Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 24 Votes - 3.04 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

[DULU DAN SEKARANG] INDUSTRI YANG MENGGUNAKAN JASA KA SEBAGAI ANGKUTAN BARANGNYA (1)

Post: #1
[DULU DAN SEKARANG] INDUSTRI YANG MENGGUNAKAN JASA KA SEBAGAI ANGKUTAN BARANGNYA
21-Nov-2012 13:48 PM

fitronarwani
Odong-Odong


*

Offline

Posts: 13
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Nov 2011
Reputation: 0



Penasaran aja,
Industri-industri yang pernah atau masih menggunakan kereta api sebagai angkutan barangnya.
Yang punya foto-foto jalur percabangan dan/atau jalur masuk pabriknya yang masih aktif ataupun yang non-aktif, termasuk dipo Pertamina, PT Pusri, PT Kertas Leces, PT Semen Gresik dll, silakan di share disini

Terima kasih
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #2
RE: [DULU DAN SEKARANG] INDUSTRI YANG MENGGUNAKAN JASA KA SEBAGAI ANGKUTAN BARANGNYA
21-Nov-2012 19:45 PM

megaloblast
Mochammad Bachtiar


*

Offline

Posts: 1,175
Likes Given: 3
Likes Received: 15 in 38 posts
Joined: Dec 2011
Reputation: 13



dulu POLRI mengangkut barang logistiknya menggunakan KA. ada sepur simpang dari stasiun cipinang ke gudang logistik SSARPRAS (dulu Djawatan Kepolisian Negara). yang telah dibongkar tahun 1982.
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #3
RE: [DULU DAN SEKARANG] INDUSTRI YANG MENGGUNAKAN JASA KA SEBAGAI ANGKUTAN BARANGNYA
22-Nov-2012 00:11 AM

Muhammad Dhafin Khomsah
Plasser & Theurer Crew


*

Offline

Posts: 779
Likes Given: 4
Likes Received: 5 in 8 posts
Joined: May 2009
Reputation: 13



Pupuk kujang karawang (?) dulu juga pake angkutan KA, sekarang jalurnya mati tapi lok penariknya masih ada di areal pabrik

Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #4
RE: [DULU DAN SEKARANG] INDUSTRI YANG MENGGUNAKAN JASA KA SEBAGAI ANGKUTAN BARANGNYA
22-Nov-2012 01:11 AM

van Baso
Plymouth


*

Offline

Posts: 712
Likes Given: 2
Likes Received: 10 in 15 posts
Joined: Aug 2010
Reputation: 6



Perasaan Gresik, Kujang, Leces udah ada tritnya masing-masing deh Kang

Plymouth PKC menuju hari kejayaannya dengan angkutan yang berbeda, yaitu BATUBARA

walau koleksi foto belon banyak
koleksi foto saya
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #5
RE: [DULU DAN SEKARANG] INDUSTRI YANG MENGGUNAKAN JASA KA SEBAGAI ANGKUTAN BARANGNYA
22-Nov-2012 10:53 AM

fitronarwani
Odong-Odong


*

Offline

Posts: 13
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Nov 2011
Reputation: 0



Boleh dikasih link kalo memang sudah ada tritnya, biar disatuin dan sebagai informasi kalo dulu industri kita pernah memakai kereta api sebagai angkutan barangnya.
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #6
RE: [DULU DAN SEKARANG] INDUSTRI YANG MENGGUNAKAN JASA KA SEBAGAI ANGKUTAN BARANGNYA
23-Nov-2012 07:19 AM

