Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 38 Votes - 3.18 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Jalur narrow gauge mati misterius Pulau Handeuleum, Ujung Kulon (1)

Post: #1
Jalur narrow gauge mati misterius Pulau Handeuleum, Ujung Kulon
05-Dec-2012 22:37 PM

jeremiah I.H
Senja Utama


*

Offline

Posts: 178
Likes Given: 0
Likes Received: 2 in 3 posts
Joined: Jul 2009
Reputation: 2



Ane nemuin foto jalur lori misterius terpendam air laut di Handeuleum, Ujung Kulon dari sini New_heran
rel "masuk" ke laut

bahkan masih ada roda eks gerbongnya!

Kata warga sekitar memperkuat bahwa rel dulunya mengkoneksikan Panaitan & daerah tsb tersimpan harta karun Belanda & jejak kereta api(?) krn ada bekas penjara disana.

Dikutip dari Komunitas Blogger Banten (sumber)
Pulau Panaitan merupakan sebuah pulau yang terletak paling barat di Ujung Semenanjung Taman Nasional Ujung Kulon yang dipisahkan oleh sebuah selat. Pulau Panaitan merupakan wilayah Taman Nasional Ujung Kulon yang tidak kalah eksotisnya denganPulau Peucang. Pulau dengan luas 17.000 Ha ini memiliki berbagai potensiwisatayang sangat menarik untuk dikunjungi baik berupa wisata Bahari, Adventure, maupun Sejarah dan Budaya.
Hutan dan bukit-bukit di Pulau Panaitan merupakan hutan yang masih asli dengan kombinasi vegetasi hutan mangrove, hutan pantai dan hutan hujan dataran rendah. Keadaan hutannya yang masih asli ini dihuni oleh berbagai jenis tumbuhan dan satwa liar seperti rusa, kancil, babi hutan, kera ekor panjang, buaya, kadal, ular phyton, dan aneka jenis burung.
Kawasan pantai Pulau Panaitan merupakan kawasan pantai berbatu dan berpasir putih yang luas dengan terumbu karang yang indah. kawasan tersebut sangat baik untukkegiatan wisata alam bahari seperti menyelam dan snorkeling. Gelombang ombak lautnya cukup tinggi juga sangat cocok juga bagi wisatawan yang mempunyai hoby yang sedikit ekstrim menantang dan menaklukan gulungan ombak pantai selatan untuk berselancar.
Di Pulau Panaitan ini juga terdapat sebuah Arca yang bernama Arca Ganesha beserta benda-benda peninggalan sejarah lainnya yang mempunyai nilai historis sangat tinggi dan merupakan peninggalan jaman hindu kuno, tepatnya di Puncak Gunung Raksa. Selain arca di Pulau Panaitan juga bisa kita temui sebuah lokomotif tua dan rel kereta api peninggalan zaman Belanda. Untuk mencapai tempat-tempat tertentu termasuk puncak gunung Raksa Pada beberapa bagian kawasan daratan pulau ini sudah tersedia jalan setapak untuk petualangan trekking yang sangat menantang.

Yang pasti adlh jalur lori yg kemungkinan utk tambang krn rel kereta eks.SS paling mentok sampai Labuan.
Ada yang tau lebih lanjut??New_bingung

Jual & terima pesanan lukisan KA unik & berseni tinggi klik disini
Ico_rodaterbang
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #2
RE: Jalur narrow gauge mati misterius Ujung Kulon
05-Dec-2012 22:57 PM

sultan rakyat
Parahyangan


*

Offline

Posts: 347
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 4 posts
Joined: Dec 2008
Reputation: 0



Keretapi laut ternyata ada tho..qiqiqiqiqi. Muantabssss
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #3
RE: Jalur narrow gauge mati misterius Ujung Kulon
05-Dec-2012 23:43 PM

gajayana
banned user


*

Offline

Posts: 1,708
Likes Given: 4
Likes Received: 33 in 39 posts
Joined: Aug 2008
Reputation: 21



pernah diliput di majalah KA nih kayaknya tapi lupa edisi berapa, rel pinggir laut... banyak pohon kelapanya... seingat saya cuma itu


