Semboyan35 Indonesian Railfans
Gerakan Anti Vandalisme di K1, Perlu Gak Yha? - Printable Version

+- Semboyan35 Indonesian Railfans (https://www.semboyan35.com)
+-- Forum: Peron (https://www.semboyan35.com/forum-4.html)
+--- Forum: Spoor Badug (https://www.semboyan35.com/forum-13.html)
+--- Thread: Gerakan Anti Vandalisme di K1, Perlu Gak Yha? (/thread-7054.html)



Gerakan Anti Vandalisme di K1, Perlu Gak Yha? - Dana Komuter - 05-01-2012

Keterangan :
Meski aku sudah terlanjur berjanji tidak akan post curhatan dan pemberitaan apapun yg rasa2nya gak terlalu penting 1 tahun penuh ini, terhitung sejak pertengahan Novemver 2011 kemarin, tapi rasa2nya aku merasa perlu dengan adanya tindakan ini nih...

Bethe

Berawal dari klenyataan yang aku lihat di dalam sebuah rangkaian K1. Gak perlu akus ebitun apa itu namanya, yang jelas pintunya otomatis dg dibuka - tutup pake tombol. Karena ketidak sabaran utk turun dari KA, mereka ngantri ke bordes dan alhasil... sebagian dari mereka terlihat jelas sekali dr pandangan mataku kalau pintunya diganjal... Terus, egitu KA tiba dan mrk pun turun... kenyataan pahit terlihat si ointu macet cet cettt...!!! Siapa yang harus disalahkan? Apa kita harus ngebentak orang yg ngeganjal pada saat itu? Apa kita mau semata2 nyari keributan krn dianggap urusan 'sepele' bagi mereka? Apa kita harus menegur tanpa membentak, tp mrk beralasan krn dah tinggah dikit lagi nyampe? Atau... siapanya mereka itu ada di bordes, sementara dirinya masih di koridor?

Ini salah satu segimananya manusia2 kreatif berani berinovasi, tapi ulah kita sendirilah yang gak bisa merawatnya... Pintu macet, apa kita yang harus protes ke teknisi? Trus senderan kaki kita ada yang rusak gak bisa dinaik turunin mesti ngebentak teknisi gimana sih ini- itu???

Gerakan ini nampaknya perlu utk menyosialisasikan kesadaran mrk khususnya di rangkaian K1. Kalau di K2 dan K3 nampaknya gak gitu diperlukan krn sudah pasti segala fasilitasnya gak gitu memadai spt di K1. Spt ketiadaan layar TV, pintu buka tutup otomatis / pencet tombol, senderan jok, dll melainkan cukup toilet yang pesing dan jendela terbuka sehingga mrk bebas merokok dan kalau perlu tiduran / rebahan jika bangku kosong.


RE: Gerakan Anti Vandalisme di K1, Perlu Gak Yha? - CC 203 - 05-01-2012

(05-01-2012, 06:45 AM)Dana Komuter Wrote: Keterangan :
Meski aku sudah terlanjur berjanji tidak akan post curhatan dan pemberitaan apapun yg rasa2nya gak terlalu penting 1 tahun penuh ini, terhitung sejak pertengahan Novemver 2011 kemarin, tapi rasa2nya aku merasa perlu dengan adanya tindakan ini nih...

Bethe

Berawal dari klenyataan yang aku lihat di dalam sebuah rangkaian K1. Gak perlu akus ebitun apa itu namanya, yang jelas pintunya otomatis dg dibuka - tutup pake tombol. Karena ketidak sabaran utk turun dari KA, mereka ngantri ke bordes dan alhasil... sebagian dari mereka terlihat jelas sekali dr pandangan mataku kalau pintunya diganjal... Terus, egitu KA tiba dan mrk pun turun... kenyataan pahit terlihat si ointu macet cet cettt...!!! Siapa yang harus disalahkan? Apa kita harus ngebentak orang yg ngeganjal pada saat itu? Apa kita mau semata2 nyari keributan krn dianggap urusan 'sepele' bagi mereka? Apa kita harus menegur tanpa membentak, tp mrk beralasan krn dah tinggah dikit lagi nyampe? Atau... siapanya mereka itu ada di bordes, sementara dirinya masih di koridor?

