16-07-2013, 10:57 AM
belum tentu SH juga kok. Gopar ama Gojat sering pake LH juga baik dari/ke Jakarta. Kalo dinasan loko sih tergantung loko mana yg SO (siap operasi) ketika KA mau dinas. Tapi sepengamatan ane loko yg dipake biasanya juga dari daop (dalam hal ini DIPO) yg sama dengan daop pemilik KA tersebut. CMIIW
[/quote]
oh kecuali gopar gojat ya..model ABA, Taksaka, Dwipangga, Lawu, Gajayana, Bima Sembrani, Bangunkarto itu sepengamatan gw selalu SH..
[/quote]
Gopar & Gojat sering juga kok SH. Tapi dibandingin KA jarak jauh lainnya setau ane emang dua KA ini yg sering SH. Mungkin lebih karena jarak tempuh yg lebih deket. Kalo KA lain semacem ABA, Lawu, BK yg jaraknya jauh2 kasian juga masinisnya karena pandangan jadi lebih terbatas. Selain itu kenapa lebih sering SH karena supaya tingkat keausan roda di kedua sisi bisa seimbang. Misal KA dari Jakarta yg ke SLO mungkin akan banyak melewati tikungan ke kanan. Dalam posisi SH pasti tekanan pada roda akan banyak di roda sisi sebelah kanan. Nah untuk menyeimbangkannya, waktu KA tersebut balik ke Jakarta, posisi lok juga SH dengan tujuan supaya tekanan berganti lebih banyak di roda di sisi sebelah kiri. Kalo posisi LH ntar tekanan banyak di roda sebelah kanan lagi. Takutnya cepet aus gitu. CMIIW
oke sekarang