29-10-2012, 05:28 PM
waalaikumsalam
saya benar2 baru tahu kalo Ratu Atut juga rekuest untuk penyediaan rute ke Bayah
sebagai tambahan, jalur ke Bayah menurut saya sekarang kurang tepat kalo dikatakan "rencana aktivasi jalur", karena peninggalan2 rel jembatan dsb udah ludes blas blas blas, ane hunting ga nemu sebatang rel pun bahkan pondasi jembatan juga udah dibuat rumah. Satu2nya cara ya "membuat jalur baru"
Dan, jika harus "buat baru", yang terbaik ya potong jalur Sukabumi-pl ratu. susur pantai
sori OOT
barangkali untuk KA Kalimaya ini, penerapan harga yang akan datang harus pertimbangin saingan dengan roda karet. Walaupun itu nantinya berimbas pada perhitungan keuntungan atau justru malah harus disubsidi.
ga bisa pake skema itung2an kereta ke timur, yang "harga non subsidi" nya bisa dibawah roda karet. Ini jalur barat ke Serang, hambatannya
1. lebih sepi
2. lebih pendek waktu tempuhnya (2 jam KA, bus paling 2-2.5 jam, no real difference), beda dengan arah timur yang perbedaan waktu tempuh KA dengan bus cukup signifikan
3. lebih mahal pula
padahal, yang lebih butuh KA model begini justru tujuan Sukabumi yang gemuk...luar biasa gemuk. Kalo ada yang sering lewat Ciawi-cicurug pasti tahu alasannya,,,,
sayang preman roda karetnya di jalur kendaraan SI lebih galak dari preman jalur ini
semoga suatu saat kereta lintas Banyuwangi-Banda Aceh akan terwujud saat aku masih hidup