Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Sistem Kelistrikan Kereta Listrik
#34
ikutan ya. kebetulan ane kuliah ambil elektro dan peminatannya power electronics and drives system. ane juga pernah ngambil penelitian di dipo depok seputar propulsi KRL, soalnya nih dipo deket ama kampus ane yg minggir rel di margonda. hehe

kalo info dr teknisi dipo holec, hyundai, Kfw itu semua traksinya AC. Yg DC itu cm kereta lungsuran jepang. itupun teknologinya macemmacem yg dr jepang, ada yg pling uzur itu si rheo. itu teknologi efisiensinya kerja mesinnya udah paling rendah banget. makannya udah ga recommended di jaman sekarang. terus buat krl yg udah make switching tech buat propulsi itu jg ga semua lgsg make chopper. yg udah make full chopper itu cuma TM6000, TM7000, sm TM05. sedangkan Tokyu 8000/8500 itu masih pake kombinasi rheo plus chopper, jd belum murni chopper. bahkan JR103, JR203, sm Toei 6000 juga masih full rheostatik. sebenernya gampang bgt tau propulsi, sering2 tengok kolong aja. kl masih banyak gantungan resistor berarti masih ngelibatin sistem rheostatic buat propulsinya. krn klpun ada resistor yg buat listrik bantu, ga akan banyak krn arus (listrik) buangannya ga sebesar arus buangan buat propulsi. Yah seperti yg kita tau arus buangan ini harus cepet dibuang supaya ga bikin panas berlebih yg akhirnya bs bikin kebakaran.

emang sistem propulsi AC itu udah jauh lebih efisien drpd DC. krn yg paling gampang aja deh, motor DC kan butuh sikat arang atau Carbon Brush buat ngasilin tegangan searahnya itu. dan itu selain butuh duit lebih jg buat perhatian lebih krn kan harus dicek berkala buat ganti si brush, sedangkan kl AC ga butuh apa2. Nah kekurangan AC adalah katenari kita itu voltasenya ga stabil di 1500, kadang naik kadang turun. sedangkan kl holec dulu tegangan kerjanya AC dan lebih tinggi dr katenari (seinget gue 2500 VAC) makannya udah kudu di invert jd AC, kudu naik pula tegangannya jd 2500. mana gitu hubungan motornya holec itu seri antar kereta. makannya begitu satu panto drop tegangannya, motornya ya kepengaruh. sedangkan yg krl jepang itu motornya di paralel, makannya walopun satu panto drop nangkep, ga akan pengaruh banyak krn hubungannya di paralel. inget kan dulu fisika, kl lampu di seri, satu mati yg lain mati krn arusnya kan sejalur. sedangkan paralel ya bs dibilang lebih robust lah, hehe

Terus regenerative braking itu emang bs diterapin disemua krl yg DC, krn regenerative braking itu termasuk mode kerja motor listrik DC (kl AC gue kurang tau) selain forward motoring, reverse. Dan di jabotabek krlnya bisa nerapin regenative braking. Tapi tegangan yg di feedback ke grid (atau disini ke katenari) cuma bs dipake buat beban lain di katenari itu atau beban disini ya KRL lain yg make katenari yg sama (jalur yg sama). Kalo misalnya di jalur yg sama itu (di katenari yg sama) ga ada KRL yg lain yg jalan, si regenerative braking ini ga bisa dipake krn justru bs bikin tegangan katenari jd ga stabil (ga 1500VDC) lagi. tp kata orang dipo ini mah ga mungkin, jd regenerative braking msh tetep bs dipake kl jam operasional. lagian rem krl jg kombinasi antara rem regenative dan rem pneumatik.
Selain itu alasan lain adalah di Indonesia sendiri nyuplai balik ke grid itu dilarang dan belum ada undang-undangnya jd melawan hukum! makannya sampe sekarang belum ada kan pihak swasta atau individu yg jualan listrik ke pln lewat nyuplai balik grid? krn emang dilarang. jd suplai yg dibalikin ke katenari cm bs dimanfaatin sm krl lain tp belum bs untuk keperluan lain. lagipula sistem transmisi kita kan msh HVAC sedangkan katenari kan HVDC jd ya mesti di invert dulu biar bs nyambung ke transmisi PLN. hehe

sekian dr apa yg ane tau dr bacotan profesor ane dan penjelasan tementemen di dipo depok dulu. semoga berkenan ya.

cheers~
Reply


Messages In This Thread
Sistem Kelistrikan Kereta Listrik - by eling - 30-01-2011, 12:22 AM
RE: Sistem Kelistrikan Kereta Listrik - by eling - 30-01-2011, 08:35 AM
RE: Sistem Kelistrikan Kereta Listrik - by eling - 30-01-2011, 08:53 AM
RE: Sistem Kelistrikan Kereta Listrik - by eling - 31-01-2011, 04:20 PM
RE: Sistem Kelistrikan Kereta Listrik - by plumesky - 21-12-2013, 09:27 PM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)