Ini salah satu segimananya manusia2 kreatif berani berinovasi, tapi ulah kita sendirilah yang gak bisa merawatnya... Pintu macet, apa kita yang harus protes ke teknisi? Trus senderan kaki kita ada yang rusak gak bisa dinaik turunin mesti ngebentak teknisi gimana sih ini- itu???

Gerakan ini nampaknya perlu utk menyosialisasikan kesadaran mrk khususnya di rangkaian K1. Kalau di K2 dan K3 nampaknya gak gitu diperlukan krn sudah pasti segala fasilitasnya gak gitu memadai spt di K1. Spt ketiadaan layar TV, pintu buka tutup otomatis / pencet tombol, senderan jok, dll melainkan cukup toilet yang pesing dan jendela terbuka sehingga mrk bebas merokok dan kalau perlu tiduran / rebahan jika bangku kosong.

Kalau sudah hampir mencapai stasiun akhir, pintu otomatisnya memang dimatikan sama petugas...


RE: Gerakan Anti Vandalisme di K1, Perlu Gak Yha? - Gopar new image - 05-01-2012

Setau gw emang kalo mendekat stasiun pemberhentian si OTC suka mencet tombol di pintu bagian atas buat matiin pintu otomastis
pintu otomatis gak mungkin macet kalo diganjal
kecuali ditarik paksa yang menyebabkan pintu itu bergeser dan motornya gak bisa gerakin lagi
Kecuali pada rangkaian K9 yang pintu otomatisnya pake sistem pneumatic dari tekanan udara yang susah untuk dipaksa buka lagian gak ada gagangnya juga Ngakak
Kalo rangkaian K1 biasa sih sehabis PA malah dikasih gagang juga masih tombol jadinya kadang penumpang bingung ditarik apa dipencet



RE: Gerakan Anti Vandalisme di K1, Perlu Gak Yha? - Fajarutama - 05-01-2012

kalo saya lihat ini adalah masalah budaya dan bukan msalah teknis. Jadi tinggal membudidayakan budaya tertib itu yang susah bro
Mengingat kebanyakan yang naek kereta adalah orang yang masih susah ( kayak saya Big Grin ) jadi mungkin susah juga untuk menertibkan orang. mari kita mulai dari kita sendiri aja untuk menertibkan diri sendiri dulu. Ntar kalo ekonomi kita sudah membaik moga2 disiplin dan ketertiban juga ikut membaik hehe peace Tersenyuum


RE: Gerakan Anti Vandalisme di K1, Perlu Gak Yha? - Dana Komuter - 07-01-2012

(05-01-2012, 07:02 AM)CC 203 Wrote: Kalau sudah hampir mencapai stasiun akhir, pintu otomatisnya memang dimatikan sama petugas...

Baru tau kalau disetel sama petugasnya tiap jelang stasiun akhir pintu otomatisnya dimatiin biar gak bisa buka - tutup...Heran
Memangnya yang mematikan itu siapanya yah mas? Teknisi, prama, PKD atau siapanya? Mungkin mrk dah tau bakalan akan yang berusaha mencegat meskipun mungkin cukup susah utk menahannya apabila si pintu sudah waktunya menutup stl sekian menit terbuka. Tapi lucunya si pintu yg dah kebuka, sama si penumpang keluar - masuk justru pengen lekas menutup kembali... Bbrp aku perhatiin berusaha narikin si pintu... Koq dah gw pencet tombolnya lagi gak nutup2 yah??? Ya udah lah... mungkin pikir mrk...

Tapi terlepas dr kejadian si pintu penghubung koridor dg bordes, aku memang merasa cukup perlu sih kalau sampai ada gerakan anti vandalisme spt itu...Bethe
Jangan sampai terjadi kejadian kecolongan TV lagi misalnya... Konon khan pernah dan hampir sering denger TV - TV LCD bahkan saat jamannya blom LCD diclong2in sama org2 luar atau mungkin bisa saja dalem / oknum meski gak bermaksud menuduh yah...


RE: Gerakan Anti Vandalisme di K1, Perlu Gak Yha? - Gopar new image - 07-01-2012

Ya kalo gak teknisi prami atau otc
Kalo pas jalan lagi gak dinyalain lagi ya nyalain sendiri aja
Gw juga sering kok tombolnya biasanya ada di celah rel pintu otomatis bagian atas ntar ada semacam tombol