Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 3 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
All About KA MALABAR [Sejarah, Diskusi]

Iya, lebih baik kayaknya dipecah, yang satu Malabar bawa Exa+Bisnis+Ekonomi (kalau nggak bawa Bisnis+Ekonomi doang) dengan pemberhentian yang sama kyk sekarang terus satu full exa dengan pemberhentian hanya di BL, KD, MN, SLO, YK, TSM, CPD doang (yang jelas impossible ini...........)
[/quote]

Saya malah setuju juga dengan K1 malabar ini, hehehe...tapi, nggak berhenti Banjar, Kroya, sama KTS?
[/quote]

Pemecahan K1 nya yak?
Sekilas si gw setuju juga, tp brapa saat kemudian gw mikir: 'ada turangga yg perlu diperhitungkan jeda slotnya'


Nah, Ini juga pemikiran inovatif yg worth jg, tp sama jg dipikiran gw muncul peritungan yg sama ma diatas 'how about wilis?'

Dr antara 'pemecahan K1' sama 'malabar pagi & sore', gw coba uraikan 1/1 dhe
Klo dibuat pagi & sore, yg jd masalah adl rangkean
Slama ini okupansi uda bagus tp uda 3 taun beroperasi knapa ga siberi solusi tahap berikutnya, instead ttp kayak masi menguji coba trus dg 3 klas dlm serangkaian ini, smentara klo kita liat urgency nya operator skarang kan adl untuk mendapatkan profit sebesar2nya dg waktu sesingkat2nya & pemecahan kelas scara spesifik ini jlas akan menguntungkan operator lebi cepet, tp kendalanya rangkean yg berotasi di jawa skarang masi kurang
(not to mention serangkean K1 yg dimutasi ke divre pasca rangkean K9 yg kdua mulai beroperasi, g ga tau mank disana butuh ato tindakan kurang masuk akal apa dr operator)

Brapa lama sblom ini gw sempet post jg pemikiran gw yg bilang mendingan K3 yg ada di malabar dikasi aja ke kahuripan & itu kahuripan diperpanjang sampe ML jd malabar sendiri berjalan dg murni exis, di post itu gw bilang masalahnya waktu perawatannya bisa makin kritis krn KD-ML bukan jarak yg pendek, skarang gw jg mikir jam potensial penumpangnya di DAOP 7 itu unik krn siang2 antara jam 12-3 siang, blom lg makin ksininya pembagian (ato malah perebutan) 'jatah makan' antar DAOP itu makin kliatan intensif & jd hal yg sensitif, jd rasanya mustahil perpanjang kahuripan karna 'jatah makan' DAOP 7 bisa kita itung dg jari cuma ada 3 & sbenernya pun 2 diantaranya yaitu brantas & kahuripan yg dah full cangkok ac itu baru masuk itungan karna klo K3 PSO itu ga bisa dibuat jd 'jatah makan' si.
(Cuma buat ralat & pengabsahan aja dr post gw sblomnya)

Gw berpikir mungkin siasat yg lebi baek emank K1 nya si yg dipisah jalan sndiri & mengenai saling pengaruhi dg mutsel, wilis atopun turangga, cukup baek kliatannya kalo pagi yg dijalanin bisek nya dl (karna pagi kan dr BD ke timur cuma ada 3-4 K2 lodeh yg biasanya abis dg cepetnya & mungkin bakal jd nilai yg berbeda kalo K2nya ini dibikin jd full cangkok ac kayak fajar/senja SM jd ada gap yg memank jlas membedakan antara lodeh & biseknya malabar ini, klo K3 mo ttp panas ato dicangkok jg pun ga masalah menurut gw) Sementara yg slot jam 4an itu dipake buat malabar yg full K1, krn emank jeda waktu di slot itu yg dimata gw paling bagus buat supaya ga bersaing sama turangga, kondisi dia sbg pembuka jalan pun ideal buat bisa ngebut, kalo silang2an di DAOP 5 yg padetpun dia uda bisa lebi banyak menang
Kalo bisek dijalaninnya pagi kan silang2an di DAOP 5 nya jd siang hari, itu bisa dibilang trafficnya 50% lebi lengang dibanding malem, jd skalipun dia bisek, perjalanannya ga terlalu dijajah.