Hasil karya saya covering lagu di SOUNDCLOUD, like ya
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #4
RE: Jalur narrow gauge mati misterius Ujung Kulon
05-Dec-2012 23:55 PM

jeremiah I.H
Senja Utama


*

Offline

Posts: 178
Likes Given: 0
Likes Received: 2 in 3 posts
Joined: Jul 2009
Reputation: 2



(05-Dec-2012 23:43 PM)gajayana Wrote:  pernah diliput di majalah KA nih kayaknya tapi lupa edisi berapa, rel pinggir laut... banyak pohon kelapanya... seingat saya cuma itu

Rasanya yg pernah cm jalur Saketi-Bayah yg dibangun pas romusha Jepang di edisi daop 1

Jual & terima pesanan lukisan KA unik & berseni tinggi klik disini
Ico_rodaterbang
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #5
RE: Jalur narrow gauge mati misterius Ujung Kulon
06-Dec-2012 00:36 AM

Avian D301
Odong-Odong


*

Offline

Posts: 28
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Jan 2011
Reputation: 0



berarti di daerah situ ada tambang ? tambang apa donk ......... penasaran jadinya deh

AKU SUKA KERETA API ..... DAN LOKOMOTIF YANG KU SUKA D301New_ngeledek[font=Tahoma][/font]
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #6
RE: Jalur narrow gauge mati misterius Ujung Kulon
06-Dec-2012 01:10 AM

gajayana
banned user


*

Offline

Posts: 1,708
Likes Given: 4
Likes Received: 33 in 39 posts
Joined: Aug 2008
Reputation: 21



(05-Dec-2012 23:55 PM)jeremiah I.H Wrote:  
(05-Dec-2012 23:43 PM)gajayana Wrote:  pernah diliput di majalah KA nih kayaknya tapi lupa edisi berapa, rel pinggir laut... banyak pohon kelapanya... seingat saya cuma itu

Rasanya yg pernah cm jalur Saketi-Bayah yg dibangun pas romusha Jepang di edisi daop 1

mungkin bener, makasih ralatnya
nih dapet foto lagi


Hasil karya saya covering lagu di SOUNDCLOUD, like ya
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #7
RE: Jalur narrow gauge mati misterius Ujung Kulon
06-Dec-2012 08:27 AM

deuxies
Kambing


*

Offline

Posts: 2
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Dec 2012
Reputation: 0



Awalnya saya mengira kalo batangan rel yg jadi pagar Longchamp sac jembatan itu didapat dari tukang besi di Malang. Namun, setelah saya amati dg seksama, saya meragukan kalo rel ini hanya sekedar dapat dari tukang besi, lebih2 di sekitar situ ada re sac longchamp l yg nancep di tanah.
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #8
RE: Jalur narrow gauge mati misterius Ujung Kulon
08-Dec-2012 20:16 PM

jeremiah I.H
Senja Utama


*

Offline

Posts: 178
Likes Given: 0
Likes Received: 2 in 3 posts
Joined: Jul 2009
Reputation: 2



(06-Dec-2012 08:27 AM)deuxies Wrote:  
"Out of Topic"
Awalnya saya mengira kalo batangan rel yg jadi pagar Longchamp sac jembatan itu didapat dari tukang besi di Malang. Namun, setelah saya amati dg seksama, saya meragukan kalo rel ini hanya sekedar dapat dari tukang besi, lebih2 di sekitar situ ada re sac longchamp l yg nancep di tanah.





Komennya ketukar sama thread sebelah

Jual & terima pesanan lukisan KA unik & berseni tinggi klik disini
Ico_rodaterbang
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #9
RE: Jalur narrow gauge mati misterius Pulau Handeuleum, Ujung Kulon
09-Dec-2012 07:59 AM

megaloblast
Mochammad Bachtiar


*

Offline

Posts: 1,175
Likes Given: 3
Likes Received: 14 in 37 posts
Joined: Dec 2011
Reputation: 13



(06-Dec-2012 01:10 AM)gajayana Wrote:  
(05-Dec-2012 23:55 PM)jeremiah I.H Wrote:  
(05-Dec-2012 23:43 PM)gajayana Wrote:  pernah diliput di majalah KA nih kayaknya tapi lupa edisi berapa, rel pinggir laut... banyak pohon kelapanya... seingat saya cuma itu

