Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 11 Votes - 2.91 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Jalur ka nonaktif kebanyakan dahulu bukan punya SS/ NIS (1)

Post: #1
Jalur ka nonaktif kebanyakan dahulu bukan punya SS/ NIS
25-Jul-2012 23:09 PM

kuli bangunan
Parahyangan


*

Offline

Posts: 344
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 11 posts
Joined: May 2012
Reputation: 2



Buat para railfan di sini, kl kita perhatikan jalur2 ka nonaktif di Pulau Jawa dahulu kebanyakan bukan dioperasikan oleh SS maupun NIS.
Contoh :
* Purwokerto-Wonosobo milik SDS
* Semarang-Demak milik ???
* Babat-Jombang milik BDSM
Dll.
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #2
RE: Jalur ka nonaktif kebanyakan dahulu bukan punya SS/ NIS
30-Jul-2012 11:08 AM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,581
Likes Given: 32
Likes Received: 27 in 38 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



ya. sebagian besar adalah milik maskapai stoomtram alias perusahaan trem wap. karena kelasnya adalah trem/kereta ringan, kebanyakan jalurnya berada dipinggir jalan raya. dan ketika jalan raya semakin berkembang maju, maka jalur trem2 tersebut semakin terdesak dan kalah bersaing oleh moda jalan raya seperti mobil, bus, dan truk.

tapi tidak semua jalur mati adalah non NIS/SS. beberapa jalur mati NIS/SS:

jalur mati NIS:
  • jalur di yogya selatan
  • jalur yogya-magelang-secang-parakan
  • jalur secang-ambarawa-kedungjati
  • jalur wonogiri-baturetno
  • jalur solo-boyolali
  • jalur rembang-bojonegoro
  • jalur merakurak-tuban-babat


jalur mati SS:
  • jalur mati di jawa barat + banten, kecuali cirebon-kadipaten (SCS)
  • jalur madiun-ponorogo-slahung
  • jalur trenggalek-tugu
  • jalur klakah-lumajang
  • jalur selatan jember dan banyuwangi
  • jalur kalisat-panarukan
  • jalur mati aceh
  • jalur mati di sumatera barat


tetapi ada beberapa jalur kereta api aktif sekarang adalah milik maskapai lain selain NIS/SS:
  • jalur tegal-balapulang-prupuk (SCS)
  • jalur semarang-cirebon (SCS)
  • seluruh jalur sumatra utara (DSM)


kemungkinan besar alasan mengapa SCS (semarang cheribon stoomtram mij) dapat survive dari kematian jalur2 trem sebagaimana maskapai yang lain, adalah karena SCS mengupgrade sebagian besar jalur mereka (terutama cirebon-semarang) dari kelas trem ke kelas kereta api berat (heavy rail) mulai 1914, dan menjadi mitra kerja penting dari maskapai SS untuk melayani kereta api penumpang jakarta-semarang. sampai tahun 1940, jalur ini sudah bisa dipacu 75 km/h.

berikut ini adalah daftar berbagai maskapai kereta api dan trem yang dulu pernah beroperasi di seluruh indonesia. diambil dari artikel yang dibuat mas indra krishnamurti:



sumber: http://keretapi.tripod.com/history.html

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #3
RE: Jalur ka nonaktif kebanyakan dahulu bukan punya SS/ NIS
30-Jul-2012 11:25 AM

abdisetiawan
jokine spoor mbeluk


*

Offline

Posts: 37
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 3 posts
Joined: Jun 2012
Reputation: 0



(25-Jul-2012 23:09 PM)kuli bangunan Wrote:  Buat para railfan di sini, kl kita perhatikan jalur2 ka nonaktif di Pulau Jawa dahulu kebanyakan bukan dioperasikan oleh SS maupun NIS.
Contoh :
* Purwokerto-Wonosobo milik SDS
* Semarang-Demak milik ???(SJS)
* Babat-Jombang milik BDSM
Dll.
(SJS)semarang joana stoomtram masscaapijj
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #4
RE: Jalur ka nonaktif kebanyakan dahulu bukan punya SS/ NIS
30-Jul-2012 15:18 PM

enrico
Railfans Engineer


*

Offline

Posts: 1,373
Likes Given: 7
Likes Received: 2 in 9 posts
Joined: Aug 2008
Reputation: 12