Kriteria penumpangnya pun kan kalo dibuat bisek bisa dibilang berubah, lebi cenderung ke pekerja lepas (ga terikat waktu kerja) yg terpaksa pake itu krn ga ada K3 PSO yg ke ML, smentara penumpang K1 identik pekerja menangah keatas yg butuh angkutan eksklusif & jam 4an itu ga jauh2 bgt lha sama jam pulang kerja, jd masi potensial menggaet banyak penumpang.

Nah, skarang soal pemberentian malabar full K1nya, gw si menanggapi aja.
Kalo ga brenti KTS si gw bilang bisa2 aja, krn KTS sendiri uda dilakukan uji coba buat banyakan KA penumpang ls disana (jd sta percabangan single track yg ga perlu smua KA brenti disana lg macem KYA)
Ga berenti KYA pun gw pikir sah2 aja, krn kebanyakan kriteria penumpang KYA sama ma KTA, lebi menginginkan K2 (dimana seat nya ga terlalu beradu dengkul, tp masi bisa ngudud), sementara khusus sub case ini kan yg dibicarain malabar yg full K1, jd menurut gw sah2 aja asal jgn yg bisek
Nah, yg gw bilang mustahil buat ga berenti itu adl BJR, ga mungkin ga brenti di BJR karna di BJr itu harus ganti mass & dilakukan pengecekan stelah dr YK sblom mulai menanjak, itu check point yg harus BJR itu, TSM ga punya GK ato persyaratan yg memenuhi buat penggantian mass rutin
smentara kalo dr YK ls di BJR pun itu artinya 1 orang mass disuru kerja sekitar 7,5 jam sendiri, ketentuan yg baru aja kan mass & stocker cuma boleh dines paling lama 5 jam skali dines
Itu si sjauh ini pendapet gw.
Xie Xie



Ini menanggapi yg “Berharap saja pihak KAI, mau memperpanjang rangkaiannya (jika memungkinkan)” kan?

Ini terkait yg diwacanin dulu berbarengan dg lahirnya malabar jg kalo selatan jg wacananya mau dibuat parcel jg krn potensi angkutan nya jg mulai menjanjikan sama banyaknya ma penumpang, tp ga tau knapa sampe skarang ga da realisasi, padahal sperti yg qta smua bicarain B nya malabar 2 biji itu lebi sering penuh dg muatan (malah ga jarang B nya turangga & mutsel pun penuh muatan setau gw)
Kalo aja parcel selatan itu jadi terealisasi, gw rasa bisa lebi mengoptimalkan daya angkut penumpang di malabar.

Soal memanjangkan rangkean, menurut kalkulasi sbenernya si bisa selama yg dinesnya pasti 204 yg bukan penyakitan, turangga aja bisa bawa 11-12 kereta dg modal 1 lok 203 (karna dia cuma membelah gunung di priangan jd kuat)
Kalo malabar kan membelah gunug di priangan & di malang sendiri, jd harusnya bisa paling ga nya bawa 11 kereta & pakenya 204 yg perkasa, cuma...
Ini sama jg sama penambahan loop ato apapun soal penambahan angkutan penumpang mreka
Reality, mreka sendiripun mengangkut penumpang uda ga sepenuh hati & sekedar adanya aja, jd pesimistis mau menggantikan B di malabar jd kereta penumpang gw bilang akan tetep ada, karna operator kan skarang uda berubah haluan menjadi murni bisnis, apa yg lebi menguntungkan adl prioritas & itu adl angkutan barang, mreka jg ga segen kalo smua kereta penumpang kudu ditambahin 1 lg B stelah tameng buat angkut barang, krn harganya angkutan barang yg diikutin dlm rangkean penumpang harganya lebi mahal dr parcel atopun kontener.
[/quote][/spoiler]

