Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
KRL Commuter Line sampai Rangkas Mulai 2016
#1
Berita :

KRL Commuter Line sampai Rangkas Mulai 2016

Bisnis.com, JAKARTA—Pembangunan jalur ganda KA dan elektrifikasi Maja-Rangkasbitung sepanjang 17 km akan dilanjutkan pada tahun depan dengan anggaran Rp270 miliar sehingga KRL Commuter Line bisa melaju sampai ke rute itu pada 2016.

Kepala Humas Ditjen Perekeretaapian Kementerian Perhubungan Muhartono mengatakan kebutuhan total anggaran proyek itu mencapai Rp765 miliar tetapi khusus untuk anggaran tahun depan dialokasikan Rp270 miliar.

“KRL Commuter Line diharapkan pada 2016 bisa beroperasi hingga Rangkasbitung, tahun depan kami mulai akan melanjutkan rel ganda dan elektrifikasi jalur eksisting,” katanya ditemui di Jakarta, Rabu (25/9/2013).

Anggaran Rp270 miliar itu terbagi atas elektrifikasi track existing antara Maja-Rangkasbitung sepanjang 17 km termasuk pembangunan catu daya (gardu) dengan dana Rp218,34 miliar.

Pembangunan gardu yang dimaksud adalah dua gardu (substation) listrik aliran atas yakni di Citeras dan Rangkasbitung, sedangkan sisa dana Rp52 miliar akan digunakan untuk membangun badan jalan jalur ganda KA Maja-Rangkasbitung sepanjang 8,4 km.

Saat ini Ditjen Perkeretaapian tengah merampungkan pekerjaan pemasangan jalur ganda KA baru dan penyelesaian persinyalan dan elektrifikasi jalur ganda antara Parung Panjang-Maja yang diperkirakan tuntas pada akhir tahun ini.

Meski belum double track, per 17 April lalu KRL sebetulnya sudah diresmikan beroperasikan antara Parung Panjang-Maja tetapi baru didukung oleh jalur tunggal. Akhir tahun ini double track Parung Panjang-Maja ditargetkan selesai dan awal tahun depan dapat beroperasi.

“Akhir tahun ini selesai double track dari Parung Panjang hingga Maja dan tahun depan beroperasi lalu dilanjutkan dengan double track hingga ke Rangkasbitung,” katanya.

Sejak 2006, katanya, Kemenhub melaksanakan program pembangunan prasarana di Banten dan pada 2007 sudah dirampungkan pembangunan jalur ganda KA rute Tanah Abang-Serpong sepanjang 22,7 km yang diresmikan oleh Presiden SBY pada Juli 2007.

Pada 2006, juga dituntaskan elektrifikasi listrik aliran atas jalur tunggal KA lintas Serpong-Parung Panjang sehingga KRL bisa beroperasi hingga stasiun itu. Pada tahun lalu, dirampungkan pembangunan jalur ganda KA Serpong-Parung Panjang dan diujicoba pada akhir tahun lalu. (ltc)
Reply


Messages In This Thread
KRL Commuter Line sampai Rangkas Mulai 2016 - by Fadhlan Asshidiqi - 14-02-2014, 07:44 PM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)