06051996 !!
Banned



Offline

Posts: 179
Likes Given: 0
Likes Received: 6 in 14 posts
Joined: Jul 2012



agak bingung juga sama ini thread, om momod mohon dibenerin klo salah New_bye
nyumbang:
1. PG. Madukismo terkoneksi dg rel Yogyakarta-Bantul, percabangan ada di St.Winongo. Baik rel lori maupun kereta sdh tidak aktif.
2. PG Gondang terkoneksi dg rel Yogyakarta-Solo, percabangan ada di St.Srowot. Percabangan sudah dicabut.
3. Bekas pabrik diselatan St.Walikukun dulunya jg terkoneksi dg rel kereta. Sisanya cuma eks wesel jalur 4-5 setelah PJL sebelum St.Walikikun dr arah barat.
4. PT. Sari Nabati Kebumen terkoneksi dg rel dari St.Kebumen. Sampai awal tahun 2000-an masih ada relnya, tapi setelah itu dicabut.
ada yang mau menambahkan mungkin?New_bye
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #7
RE: [DULU DAN SEKARANG] INDUSTRI YANG MENGGUNAKAN JASA KA SEBAGAI ANGKUTAN BARANGNYA
23-Nov-2012 08:53 AM

fitronarwani
Odong-Odong


*

Offline

Posts: 13
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Nov 2011
Reputation: 0



Yg di Walikukun itu bukannya gudang Pusri ya?

Sedikit cerita tentang Kertas Leces (KL) berdasar pengalaman pribadi saya.
Kebetulan dulu sering banget pejalanan Bangil-Lumajang PP naik mobil lewat depan pabriknya.
Angkutan barang KL adalah ketelan untuk bahan bakar pabrik (infonya diambil dari pelabuhan Probolinggo; rel untuk bongkar muat bahan bakar ke kiri setelah masuk pabrik, dibongkar duluan setelah KL pake pipa gas) dan angkutan untuk ngambil bahan baku kertas dari limbah tebu (bagas) (rel ke kanan sampai masuk di samping pabrik).
Dulu waktu pagar KL belum ditembok, masih berupa besi, masih bisa ngeliat rel yang menuju yard, rel yang menurun dan berbagi jembatan dengan jalan dan berkumpulnya gerbong-gerbong bagas di samping pabrik.
Dulu ada beberapa loading dock untuk bagas ini, yang saya tahu ada di Candi Sidoarjo (PG Candi), Ngopak Pasuruan (PG Kedawung) dan satu lagi daerah Malang (PG Krebet/Bululawang?), mungkin ada yang tahu dimana lagi loading dock-nya?
Jadi angkutan bagas ini dulu sering seliweran di stasiun Bangil, termasuk sempet ngeliat peristiwa "nggulingnya" kereta bagas di belokan masuk stasiun Bangil dari arah Malang
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #8
RE: [DULU DAN SEKARANG] INDUSTRI YANG MENGGUNAKAN JASA KA SEBAGAI ANGKUTAN BARANGNYA
23-Nov-2012 12:06 PM

TOM'S 21
berharap lok uap D52 hidup lagi


*

Offline

Posts: 143
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 2 posts
Joined: Jun 2012
Reputation: 0



PG. RejoAgung Madiun dulu juga terkoneksi jalur KA, percabangannya di depan dipo Pertamina, sekarang sudah dicabut dan jadi jalan raya,.. satu lagi TPK Perhutani Madiun dulu juga nyambung sama jalur KA, percabangannya di jalur Madiun-Ponorogo, cuman sekarang sudah jadi pemukiman penduduk,..
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #9
RE: [DULU DAN SEKARANG] INDUSTRI YANG MENGGUNAKAN JASA KA SEBAGAI ANGKUTAN BARANGNYA
23-Nov-2012 17:37 PM

imamutomo
suka kereta api


*

Offline

Posts: 50
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Aug 2012
Reputation: 0



pt krakatau steel juga

kikirikik
[/u][/size][/b][/font]
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #10
RE: [DULU DAN SEKARANG] INDUSTRI YANG MENGGUNAKAN JASA KA SEBAGAI ANGKUTAN BARANGNYA
23-Nov-2012 21:05 PM

fitronarwani
Odong-Odong


*

Offline

Posts: 13
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Nov 2011
Reputation: 0



angkutan KS itu masih aktif gak sih?
trus yg jalur masuknya dimana?
yg bersilangan kekanan dengan jalan ke anyer, atau yg lurus?
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #11
RE: [DULU DAN SEKARANG] INDUSTRI YANG MENGGUNAKAN JASA KA SEBAGAI ANGKUTAN BARANGNYA
23-Nov-2012 22:40 PM