Kalau misalnya rangkaian Malabar jadi 3K1+3K2+2K3+MP+2B bisa ga? kan cuma 11 kereta, jadi semestinya CC204 sehat pun masih bisa narik di medan pegunungan, baik Priangan maupun Malang-Blitar...
[/quote]

Ya seharusnya sih bisa
Kalo gw ga sala itung yak tp.
Reply


Messages In This Thread
Malabar dgn kelas uniknya - by Aliph Gajayana - 17-04-2010, 11:46 AM
RE: New KA MALABAR, Malang - Bandung Raya - by GusEva - 30-04-2010, 08:24 AM
RE: New KA MALABAR, Malang - Bandung Raya - by budiono_tri - 01-05-2010, 08:49 PM
RE: New KA MALABAR, Malang - Bandung Raya - by banggenjotbang - 27-05-2010, 04:32 PM
RE: New KA MALABAR, Malang - Bandung Raya - by iqbal chen - 17-04-2011, 01:45 PM
All about ka argo jati - by muhammad bilal - 22-05-2011, 12:48 PM
RE: All about ka argo jati - by d'tRAiNeR - 22-05-2011, 12:57 PM
Rencana PTKA Nonaktifkan K2 - by ArvendoGTASA - 22-05-2011, 08:35 PM
All about ka malabar - by muhammad bilal - 22-05-2011, 08:39 PM
RE: All about ka malabar - by gilang pratama - 23-05-2011, 12:23 AM
RE: All about ka malabar - by muhammad bilal - 23-05-2011, 07:34 AM
RE: All about ka malabar - by gilang pratama - 23-05-2011, 04:50 PM
New ka malabar - by muhammad bilal - 23-05-2011, 07:27 PM
Satu KA, Dua Nama.. - by ArvendoGTASA - 10-08-2011, 02:27 PM
Malabar - by Billy Dancing - 07-11-2011, 02:49 PM
RE: Malabar - by Smidi_cahbagus - 07-11-2011, 05:34 PM
RE: Malabar - by d'tRAiNeR - 07-11-2011, 06:00 PM
RE: Malabar - by Smidi_cahbagus - 07-11-2011, 06:02 PM
RE: Malabar - by d'tRAiNeR - 07-11-2011, 06:11 PM
RE: Malabar - by Smidi_cahbagus - 07-11-2011, 06:33 PM
Malabar - by Billy Dancing - 07-11-2011, 07:39 PM
RE: Malabar - by suhari.primo - 08-11-2011, 02:30 PM
RE: Malabar - by d'tRAiNeR - 08-11-2011, 02:51 PM
RE: Malabar - by love_alisa - 08-11-2011, 05:28 PM
RE: Malabar - by Warteg - 08-11-2011, 05:32 PM
RE: All About KA MALABAR [Sejarah, Diskusi] - by Andrew_CN - 09-03-2013, 09:57 PM
MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by wilapri - 30-04-2010, 07:02 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by heroex - 30-04-2010, 09:09 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by acka21 - 30-04-2010, 09:15 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by ajuy - 30-04-2010, 09:17 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by acka21 - 30-04-2010, 09:42 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by acka21 - 01-05-2010, 12:29 AM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by syauqi - 01-05-2010, 10:54 AM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by rayka - 03-05-2010, 10:51 AM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by Agung - 03-05-2010, 02:38 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by g10d - 03-05-2010, 02:57 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by Agung - 03-05-2010, 03:07 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by g10d - 03-05-2010, 03:10 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by g10d - 04-05-2010, 12:15 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by Warteg - 04-05-2010, 07:51 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by g10d - 05-05-2010, 10:39 AM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by Agung - 05-05-2010, 02:05 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by Agung - 06-05-2010, 12:43 AM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by Adolph - 06-05-2010, 02:16 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by JaY - 07-05-2010, 03:54 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by Adolph - 07-05-2010, 10:13 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by g10d - 08-05-2010, 09:10 AM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by Adolph - 08-05-2010, 03:53 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by animaX - 08-05-2010, 10:08 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by Warteg - 14-05-2010, 02:05 PM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)