(30-Jul-2012 11:08 AM)ady_mcady Wrote:  ya. sebagian besar adalah milik maskapai stoomtram alias perusahaan trem wap. karena kelasnya adalah trem/kereta ringan, kebanyakan jalurnya berada dipinggir jalan raya. dan ketika jalan raya semakin berkembang maju, maka jalur trem2 tersebut semakin terdesak dan kalah bersaing oleh moda jalan raya seperti mobil, bus, dan truk.

tapi tidak semua jalur mati adalah non NIS/SS. beberapa jalur mati NIS/SS:

jalur mati NIS:
  • jalur di yogya selatan
  • jalur yogya-magelang-secang-parakan
  • jalur secang-ambarawa-kedungjati
  • jalur wonogiri-baturetno
  • jalur solo-boyolali
  • jalur rembang-bojonegoro
  • jalur merakurak-tuban-babat


jalur mati SS:
  • jalur mati di jawa barat + banten, kecuali cirebon-kadipaten (SCS)
  • jalur mati aceh
  • jalur mati di sumatera barat


tetapi ada beberapa jalur kereta api aktif sekarang adalah milik maskapai lain selain NIS/SS:
  • jalur tegal-balapulang-prupuk (SCS)
  • jalur semarang-cirebon (SCS)
  • seluruh jalur sumatra utara (DSM)


kemungkinan besar alasan mengapa SCS (semarang cheribon stoomtram mij) dapat survive dari kematian jalur2 trem sebagaimana maskapai yang lain, adalah karena SCS mengupgrade sebagian besar jalur mereka (terutama cirebon-semarang) dari kelas trem ke kelas kereta api berat (heavy rail) mulai 1914, dan menjadi mitra kerja penting dari maskapai SS untuk melayani kereta api penumpang jakarta-semarang. sampai tahun 1940, jalur ini sudah bisa dipacu 75 km/h.

berikut ini adalah daftar berbagai maskapai kereta api dan trem yang dulu pernah beroperasi di seluruh indonesia. diambil dari artikel yang dibuat mas indra krishnamurti:



sumber: http://keretapi.tripod.com/history.html

penjelasan yang memuaskan mas ady New_xiexie
sayang sekali, periode tahun 70an dan 80an pemerintah banyak meng-upgrade jalan raya namun tidak dengan jalan rel, sehingga kalah saing New_demam

Obsesi: Bikin perusahaan KA sendiri New_ngiler
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #5
RE: Jalur ka nonaktif kebanyakan dahulu bukan punya SS/ NIS
31-Jul-2012 23:25 PM

kuli bangunan
Parahyangan


*

Offline

Posts: 344
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 11 posts
Joined: May 2012
Reputation: 2



Bukannya jakarta-surabaya lewat lintas utara dulunya putus2 ya...seperti jalur milik SS di CN yg malah belok ke selatan menuju PWT...sedang milik SCS hanya melayani dr SMC ke CNP...SMC milik SCS ga nyambung dengan SMT yg milik NIS...kl jalur ke Demak yg milik SJS punya line sendiri untuk masuk ke SMT n punya persilangan dengan jalur NIS di Pengapon dimana jalur NIS lanjut ke ATA sedang jalur SJS ke Jurnatan...
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #6
RE: Jalur ka nonaktif kebanyakan dahulu bukan punya SS/ NIS
01-Aug-2012 04:54 AM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,581
Likes Given: 32
Likes Received: 27 in 38 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



(31-Jul-2012 23:25 PM)kuli bangunan Wrote:  Bukannya jakarta-surabaya lewat lintas utara dulunya putus2 ya...seperti jalur milik SS di CN yg malah belok ke selatan menuju PWT...sedang milik SCS hanya melayani dr SMC ke CNP...

ya memang betul. setahu saya layanan jakarta-surabaya yang dikelola SS itu tidak pernah lewat utara. dari jaman jalur pertama trans jawa lewat bogor, bandung, kereta eendagsche express dan nacht express selalu lewat jalur milik SS yang lewat selatan (yogya-solo). mungkin kalau lewat utara ribet barangkali urusannya karena harus kerjasama antar 3 maskapai sekaligus (SS-SCS-NIS).

sementara kereta api penumpang yang lewat utara saat itu hanya jurusan jakarta-semarang saja. yaitu kerjasama antar maskapai (SS dan SCS).

kalau stasiun CN, saya belum tahu apakah CN itu milik SS atau SCS. tapi yang pasti, jalur SCS itu tidak mentok sampai cirebon saja. jalur ke kadipaten juga milik mereka.

