Semboyan35 Indonesian Railfans
MRT di Singapura Part one (Teknis) - Printable Version

+- Semboyan35 Indonesian Railfans (http://www.semboyan35.com)
+--- Thread: MRT di Singapura Part one (Teknis) (/showthread.php?tid=3097)

Pages: 1 2 3 4


MRT di Singapura Part one (Teknis) - Agus Riyanto - 07-12-2009

Mau share sedikit tentang pengalaman saya naik MRT di sana ......

1. Moda Transportasi mereka disana sangat terintegrasi. MRT menjadi salah satu penghubung antar moda (dari Pelabuhan/Feri, Bandara, Bus)

2. Kenyamanan & keamanan buat pengguna menjadi prioritas pemerintah mereka

[spoiler=Berikut gambar gambarnya ....]
1. Peta jaringan MRT diseluruh Singapura terpampang disetiap stasiun
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


2. Walaupun begitu, kita dapat meminta juga peta saku rute perjalanan untuk melihat arah tujuan kita. Masing masing warna menunjukan "LINE" jalur/jurusannya
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com

Warna Merah = NS (North South Line) Rute Marina Bay - Jurong East
Warna Ungu = NE (North East Line) Rute Harbour Front - Punggol
Warna Biru = EW (East West Line) Rute Joo Koon - Pasir Ris/Changi Airport
Warna Kuning = CC (Circle Line) Rutenya Harbour Front-Dhoby Ghaout
Ada yang pengen tahu cara menggunakan rute perjalanannya ?

3. Mesin Tiket. Penumpang tdk berhubungan langsung dengan petugas untuk membeli tiket, tetapi melalui mesin ini. Ada yang ingin tau tata cara membeli tiketnya ?
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


[/spoiler]

Gambar yang lainnya sabar yah ! ....


RE: MRT di Singapura Part one (Teknis) - Agus Riyanto - 07-12-2009

1. Dijamin tdk ada yg naik sampe atas. Krn antar peron dgn MRT terdapat dinding/pintu kaca. Paling tdk ada 2(dua) pintu :
- Pintu peron menuju MRT
- Pintu MRT itu sendiri
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


2. Dalamnya MRT
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


3. Layar yang memperlihatkan Sta. berikutnya. EW = Nama lintasannya yaitu East West Line, 21 = Nomor Stasiun, Buona Vista = Nama Stasiun.
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


4. Denah perjalanan didalam MRT. Lampu berwarna merah adalah stasiun berikutnya dimana MRT akan berhenti. Sedang Lampu yang berwarna hijau agar penumpang dapat mempersiapkan diri untuk turun di sta. tsb
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


Penumpang juga akan diberitahukan via speaker perihal stasiun berikut tempa MRT ini berhenti. Sedikitnya 3(tiga) kali. Speaker berbunyi sebelum MRT ini berhenti di stasiun masing masing


RE: MRT di Singapura Part one (Teknis) - ady_mcady - 07-12-2009

saya senang sekali mas agus membahas MRT singapura, sistem MRT terbaik di kawasan ASEAN.

saya langsung mau tanya mas agus. berapa harga tiketnya? by distance or flat? trus cara menggunakan rutenya bagaimana mas?

jujur saja, seharusnya jakarta seperti ini sistem transportasinya.


RE: MRT di Singapura Part one (Teknis) - Agus Riyanto - 08-12-2009

@ Mas Ady ......

Sebenarnya ada dua pilihan harga Tiket: Berdasarkan Jarak & Flat

Waktu saya kesana selalu menggunakan Harga berdasarkan jarak, harganya SGD 2.8 x Rp. 6.800 = Rp. 19 rb an. Tapi dari harga tsb sebenarnya disisakan untuk Deposit sekitar SGD 1. Deposit dapat diambil di Mesin Otomatis saat kita keluar dari Stasiun.