Rasanya yg pernah cm jalur Saketi-Bayah yg dibangun pas romusha Jepang di edisi daop 1

mungkin bener, makasih ralatnya
nih dapet foto lagi

ini dimana? New_bingung
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #10
RE: Jalur narrow gauge mati misterius Pulau Handeuleum, Ujung Kulon
09-Dec-2012 09:03 AM

KinjengCilik
Matarholic


*

Offline

Posts: 447
Likes Given: 4
Likes Received: 15 in 13 posts
Joined: Oct 2012
Reputation: 2



Bila dilihat dari lebar spoornya yang sempit memang sepertinya ditujukan untuk keperluan pertambangan tidak lain karena perkebunan tebu tidak mungkin ada di pulau.Loko_merahbiru

" Only an idiot people who driving on a sidewalk "
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #11
RE: Jalur narrow gauge mati misterius Pulau Handeuleum, Ujung Kulon
09-Dec-2012 11:28 AM

sonyazis
Parahyangan


*

Offline

Posts: 542
Likes Given: 4
Likes Received: 7 in 9 posts
Joined: Jan 2009
Reputation: 13



Tapi apa yg membuat jalur itu tenggelam? Seharusnya disitu tanah/railbed bukan?
Bagaimana bisa jadi laut???
Ada yg tahu?
New_bingung

Aku ingin striping dan livery kereta dan loko matching dan nyambung, kaya jaman K3 merah biru + loko merah biru pada era perumka...New_ngiler
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #12
RE: Jalur narrow gauge mati misterius Pulau Handeuleum, Ujung Kulon
09-Dec-2012 13:55 PM

fun_plano
Argo Jati


*

Offline

Posts: 1,091
Likes Given: 0
Likes Received: 5 in 8 posts
Joined: Oct 2009
Reputation: 10



(09-Dec-2012 11:28 AM)sonyazis Wrote:  Tapi apa yg membuat jalur itu tenggelam? Seharusnya disitu tanah/railbed bukan?
Bagaimana bisa jadi laut???
Ada yg tahu?
New_bingung

Di sumber (postingan awal) disebutkan katanya dulu pulaunya tidak terpisah, makanya dibuat jalur tersebut. Dan katanya seh untuk pertambangan batu bara.

Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #13
RE: Jalur narrow gauge mati misterius Pulau Handeuleum, Ujung Kulon
09-Dec-2012 16:39 PM

sonyazis
Parahyangan


*

Offline

Posts: 542
Likes Given: 4
Likes Received: 7 in 9 posts
Joined: Jan 2009
Reputation: 13



nah, itu dia om fun_plano, mengapa pulaunya jadi terpisah? Sebab bencana kah?
Unik sekali jalur ini...

Aku ingin striping dan livery kereta dan loko matching dan nyambung, kaya jaman K3 merah biru + loko merah biru pada era perumka...New_ngiler
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #14
RE: Jalur narrow gauge mati misterius Pulau Handeuleum, Ujung Kulon
09-Dec-2012 17:09 PM

Ryzky_Widi
HanYa RaiLFans Biasa


*

Offline

Posts: 1,398
Likes Given: 0
Likes Received: 7 in 21 posts
Joined: Sep 2009
Reputation: 26



Tapi sepertinya kalau saya lihat dari foto, selatnya dangkal, mungkin karena penurunan tanah di semenanjung, jadi air lautnya menggenangi, dan menjadi selat atau mungkin tsunami kecil.
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #15
RE: Jalur narrow gauge mati misterius Pulau Handeuleum, Ujung Kulon
09-Dec-2012 23:32 PM

bad_boy
The Decauville Hunter


*

Offline

Posts: 181
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 7 posts
Joined: Dec 2010
Reputation: 13



"Out of Topic"
Sebenernya ane sudah baca nih thread. Mau ngebalas ehhh, browser di hp BlackBerry error. Terpaksa balasnya sekarang. New_bethe






Back on Topic

Kembali ke pembahasan. Trims Jeremiah atas linknya. Thread yang menarik juga. Baru tau juga ane kalo di pulau sesempit Ujung Kulon juga terdapat narrow gauge. Coba ane post ke mailist RF2 luar. Mungkin ada yang tertarik. Ngomong2 kalau dilihat dari relnya, sepertinya rel tersebut memiliki lebar gauge 700 mm.