(31-Jul-2012 23:25 PM)kuli bangunan Wrote:  SMC milik SCS ga nyambung dengan SMT yg milik NIS...kl jalur ke Demak yg milik SJS punya line sendiri untuk masuk ke SMT n punya persilangan dengan jalur NIS di Pengapon dimana jalur NIS lanjut ke ATA sedang jalur SJS ke Jurnatan...

ya, memang jalur SCS hanya sampai SMC. tapi bukan berarti antara SMC dan SMT tidak nyambung. ada jalur sambungan tapi memang bukan jalur utama melainkan jalur pelabuhan. menurut yang saya tahu, kalau mau melakukan perjalanan dari SMC ke SMT harus putar balik lewat pelabuhan dulu.

jalur shortcut SMC-SMT dibangun akhir2 tahun 41 menjelang perang dunia 2, kemungkinan untuk memperlancar logistik tentara.

ya betul, jalur NIS dan SJS saling bersilang lewat wessel silang/kruispunt.

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #7
RE: Jalur ka nonaktif kebanyakan dahulu bukan punya SS/ NIS
01-Aug-2012 23:17 PM

kuli bangunan
Parahyangan


*

Offline

Posts: 344
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 11 posts
Joined: May 2012
Reputation: 2



Ya memang jalur ke kadipaten itu milik SCS yg menghubungkan CNP ke Kadipaten lewat CN, jalur lain milik SCS adalah jalur PPK - TG. Jalur Kadipaten milik SCS lewat CN ( sta milik SS ) adalah untuk angkutan barang yg menghub pabrik gula di kadipaten buat diangkut ka milik pemerintah ( SS )
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #8
RE: Jalur ka nonaktif kebanyakan dahulu bukan punya SS/ NIS
02-Aug-2012 15:15 PM

enrico
Railfans Engineer


*

Offline

Posts: 1,373
Likes Given: 7
Likes Received: 2 in 9 posts
Joined: Aug 2008
Reputation: 12



yang paling disayangkan jalur perusahaan trem terpanjang yaitu SJS sudah hilang sama sekali Sad
padahal menghubungkan semarang dengan seluruh kota2 dibagian timur semarang.

Obsesi: Bikin perusahaan KA sendiri New_ngiler
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #9
RE: Jalur ka nonaktif kebanyakan dahulu bukan punya SS/ NIS
05-Aug-2012 04:07 AM

rayhan cc 204
KA SENJA UTAMA MERAK


*

Offline
RailTracker

Posts: 156
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 2 posts
Joined: Jun 2012
Reputation: 1



Kalau jalur karawang-cikampek via wadas siapa yg mengelola ? New_bingung

Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #10
RE: Jalur ka nonaktif kebanyakan dahulu bukan punya SS/ NIS
05-Aug-2012 05:42 AM

phepe_ph
Argo Rider


*

Offline

Posts: 1,486
Likes Given: 2
Likes Received: 9 in 25 posts
Joined: Jul 2009
Reputation: 5



Di Banjarnegara juga kepunyaan SS lho~

Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #11
RE: Jalur ka nonaktif kebanyakan dahulu bukan punya SS/ NIS
05-Aug-2012 09:46 AM

kuli bangunan
Parahyangan


*

Offline

Posts: 344
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 11 posts
Joined: May 2012
Reputation: 2



(05-Aug-2012 05:42 AM)phepe_ph Wrote:  Di Banjarnegara juga kepunyaan SS lho~


jalur banjarnegara milik SDS karena merupakan jalur cabang dr jalur utama SDS sta purwokerto - sta wonosobo

