Semboyan35 Indonesian Railfans
Stasiun Nganjuk (NJ), di Jalur Segala Kelas Kereta - Printable Version

+- Semboyan35 Indonesian Railfans (http://www.semboyan35.com)
+--- Thread: Stasiun Nganjuk (NJ), di Jalur Segala Kelas Kereta (/showthread.php?tid=851)

Pages: 1 2 3 4 5 6 7


Stasiun Nganjuk (NJ), di Jalur Segala Kelas Kereta - candracakep - 30-10-2008



Stasiun Nganjuk (sta.NJ) terletak di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Tepat di sebelah Kiri Jalan Negara antara SB-YK, memang Jalur Kereta yang melewati daerah Nganjuk tepatnya setelah sta.BN sampai sta. BGR adalah sejajar dengan jalan Negara SB-YK. Kelas Stasiun ini (mungkin) adalah kelas 2, yang setiap hari dilalui oleh banyak rangkaian Kereta Api Jarak Jauh dari SB, ML, KD tujuan YK, BD, JAKK, GMR, PSE, PDL dan sebaliknya, baik kelas Argo, Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi Jarak Jauh. Kereta Yang melalui sta.NJ antara lain Argo Wilis, Sancaka, Bima, Turangga, Bagunkarta, Mutiara Selatan, Madiun Ekspress, Gajayana, Pasundan, Matramaja, Brantas, Kahuripan, Gaya Baru Malam Selatan, Sri Tanjung, dan Logawa. Sehingga operasional PPKA di sta. NJ adalah 24 Jam sehari...

Tapi sayangnya, dari banyaknya Kereta Api yang melaluinya dari Argo sampai Ekonomi, hanya Kereta Ekonomi Jarak Jauh dan 2 Rangakaian Ka Non-Ekonomi (Bangunkarta & Mutiara Selatan) yang berhenti di sta. NJ, sungguh sayang. Sta. NJ memiliki 1 spoor lurus (spoor 3) dan 2 spoor belok (spoor 1-2), nyaris setiap hari hanya spoor 3 yang dipakai untuk dilalui kereta, dan sesekali waktu bila terjadi persilangan Kereta maka yang digunakan adalah Spoor 3 & 2. Arsitektur Bangunan bagian depan sudah mengalami renovasi & pemugaran walaupun masih tetap ada nuansa arsitektur Belanda, sedangkan Kanopi (atap) spoor dan Kantor Distrik Jalan-Rel disamping sta.NJ masih terlihat kental dengan gaya Belanda. selain itu Ruang Tunggu di Sta.NJ berada di teras dalam dan diantara spoor 1 & 2. Mungkin Hanya di Sta. NJ saja yang memakai selasar spoor untuk ruang/kursi tunggu penumpang karena Teras dalam sta.NJ sangat terbatas dan sempit.

Ada cerita Sejarah yang berkaitan antara Sta.NJ dengan Kabupaten Nganjuk. Dahulu sebelum Jalur Kereta Api YK-SB dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda, Pusat pemerintahan Kabupaten Nganjuk berada di daerah Brebek (sekarang di Ds. Brebek Kec. Brebek). Setelah Jalur Kereta Api dan Sta.NJ selesai dibangun dan beroperasi, Kepala Daerah (Bupati) Nganjuk saat itu, memutuskan untuk memindahkan Pusat Pemerintahan dan Ibukota Kabupaten Nganjuk dari daerah Brebek ke Pusat Kota Nganjuk sekarang. Alasan pemindahan tersebut adalah pertimbangan ekonomi dan politik pada masa kolonial Belanda, karena pada masa kolonial Belanda, Kereta Api adalah Jenias Angkutan Utama untuk Barang dan Penduduk. Sehingga saat ini Pendopo dan Alun-Alun Kabupaten Nganjuk tepat berada disisi Selatan Sta.NJ , hanya berjarak 500 Meter (karena padatnya Perumahan dan Perkantoran, sekarang Pendopo dan Alun-Alun Kabupaten Nganjuk tidak bisa langsung dilihat dari sta.NJ). Prosesi dan Ritual Pemindahan kabupaten Nganjuk dari Brebek menuju Nganjuk Kota, sampai sekarang terus diperingati oleh Pemkab dan Masyarakat Nganjuk pada setiap tahunnya. Kegiatan tersebut sering disebut masyarakat sebagai Ritual Boyongan Bupati, dari Brebek menuju Nganjuk Kota, sejauh hampir 10 KM






Re: Stasiun Nganjuk (NJ), di Jalur Segala Kelas Kereta - pinguin - 30-10-2008

Yang bener Matarmaja :mrgreen: Malang - Blitar - Madiun - Jakarta (CMIIW)
Tepatnya Malang Kota Baru - Jakarta Pasarsenen...kok ga Matarmanen ya? Lolol


Re: Stasiun Nganjuk (NJ), di Jalur Segala Kelas Kereta - denzuko - 30-10-2008

dulu kalo mau ke rmh nenek pasti turunnya di stasiun ini, naik Mutsel diteruskan naik bus ke blitar, tp skr ada kahuripan jd turun dikediri, tp tetep klo naik mutsel pasti naik dan turun mesti di stasiun ini.