Tatacaranya :

1. Begitu masuk kekawasan stasiun (biasanya di bawah tanah) kita mencari Loket/Mesin Otomatis penjualan Tiket

2. Kita pencet stasiun tujuan, maka dilayar sebelah kiri muncul harganya

3. Lalu kita masukan uang: Boleh Coin, boleh Uang Kertas. Tempat memasukan uang Coin dan kertas berbeda. Ada Jumlah maksima uang yang harus dimasukan. Misal jika harga tiket nya SGD 2.8, jumlah maksimal yang harus dimasukan adalah SGD 4. Tetapi jika uang yg dmasukan SGD 5 / 10, maka uang itu akan dikeluarkan lagi oleh mesin

4. Setelah uang dimasukan, mesin akan memprosesnya (tdk sampe 1 menit). Lalu keluarlah dari bagian bawah mesin, kartu berikut uang kembaliannya (jika ada)
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com

ini kartunya

5. Setelah mendapat kartu, kita melewati pintu masuk otomatis. Sebelum tiba dipintu, kita harus menempelkan kartu ke suatu alat sensor & lalu pintu akan terbuka dgn sendirinya.
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


6. Lalu kita menuju ruang tunggu. Rel tdk terlihat langsung oleh kita krn tertutup oleh dinding/pintu kaca. Arah tujuan sudah sangat jelas sekali.
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


7. DI lantai tepat didepan pintu masuk MRT Kita harus mengantri sesuai garis yang sudah ditentukan. Disana sangat teratur. Penumpang yang keluar MRT harus didahulukan.
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


8. Didalam MRT ada kursi khusus untuk orang yang sudah tua/ibu yg menggenong anak/orang cacat. Disetiap gerbong ada sedikitnya 24 kursi dengan warna tersendiri. Kita boleh duduk disitu, tapi jika kemudian ada orang tua masuk, maka kita harus mempersilahkan mereka untuk duduk.
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


9. Disetiap pintu keluar didalam MRT ada petunjuk nama nama stasiun yang akan dilewati. nama nama pada setiap stasiun mempunyai warna lampu yg berbeda. Jika lampu berwarna hijau artinya stasiun tsb belum dilewati. Jika berwarna merah, maka artinya sebentar lagi kita akan berhenti di sta. tsb.
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


10.Kira kira 3 menit sebelum berhenti disetiap stasiun, maka nama sta tsb akan muncul pada papan display diiringi dengan petunjuk suara via spekaer bahwa sebentar lagi akan tiba di sta ybs.

11. Setelah keluar MRT, kita akan kembali melewati palang pintu otomatis yang akan terbuka jika kita menempelkan kartu pada sensornya.

12. Setelah keluar lewat pintu otomatis, kita dapat me "refund" uang kita melalui mesin otomatis. Caranya :
- Kita tempelkan kartu pada sensor mesin tsb
- Kita pilih "Refund" pada layar menu
- Setelah itu kita diminta memasukan kartu pada lubang yg sudah disediakan
- Mesin akan memprosesnya (tdk sampe 1 menit), uang kembalian akan keluar melalui wadah bawah mesin tsb

Gambar gambar proses tsb akan saya upload kemudian

Semoga bermanfaat


RE: MRT di Singapura Part one (Teknis) - ady_mcady - 08-12-2009

tanya lagi ya,

1. kok pake deposit segala ya? tujuannya apa kah?
2. trus, yang tarifnya flat itu MRT yang manakah?
3. kalo ganti koridor, bayar atau tidak?
4. jarak antar halte kira2 berapa km?

itu dulu mas agus.


RE: MRT di Singapura Part one (Teknis) - Agus Riyanto - 09-12-2009

@ Kang Ady :

Saya jawab sebagian dulu yah :

1. kok pake deposit segala ya? tujuannya apa kah?
Mungkin krn saat kita keluar dari pintu otomatis tsb, kita masih dapat membawa kartu tsb keluar dari stasiun. Nah pada saat diluar itu ada kemungkinan kartu tsb hilang. Jadi Deposit itu kemungkinan untuk biaya pengganti jika kartu tsb hilang

2. trus, yang tarifnya flat itu MRT yang manakah?
Semua jalur/koridor bisa pakai tarif flat

3. kalo ganti koridor, bayar atau tidak?
Yang ini akan saya jawab kemudian. krn sy hrs upload dulu peta untuk menjelaskannya

4. jarak antar halte kira2 berapa km?
Tdk menentu. Kalo dihitung pake waktu average 5 mnt. Tapi kecepatan MRT nya lumayan kuenceng. Oh ya ..... disetiap halte terpampang perkiraan lama waktu tempuh dari stasiun A ke B ke C, dst, dst

Sorry. Photo photo yg lainnya belum saya upload, krn kesibukan saya untuk melaporkan hasil kerja

Thanks & Regards


RE: MRT di Singapura Part one (Teknis) - Agus Riyanto - 09-12-2009

Saya teruskan jawaban untuk pertanyaan sbb :
3. kalo ganti koridor, bayar atau tidak?
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com

semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com

Misal kita dari Harbour Front akan ke Orchard :
Pada mesin penjualan tiket di Sta. Harbour kita hanya menekan tombol Sta. Orchard dan kita bayar sesuai layar yang ditampilkan

