21-10-2011, 10:25 PM
menurut saya bukan letak ibukota yang jadi masalah, tapi bagaimana peran serta dan kebijakan pemerintah dalam membangun transportasi darat.. untuk masalah lahan, kalau cukup membangun jalan tol, kenapa nggak cukup untuk membangun jaringan KA? masalah okupansi juga belum maksimal karena kebijakan pemerintah yang sampai saat ini masih "menganaktirikan" kereta api.. berbagai masalah seakan dibuat-buat oleh pemerintah dan diberikan ke kereta api seperti dana PSO yang hanya cair tidak lebih dari 25%, kebijakan pelarangan menaikan tarif KA ekonomi, tidak adanya subsidi BBM yang diberikan, sampai biaya perawatan sarana dan prasarana yang dibebankan ke kereta api.. akibatnya kereta api kekurangan dana untuk merawat dan meningkatkan fasilitas dan kenyamanan bagi pnp, sedangkan para pesaing kereta api justru diuntungkan dengan berbagai kebijakan seperti penggunaan BBM bersubsidi, tidak ada tanggungan untuk merawat sarana lintas, serta pembangunan berbagai fasilitas seperti jalan tol yang tentunya berdampak pada kemampuan perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.. sebuah persaingan tidak sehat tho?