KinjengCilik Wrote:Bila dilihat dari lebar spoornya yang sempit memang sepertinya ditujukan untuk keperluan pertambangan tidak lain karena perkebunan tebu tidak mungkin ada di pulau.

fun_plano Wrote:Di sumber (postingan awal) disebutkan katanya dulu pulaunya tidak terpisah, makanya dibuat jalur tersebut. Dan katanya seh untuk pertambangan batu bara.

Menurut analisa ane, ane setuju dengan mas fun_plano. Pulau sekecil itu, kemungkinannya kecil banget untuk area perkebunan tebu atau kelapa sawit, karena area perkebunan tebu atau kelapa sawit memerlukan lahan yang luas. Lagipula ditengah2 itu juga memerlukan lahan ekstra untuk mendirikan bangunan guna memproses hasil alam, karena Belanda terkena dengan efisiensinya. Jadi kalau tambang itu benar. Nah masalahnya, kalau tambang, meskipun telah disebut di sumbernya, apakah benar itu batubara? Kenapa ga tambang minyak?

sonyazis Wrote:Tapi apa yg membuat jalur itu tenggelam? Seharusnya disitu tanah/railbed bukan?
Bagaimana bisa jadi laut???
Ada yg tahu?

New_bingung

fun_plano Wrote:Di sumber (postingan awal) disebutkan katanya dulu pulaunya tidak terpisah, makanya dibuat jalur tersebut. Dan katanya seh untuk pertambangan batu bara.

sonyazis Wrote:nah, itu dia om fun_plano, mengapa pulaunya jadi terpisah? Sebab bencana kah?
Unik sekali jalur ini...

Ryzky_Widi Wrote:Tapi sepertinya kalau saya lihat dari foto, selatnya dangkal, mungkin karena penurunan tanah di semenanjung, jadi air lautnya menggenangi, dan menjadi selat atau mungkin tsunami kecil.

Ane setuju sama mas Ryzky_Widi ini. Ini bukan bencana, tapi permukaan air laut yang meningkat. Dulu kan global warming belum banyak, jadi pulaunya masih menjadi satu soalnya permukaan tanah masih lebih tinggi daripada permukaan air lautnya. Seiring dengan perkembangan jaman, karena global warming, permukaan air laut meningkat dan menggenangi sebagian pulau dan akhirnya pulaunya terpisah. Jadi pulaunya terpisah gara2 banjir rob, seperti yang di Semarang gitu.

SAY NO TO TOLLWAYS!! SAY YES TO RAILWAYS!!

Kunjungi flickr dan blog ane juga ya.

New_bye
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Jalur mati Purwokerto-Wonosobo adrie 266 113,393 02-Jul-2014 00:10 AM
Last Post: bayucool
  Jalur mati Daop III (Cirebon-Kadipaten) dytto_argo 86 24,146 25-Jun-2014 06:13 AM
Last Post: Warteg
  Jalur mati Medan - Pancurbatu RudyBB303 2 367 18-Jun-2014 16:22 PM
Last Post: gerbong maud...
  jalur mati rambi-balung(bekas narrow gauge) hamdi robby 41 22,997 12-Jun-2014 21:22 PM
Last Post: dealka97
KRL Eco PERKEMBANGAN JALUR MATI PANARUKAN KALISAT sspraptama 412 164,521 30-May-2014 13:22 PM
Last Post: railroad
  Mblusukan: Misteri Jalur Mati di Daerah Kediri (selain jalur mati Kediri-Pare-Jombang) rapih_dhoho 48 25,923 16-May-2014 11:42 AM
Last Post: rapih_dhoho
  Jalur mati Jombang-Ploso-Babat-Tuban jeremiah I.H 142 61,900 09-May-2014 12:43 PM
Last Post: ekspress_zancaka
  JALUR MATI GEMPOL-KEJAPANAN-MOJOKERTO ahmad 67 27,193 08-May-2014 23:42 PM
Last Post: ekspress_zancaka
  Jalur Mati Rembang - Blora Toentang 13 6,025 28-Apr-2014 10:33 AM
Last Post: sonyazis
  jalur mati trem Soerabaia rizky nur adrianto 182 66,365 22-Apr-2014 21:50 PM
Last Post: Bagazi

Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)