Garry KAHP
Gumarang


*

Offline

Posts: 1,528
Likes Given: 6
Likes Received: 61 in 72 posts
Joined: Sep 2009
Reputation: 10



(23-Nov-2012 07:19 AM)06051996 Wrote:  1. PG. Madukismo terkoneksi dg rel Yogyakarta-Bantul, percabangan ada di St.Winongo. Baik rel lori maupun kereta sdh tidak aktif.

Bukannya PG Madukismo masih aktif ya lorinya ? Bahkan dulu ane sempet "wisata" bareng anak 2x SMA gw taun 2009 New_ngeledek

Facebook : Garry RP
Twitter : GarryKAHP
Flickr : GarryKAHP
Youtube : Gerikahp

Majulah Perkeretaapian Indonesia
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #12
RE: [DULU DAN SEKARANG] INDUSTRI YANG MENGGUNAKAN JASA KA SEBAGAI ANGKUTAN BARANGNYA
10-Dec-2012 00:34 AM

bad_boy
The Decauville Hunter


*

Offline

Posts: 182
Likes Given: 0
Likes Received: 2 in 7 posts
Joined: Dec 2010
Reputation: 13



fitronarwani Wrote:Penasaran aja,
Industri-industri yang pernah atau masih menggunakan kereta api sebagai angkutan barangnya.
Yang punya foto-foto jalur percabangan dan/atau jalur masuk pabriknya yang masih aktif ataupun yang non-aktif, termasuk dipo Pertamina, PT Pusri, PT Kertas Leces, PT Semen Gresik dll, silakan di share disini

Terima kasih

Maksudnya apa nih? Kalau tanya industri apa aja yang pake KA, ya banyak banget mas. Hampir semua industri di Indonesia dulu pake KA sebagai angkutan hasil jadinya. Yang jelas hampir semua Suikerfabriek (Pabrik Gula) pake KA, kecuali De Maas, De Muul, Olean, Assembagoes, Soemberhardjo, Pangkah, Ketegan, Bandjardowo, sama Wringin Anom. Industri lain misalnya Tapiocafabriek di kawasan Banjoemas, Jawa Tengah. Kalau mau ke kota2 gede seperti Surabaya, tambah banyak lagi. Di Surabaya ada Nederlands Indische Industrie, NV Braat & Co., Nederlands Indische Heineken Brewerij, Bataafsche Petroleum Maatschappij, NV. Phillips, British American Tobacco, dan masih banyak lagi. Kalau mau didaftar satu per satu, bisa jadi ada ratusan industri yang terkoneksi dengan jaringan kereta api jaman dulu.

06051996 Wrote:1. PG. Madukismo terkoneksi dg rel Yogyakarta-Bantul, percabangan ada di St.Winongo. Baik rel lori maupun kereta sdh tidak aktif.

Garry KAHP Wrote:Bukannya PG Madukismo masih aktif ya lorinya ? Bahkan dulu ane sempet "wisata" bareng anak 2x SMA gw taun 2009 New_ngeledek

Ane terakhir kesana bulan Juli 2012, rel ke kebun masih ada, dan tinggal satu, tapi uda ga aktif lagi. Terakhir tuh rel dipake untuk buang ampas/blotong tebu, tapi tahun ini (2012) pembuangan ampas/blotong tebu dilakukan didalam emplasemen PG.

SAY NO TO TOLLWAYS!! SAY YES TO RAILWAYS!!

Kunjungi flickr dan blog ane juga ya.

New_bye
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
Terowongan NASIB LAMPEGAN SEKARANG revisi dah ada fotonya abah wiranta 18 9,665 14-Nov-2013 16:33 PM
Last Post: masboleng
  Rel Industri Ngagel Surabaya jeremiah I.H 38 14,475 22-Aug-2012 01:03 AM
Last Post: bad_boy

Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)