Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Rencana Pembangunan Rel KA di Sulawesi
#75

Oh gitu ya, makasih pencerahnnaya ternyata dicabuti Jepang. Tapi pada akhirnya Belanda memutuskan pembangunan selanjutnya memakai 1067, sedang 1435 terbatas pada yg sudah dibangun saja mulai dari Semarang sampai Yogya.

Seumpama KA di Sulawesi jadi dibangun 1435 yang jadi masalah utama adalah investor operator KA-nya, PT. KAI ga punya KA 1435, ready stocknya 1067, tapi seumpama bukan PT. KAI semoga ada investor lain yang mau, atau kalau ga gitu pemerintah yang melakukan pengadaan loko dan rangkaiannya. Sedang kalau seumpama yg digunakan 1067 setelah selesai dibangun ane yakin PT. KAI bisa langsung jadi operator disana, tinggal mutasi beberapa loko dan rangkaian dari Jawa untuk dioperasikan di Sulawesi.

Tapi bagi ane sendiri ane lebih sreg kalau dalam 1 negara gaugenya di unifikasi saja, untuk Indonesia 1067 saja. Lebih murah investasinya, lebih cepat pengenjaannya, lebih cocok untuk dataran tinggi, dan mau mutasi kereta dan lokomotif dari pulau mana saja bisa. Toh di Malaysia pake gauge 1000 aja KA-nya bisa dipacu sampai 160km pake KA penumpang yg dirancang khusus.
Reply


Messages In This Thread
Rencana Pembangunan Rel KA di Sulawesi - by azu - 20-03-2010, 09:18 AM
RE: Rencana Pembangunan Rel KA di Sulawesi - by rapih_dhoho - 07-08-2014, 07:08 PM
RE: Pembangunan Jalur KA Sulawesi - by enrico - 29-09-2010, 06:47 AM
RE: Pembangunan Jalur KA Sulawesi - by g10d - 29-09-2010, 07:52 AM
Kelanjutan KA Di SULAWESI - by nikmuracell - 27-02-2011, 10:17 PM
RE: Selawesi Bentar Lagi Punya KA - by g10d - 27-02-2011, 10:31 PM
RE: Selawesi Bentar Lagi Punya KA - by phepe_ph - 27-02-2011, 10:37 PM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)