Mungkin itu gerbong adalah tinggalan SS yg dipakai PNKA (Perusahaan Nasional Kereta Api) setelah nasionalisasi perusahaan2 milik belanda di indonesia...
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #12
RE: Jalur ka nonaktif kebanyakan dahulu bukan punya SS/ NIS
06-Aug-2012 17:26 PM

antonius_123
Parahyangan


*

Offline

Posts: 444
Likes Given: 2
Likes Received: 8 in 15 posts
Joined: Sep 2011
Reputation: 11



jalur2 mati daerah Bandung ke Selatan seperti jalur Garut Cikayang siapa punya? Kayaknya bukan Trem jadi mustinya punya SS.
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #13
RE: Jalur ka nonaktif kebanyakan dahulu bukan punya SS/ NIS
06-Aug-2012 19:24 PM

van Baso
Plymouth


*

Offline

Posts: 700
Likes Given: 2
Likes Received: 10 in 15 posts
Joined: Aug 2010
Reputation: 6



(05-Aug-2012 04:07 AM)rayhan cc 204 Wrote:  Kalau jalur karawang-cikampek via wadas siapa yg mengelola ? New_bingung

Harusnya punya SCS karena SCS yang ngelola jalur Karawang - Cirebon
Lagipula;
Karawang - Rengasdengklok
Karawang - Wadas
Cikampek - Wadas
Cikampek - Cilamaya
Bukan hanya untuk angkutan penumpang ajah, tapi digunakan juga untuk angkutan barang (beras, hasil perkebunan, dan peternakan) pada jamannya

Plymouth PKC menuju hari kejayaannya dengan angkutan yang berbeda, yaitu BATUBARA

walau koleksi foto belon banyak
koleksi foto saya
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #14
RE: Jalur ka nonaktif kebanyakan dahulu bukan punya SS/ NIS
10-Aug-2012 15:44 PM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,581
Likes Given: 32
Likes Received: 27 in 38 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



(06-Aug-2012 19:24 PM)van Baso Wrote:  
(05-Aug-2012 04:07 AM)rayhan cc 204 Wrote:  Kalau jalur karawang-cikampek via wadas siapa yg mengelola ? New_bingung

Harusnya punya SCS karena SCS yang ngelola jalur Karawang - Cirebon
Lagipula;
Karawang - Rengasdengklok
Karawang - Wadas
Cikampek - Wadas
Cikampek - Cilamaya
Bukan hanya untuk angkutan penumpang ajah, tapi digunakan juga untuk angkutan barang (beras, hasil perkebunan, dan peternakan) pada jamannya

dulu punya karawang stoomtram, tapi diakuisisi oleh SS.

saya kok meragukan jalur karawang-cirebon dikelola oleh SCS. sebab yang saya tahu, jalur cikampek-cirebon itu dibuat oleh SS dalam rangka membuat shortcut lintas jakarta surabaya lewat purwokerto-kroya, yang menghemat 44 km ketimbang jalur lama yang lewat cikampek-bandung. juga bonus gradien yang lebih landai di pegunungan slamet.

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #15
RE: Jalur ka nonaktif kebanyakan dahulu bukan punya SS/ NIS
17-Aug-2012 22:17 PM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,581
Likes Given: 32
Likes Received: 27 in 38 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



(02-Aug-2012 15:15 PM)enrico Wrote:  yang paling disayangkan jalur perusahaan trem terpanjang yaitu SJS sudah hilang sama sekali Sad
padahal menghubungkan semarang dengan seluruh kota2 dibagian timur semarang.

betul. bayangkan saja ada 7 kabupaten yang berada diwilayah SJS. kota2 nya juga lumayan ramai. demak, kudus, pati, juwana, tayu, rembang, lasem. juga purwodadi, wirosari, blora.

patut disesali juga, kenapa dulu SJS hanya membangun jaringan kelas trem? coba kalau kelas kereta berat mungkin tidak ikut2 mati seperti yang lain.

"Out of Topic"
tapi karena wilayah muria ini tidak ada layanan kereta sejak dulu, efek sampingannya adalah armada bus nya keren2 dan bagus2. kelasnya dibanding wilayah lain sepertinya lebih lux dan berkelas.






"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)