1. Kita naik MRT jalur ungu = NE (North East Line)
2. di Sta interchange (Dhoby Ghaut) kita turun dan pindah jalur ke jalur merah = NS (North South Line). Oh yah di Sta. Interchange Dhoby Ghaut itu kan ada persilangan spoor. Tapi spoornya sendiri tdk bersilangan krn antara jalur merah dan ungu tdk dalam 1(satu) lantai. Misal jalur merah di lt. 2 bwh tanah, sedangkan jalur ungu di lt. 3 bwh tanah.
Jadi begitu turun di Dhoby Ghaut kita harus naik/turun (dgn tangga jalan) ke jalur berikutnya.

Selama kita belum keluar dari stasiun (belum keluar dari pintu otomatis, dimana kita harus menempelkan kartu pada sensor), maka kita tdk perlu bayar lagi.
Cara bertransaksi di Mesin Otomatis Penjualan Tiket :
Perhatikan gambar dibawah berikut ini :
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


1. Kita pencet stasiun yang akan kita tuju
2. Pada layar sebelah kiri akan muncul harga yang harus dibayar
3. Masukan uang. Sebelah kanan untuk uang kertas. Sebelah kiri untuk uang logam
4. Tiket akan keluar bersamaan dengan kembaliannya (jika ada)
Cara me refund tiket
Perhatikan gambar dibawah berikut ini :
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


1. Letakan kartu pada sensor otomatis
2. Perhatikan layar sebelah kiri. Ada banyak pilihan menu. Pilih tombol Refund
3. Masukan kartu
4. Dilayar akan tertera Jumlah yang terpakai berapa dan sisa yang dapat diambi berapa banyak
5. Uang kembalian akan keluar dari baki dibawah mesin


RE: MRT di Singapura Part one (Teknis) - Agus Riyanto - 09-12-2009

1. Kita dapat meminta Peta Perjalanan MRT disini
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


2. Liftnya berfungsi loh. Ngga kaya Lift yang ada di Halte Busway di Thamrin yg dikunci & tdk terpakai
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com




RE: MRT di Singapura Part one (Teknis) - ady_mcady - 10-12-2009

tanya lagi mas,

1. itu yang di peta ada line yang melingkar2 kayak loop itu apa? apakah LRT?
2. apakah singapura ada jalur kereta api konvensional?
3. lebar gauge MRT nya berapa? dimensi gerbong, dan 1 rangkaian ada berapa gerbong?

hehehe sori mas pertanyaannya borongan. habis saya penasaran sama MRT singapura, tapi belum pernah ke sana. ditambah lagi dengan keadaan "MRT" di jakarta yang kayak begitu. jadi saya pengen membandingkan saja.


RE: MRT di Singapura Part one (Teknis) - Agus Riyanto - 10-12-2009


Saya coba jawab lagi yah.

1. Betul, itu adalah LRT, dan kayanya hanya melingkari dibeberapa distrik ajah yah. Saya sendiri belum nyoba yang LRT nya karna sempitnya waktu dan "kesibukan" yang lainnya. Peta detailnya LRT tsb akan saya upload nanti

2. Ada. Letaknya kayanya ngga jauh dari Harbour Front arah utara. Jalur tsb juga menghubungkan ke Malaysia. Yang ini juga saya ngga sempet nengokin

3. Yang ini saya ngga bisa jawab. Kos aturan disana sangat ketat. Kita tdk bisa sembarangan mblusukan. Yang ada cuma ini

3.1 Bisa dikira kira ngga, lebar gaugenya ?
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


3.2 Bisa dikira kira ngga, dimensi gerbongnya ?

semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com

semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com

semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


dan ini peringatannya, dalam 4(empat) bahasa
semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com



Ngga apa apa mas, dari pada kebawa ngimpi ! Akan saya jawab semampu apa yang saya ketahui. Dithread ini adalah interaktif. Saya sangat terbuka jika ada pertanyaan pertanyaan dari RF semua. Sekalian menambah ilmu tentang perkeretaapian dinegara tetangga & jangan hanya terkungkung dengan KA didalam negeri saja.

Saya tdk mengerti dengan para pejabat yang melakukan studi banding/studi kelayakan keluar negeri yang sampai menghabiskan uang milyaran rupiah, tetapi tdk pernah ada pelaksanaan setelah beliau beliau itu kembali kesini.

Next ......