Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Pengurangan Jadwal KRL Commuter Line JABODETABEK
#49
Ternyata sempat kepikiran juga mau pakai KRDE.Walau pun gagal.Sakit
Quote:KRDE batal dioperasikan
JAKARTA: Kementerian Perhubungan akhirnya memutuskan untuk tidak mengoperasikan kereta rel diesel elektrik atau KRDE untuk menggantikan 29 kereta rel listrik yang dibatalkan untuk rute Bogor-Jakarta-Bogor pada 19 Oktober-29 November 2011.

Dengan demikian, Kemenhub tidak jadi memberikan alternatif transportasi pengganti untuk menampung 30.000 calon penumpang KRL Bogor-Jakarta-Bogor yang tidak terangkut karena dibatalkan selama pengerjaan pembangunan dan perbaikan gardu listrik aliran atas (LAA).

"Kami memutuskan tidak jadi menggunakan KRDE untuk menggantikan KRL Jabodetabek yang dibatalkan operasionalnya selama pengerjaan gardu LAA," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S. Ervan hari ini.

Dia menambahkan tidak jadinya penggunaan KRDE ini karena setelah melakukan evaluasi, ternyata secara teknis tidak dimungkinkan, yakni tidak bisa menggantikan operasional KRL. "Dari sisi teknis, tidak cocok KRDE dengan KRL, baik untuk rel, masinis maupun hal-hal lainnya," kata dia.

Sebelumnya, Direktur Prasarana Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Arief Heryanto mengatakan kemungkinan akan ada dua KRDE yang didatangkan langsung dari PT Inka Madiun yang baru selesai dibangun. Kedua KDRE ini akan menggantikan sementara KRL rute Bogor-Jakarta-Bogor yang dihentikan perjalanannya selama penambahan pasokan listrik di rute ini.

Menurut Arief, dipilihnya KRDE sebagai pengganti sementara KRL ini karena tidak perlu menggunakan listrik. Namun akibatnya harus dipertimbangkan tempat pengisian bahan bakarnya, ketersediaan masinis dan tempat parkir keretanya. Selain itu, akselerasi kecepatan laju KRDE lebih rendah ketimbang KRL yakni hanya 0,3 meter/detik2 sedangkan KRL 08 meter/detik2.

Kemenhub akan bangun enam gardu LAA baru dan memperbaiki tujuh gardu LAA. Pembangunan gardu baru ini untuk menambah pasokan listrik sebanyak 22.000 kW untuk meningkatkan kehandalan operasional kereta rel listrik di Jabodetabek sehingga total menjadi 127.500 kW.

Akibat penambahan listrik di gardu ini, sebanyak 29 perjalanan kereta dari dan ke Bogor dibatalkan atau tidak diberangkatkan dari total KRL Jabodetabek yang beroperasi 460 perjalanan per hari.

Pembangunan enam gardu listrik aliran atas (LAA) dilakukan di Bojonggede 4.000 kilowatt (KW), Depok 6.000 kW, Lenteng Agung 4.000 kW, Pasar Minggu 4.000 kW, Pasar Senen 4.000 kW, dan Cicayur 3.000 kW, namun 3.000 kW menggantikan gardu lama di Bojonggede, sehingga total menjadi 22.000 kW. Untuk rehabilitasi tujuh gardu LAA dilakukan di Kedung Badak, Cilebut, Citayam, Jatinegara, Karet, Limo, dan Jurangmangu. (sut)

Sumber:
Memangnya Masinis KRL tidak bisa bawa KRDE??Bingung
5 tahun yang lalu Dipo BOO masih punya KRDH.
Mass & Teknisi Dipo masih paham soal KRD. Pengisian HSD bisa di Dipo BOO, selama ini KRD NR sering isi HSD di Dipo BOO. Sakit
Reply


Messages In This Thread
RE: Pengurangan Jadwal KRL Commuter Line JABODETABEK - by ahmadi - 20-10-2011, 03:23 AM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)