Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Pemindahan Gerbong NR Kayu Balai Yasa Yogyakarta
#1
Maaf KAlo Repost, lanjutan dari tread terdahulu {Pemindahan Kereta Kayu CR Madura} Xie Xie

Pemindahan Gerbong NR Kayu Balai Yasa Yogyakarta

Sebagai bagian dari pengembangan Museum Ambarawa dan pelestarian aset sarana perkeretaapian yang bernilai sejarah, Pusat Pelestarian dan Benda Bersejarah PT. KAI (Persero) (23/2) memindahkan gerbong kayu penolong (NR) yang terdapat di Balai Yasa Yogyakarta. Gerbong NR bergandar 2 yang Mulai Dinas (MD) 1904 ini ditetapkan sebagai salah satu benda cagar budaya perkeretaapian Indonesia karena NR jenis seperti ini hanya tinggal 1 buah dan mempunyai bentuk interior dan eksterior yang antik.


Kondisi ekterior gerbong NR kayu yang terdapat di Balai Yasa Yogyakarta.


(1)


(2)

Keterangan photo 1 & 2 : Interior asli gerbong NR kayu, terdapat ornamen gambar tempat meletakan perkakas yang digunakan untuk mengevakuasi kereta bila terdapat gangguan.

Pemindahan gerbong NR ini dimulai pada pukul 10.05 pagi, selesai pada pukul 11.00, setelah dilakukan persiapan akhir dilanjutkan perjalanan selama 5 jam dari Yogyakarta ke Ambarawa. Selama perjalanan selalu dilakukan pengecekan sling, dan rantai penopang sebagai tindakan pengamanan.


(1)


(2)

Keterangan photo 1-4 : Pengangkatan gerbong NR ke atas truk pengangkut menggunakan forklift, dan persiapan pengiriman menuju Ambarawa.

Malam harinya setelah sampai di kompleks museum Ambarawa, gerbong tersebut diturunkan dengan menggunakan crane dan disimpan di spoor 2 emplasemen Museum Ambarawa. Gerbong NR kayu ini nantinya akan dikembalikan seperti bentuk asli dan dijadikan sebagai toko souvenir di kompleks Museum Kereta Api Ambarawa.


(1)


(2)

Keterangan photo 1-2 : proses penurunan gerbong NR kayu di emplasemen Museum Ambarawa.

Reply


Messages In This Thread
Pemindahan Gerbong NR Kayu Balai Yasa Yogyakarta - by denbagoes - 10-08-2012, 10:41 AM
Sudah selesai - by tegarz - 13-12-2012, 09:26 AM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)