Re: Stasiun Nganjuk (NJ), di Jalur Segala Kelas Kereta - sulovyo - 30-10-2008

NJ kalah sama KTS,walaupun sebenernya KTS cuma kecamatan di kab. Nganjuk ya.kenapa hal ini bisa terjadi ,hayo?
hal yang sama terjadi di Lamongan dan Babat.Meski Lamongan adalah ibukota Kabupaten tapi stasiunnya kecil.kalah besar dan kalah ramai dari stasiun Babat.Akhir-akhir ini saja stasiun Lamongan mulai berbenah dan disinggahi Gumarang.Tapi St.Nganjuk masih lebih 'kota' kok daripada lamongan yang atap(kanopi)nya aja gak ada.

back to st. Nganjuk,sampai 2006~2007 sebenarnya ada 4 KA2 yang singgah disini.sayang yang dua ,JAYABAYA SELATAN dan MADIUN EXPRESS sudah tamat riwayatnya........... Nangis


Re: Stasiun Nganjuk (NJ), di Jalur Segala Kelas Kereta - candracakep - 02-11-2008

Yang bener Matarmaja :mrgreen: Malang - Blitar - Madiun - Jakarta (CMIIW)
Tepatnya Malang Kota Baru - Jakarta Pasarsenen...kok ga Matarmanen ya? Lolol[/quote]



:gembira: Hee..bener..sorry salah ketik.............!!!!


Re: Stasiun Nganjuk (NJ), di Jalur Segala Kelas Kereta - candracakep - 02-11-2008



Nah sama itulah masalahnya...!! aku juga tidak tahu mengapa ini harus terjadi...!!?? Yang jelas di KTS tuh ada Sub DIPO LOK (ada Shelter Lok, yang biasanya min ada 1 Lok standby disana) Terus ada Kantor cabang (sub Daops Madiun) di KTS baik yang ngurusin jalan, komunikasi, maupun gerbong dan Lok..... Mungkin ini sebagaian kecil dari contoh di Indonesia Railways, yang mana stasiun di Ibukota Kabupaten kalah ma stasiun di Ibukota Kecamatan.....Teman-teman ada yang tahu lagi contohnya...!!???

Oh ya KA2 Madiun Exprees kayakya masih sering mampir di Nganjuk kok....selain itu ada beberapa KA2 lain yang kadang bisa berhenti di NJ jika ada penumpang min 10 Orang...


Re: Stasiun Nganjuk (NJ), di Jalur Segala Kelas Kereta - sulovyo - 04-11-2008

sumpeh lo?MADIUN EXPRESS idup lagi???yang bener??kok gak ada beritanya ya?? :roll:

setau saya kotamadya/ibukota kabupaten yang stasiunnya kalah 'gede' sama kota kecamatannnya a.l ;
Nganjuk kalah sama Kertosono
Lamongan kalah sama Babat
Pasuruan kalah sama Bangil
Purworejo kalah sama Kutoarjo

yang lain mungkin mau menambahkan,.......

yang pasti rata-rata stasiun2 di kota kecamatan diatas menjadi lebih gede dan ramai karena lokasinya yang strategis .untuk kasus KTS,BG dan BBT karena lokasinya tepat di percabangan jalur KA walaupun untuk Babat percabangan ke Tuban sudah mati.sedangkan untuk KTA karena memang lokasi ibukota Purworejo yang agak 'mblusuk' dan buntu dan tidak berada di jalur Jogja-Kroya.

jadi untuk stasiun Nganjuk tidak usah berkecil hati.yang penting,teruslah melayani masyarkat dengan baik.

untuk candracakep ditunggu gambar-gambar dari NJ lainnya ya....biasanya KA-KA jarak jauh banyak yang bersliweran di NJ di sore~ba'da maghrib (duh istilahnya) dan di waktu subuh~pagi hari

thx.


Re: Stasiun Nganjuk (NJ), di Jalur Segala Kelas Kereta - Iksan derailment - 05-11-2008

Bukannya MADEKS masih melayani Trip Madiun-surabaya??
yg saya tahu, KA Madeks terdiri dari kereta K1&K2..


Re: Stasiun Nganjuk (NJ), di Jalur Segala Kelas Kereta - sulovyo - 06-11-2008

iya yah ,barusan saya cek di ,ternyata Madiun ekspress idup lagi.. Tepuk Tangan
tapi sayang cuman fakultatif ,cuman jalan di hari jumat,sabtu,minggu udah gitu di jadwalnya juga gak brenti di NJ .Berangkat dari Madiun langsung bablas KTS.


Re: Stasiun Nganjuk (NJ), di Jalur Segala Kelas Kereta - candracakep - 16-11-2008


Sumpeh.....!!! dah tahu sendiri ha....haaa...... Ngakak

Waduh sekarang aku lagi di JR Daops 9...klo ke NJ, hanya numpang lewat cz aku ke Nj hanya waktu pulang dari JR ke Kediri naik KA LOGAWA turun NJ. atau sebaliknya dari NJ naik KA SriTanjung ke JR...hanya sebagai tempat turun naik aja klo lagi mudik... (foto-foto itu aku ambil waktu nunggu KA Sri Tanjung ke BWI) Pasrah Aja Dah

sekarang koleksi aku banyak yang ada di daops 9 dan di JR sekitarnya.... Grin Grin