?? ya karna baru 2 kota itu yg mobilitasnya lumayan... lainnya??? masih sepi.. jalanan di ibukta propinsi aja masih lengang.. dan itu masih cukup dilayani oleh angkot lokal dan bus antar kota aja masih jarang...
tus kota2 "utama" laen di Sulawesi kek Toraja, Palopo, Palu, Gorontalo, Mamuju, Minahasa tidak terletak di garis lurus.. jadi keknya kurang optimal seh bangun KA di sana.....
ane justru lebih seneng ama progress pembangunan sekarang... dimana transportasi lebih dioptimalkan pada transportasi laut dan udara.... lihat aja sekarang, pembangunan bandara udara dan pelabuhan baru di Sulawesi sangat digiatkan..... dan itu terbukti, dengan bandara2 baru... pertumbuhan kota-kota baru, perekonomian dan pariwisata di Sulawesi tumbuh pesat.. contohnya di Kendari, Buton, Bau-Bau, Tondano, Mamuju, Gorontalo... dan teutama yang paling dahsyat seh di Wakatobi
dan dengan interkoneksi sistem perhubungan laut dan udara... justru sangat tepat dengan kondisi wilayah NKRI yang berupa kepulauan... dan interkoneksi transportasi udara malah akan membuat pertumbuhan industri pariwisata tumbuh pesat.... efeknya, masyarakat lokal akan semakin makmur dengan tumbuh pesatnya industri: jasa, perhotelan, suvenir (UKM), transportasi, makanan dll
sementara untuk angkutan barang... lebih difokuskan melalui jalur laut... dimana jalur darat hanya untuk mengangkut barang dari destinasi (contoh: tambang, perkebunan dll) menuju pelabuhan... dan terbukti di banyak wilayah sedang digiatkan pembangunan pelabuhan2 baru dengan kapasitas bongkas-muat cepat dan fasilitas pergudangan yang cepat... sekarang progressnya PT Pelindo merevitalisasi pelabuhan: Kendari, Bau-Bau, Mamuju, Manado dan Makassar... bahkan nantinya (klo saya salah mohon diingatkan).. pelabuhan transit ke Indonesia timur bukan lagi di Makassar, tapi di Buton atau Bau-Bau
sebelumnya mohon maaf atas komen ane..... saya rasa dalam waktu dekat ini (bahkan 5-10 tahun mendatang) jaringan KA di Sulawesi belum terrealisasi deh.. bener tuh... secara di Sulawesi ya.. wilayah yg dimungkinkan untuk dilewati KA paling2 cuman 2 kota ujungnya.. kota Manado dan Kota Metropolis Makassar... kenapa?? ya karna baru 2 kota itu yg mobilitasnya lumayan... lainnya??? masih sepi.. jalanan di ibukta propinsi aja masih lengang.. dan itu masih cukup dilayani oleh angkot lokal dan bus antar kota aja masih jarang...
tus kota2 "utama" laen di Sulawesi kek Toraja, Palopo, Palu, Gorontalo, Mamuju, Minahasa tidak terletak di garis lurus.. jadi keknya kurang optimal seh bangun KA di sana.....
ane justru lebih seneng ama progress pembangunan sekarang... dimana transportasi lebih dioptimalkan pada transportasi laut dan udara.... lihat aja sekarang, pembangunan bandara udara dan pelabuhan baru di Sulawesi sangat digiatkan..... dan itu terbukti, dengan bandara2 baru... pertumbuhan kota-kota baru, perekonomian dan pariwisata di Sulawesi tumbuh pesat.. contohnya di Kendari, Buton, Bau-Bau, Tondano, Mamuju, Gorontalo... dan teutama yang paling dahsyat seh di Wakatobi
dan dengan interkoneksi sistem perhubungan laut dan udara... justru sangat tepat dengan kondisi wilayah NKRI yang berupa kepulauan... dan interkoneksi transportasi udara malah akan membuat pertumbuhan industri pariwisata tumbuh pesat.... efeknya, masyarakat lokal akan semakin makmur dengan tumbuh pesatnya industri: jasa, perhotelan, suvenir (UKM), transportasi, makanan dll
sementara untuk angkutan barang... lebih difokuskan melalui jalur laut... dimana jalur darat hanya untuk mengangkut barang dari destinasi (contoh: tambang, perkebunan dll) menuju pelabuhan... dan terbukti di banyak wilayah sedang digiatkan pembangunan pelabuhan2 baru dengan kapasitas bongkas-muat cepat dan fasilitas pergudangan yang cepat... sekarang progressnya PT Pelindo merevitalisasi pelabuhan: Kendari, Bau-Bau, Mamuju, Manado dan Makassar... bahkan nantinya (klo saya salah mohon diingatkan).. pelabuhan transit ke Indonesia timur bukan lagi di Makassar, tapi di Buton atau Bau-Bau
"Penipuan Publik atau kebohongan Publik adalah seseorang yang dengan sadar berkata - menyampaikan - melakukan kebohongan dan ungkapan tersebut, tersebar luas dan bisa dipahami sebagai kebenaran atau dipercayai kebenarannya"
~just quote~
~just quote~