07-12-2013, 09:51 AM
Bogor - Cibadak : 39 km
Cibadak - Sukabumi : 18 km
Sukabumi - Cianjur : 38 km
Cianjur - Padalarang : 45 km
Padalarang - Bandung : 14 km
Meskipun jalur cianjur - padalarang cuma 45 km, tapi kondisi prasarana rel yang tetep lapuk menjadi pertimbangan pt spur untuk mengoperasikan ka dari bogor hanya sampe stasiun cianjur. Kalo dibandingkan dengan argo karet tergantung arahnya. Arah bandung - bogor justru lebih cepat karena jalanan menurun, minimal 3 jam pokoknya tergantung kondisi jalan tol, paling cepet 2,5 jam . Sekarang sudah ada rute baru Bandung - Leuwiliang (kab bogor barat), tentunya banyak menjaring penumpang sepanjang leuwiliang, ciampea, dramaga (kampus ipb), yasmin - jalan baru, toll Borr. Sebenarnya kendala utama kenapa masih mikir2 nerusin ke bandung ya kondisi relnya itu. Pernah aye denger ibu2 di Sukabumi pengen ada kreta tujuan ke bandung karena letak stasiun yang ditengah kota dket pasar baru, itu kelebihan kreta.. Tahun 2014 jalan yang diupgrade menjadi R54 baru ruas bogor - cicurug sedangkan sisanya baru sebatas perbaikan sinyal dan penguatan jembatan.
Cibadak - Sukabumi : 18 km
Sukabumi - Cianjur : 38 km
Cianjur - Padalarang : 45 km
Padalarang - Bandung : 14 km
Meskipun jalur cianjur - padalarang cuma 45 km, tapi kondisi prasarana rel yang tetep lapuk menjadi pertimbangan pt spur untuk mengoperasikan ka dari bogor hanya sampe stasiun cianjur. Kalo dibandingkan dengan argo karet tergantung arahnya. Arah bandung - bogor justru lebih cepat karena jalanan menurun, minimal 3 jam pokoknya tergantung kondisi jalan tol, paling cepet 2,5 jam . Sekarang sudah ada rute baru Bandung - Leuwiliang (kab bogor barat), tentunya banyak menjaring penumpang sepanjang leuwiliang, ciampea, dramaga (kampus ipb), yasmin - jalan baru, toll Borr. Sebenarnya kendala utama kenapa masih mikir2 nerusin ke bandung ya kondisi relnya itu. Pernah aye denger ibu2 di Sukabumi pengen ada kreta tujuan ke bandung karena letak stasiun yang ditengah kota dket pasar baru, itu kelebihan kreta.. Tahun 2014 jalan yang diupgrade menjadi R54 baru ruas bogor - cicurug sedangkan sisanya baru sebatas perbaikan sinyal dan penguatan jembatan.