![]() |
Laporan Perjalanan KA Rajabasa - Printable Version +- Semboyan35 Indonesian Railfans (http://www.semboyan35.com) +---- Thread: Laporan Perjalanan KA Rajabasa (/showthread.php?tid=8716) |
Laporan Perjalanan KA Rajabasa - triez_RF Cirebon - 19-06-2014 Assalamualaikum. Apa kabar teman-teman semua? Semoga tidak ada bosannya yah membaca laporan perjalanan sederhana yang saya buat ini. Semoga tidak membosankan untuk dibaca , dan tentunya menambah khasanah pengetahuan kita semua. Amin! Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan perjalanan dan kisah saya bersama KA Rajabasa relasi Tanjung Karang – Kertapati PP. Tapi, sebelum melangkah kepada lebih jauh ada baiknya kalo kita berkenal dahulu dengan KA RAJABASA. Tak kenal maka tak sayang. Sinopsis KA Rajabasa Kereta Api Rajabasa merupakan Kereta api kelas ekonomi yang dikelola oleh PT Kereta Api Divisi Regional 3.2Tanjung Karang yang melayani koridor Kertapati (Palembang, sumatera selatan) – Tanjung Karang (Lampung) PP. KA ini diberangkatkan pukul 08.30, baik dari Kertapati maupun dari stasiun Tanjung Karang sejauh (kurang lebih 390 KM). [spoiler=plate name KA RAJABASA] [/spoiler] Kereta api ini berkapasitas 600-an penumpang yang ditampung kedalam 5 – 6 K3. Biasanya, dalam sekali perjalanan, KA ini terdiri atas 5-6 K3 + 1 KMP3 + 1 aling-aling. Meskipun kereta ini berstatus KA Ekonomi, namun seluruh rangkaian telah di AC-nisasikan, sehingga udara sejuk selalu menemani perjalanan penumpang didalamnya. Untuk lokomotif penariknya sendiri, biasa menggunakan BB203, CC201 dan CC204, namun beberapa hari belakang lebih sering ditarik lok import dari jawa, CC204. Tarif KA Rajabasa Tarif KA RAJABASA no KA S7 dan S8 adalah sebesar Rp 76.998. namun, berkat adanya subsidi silang aka dana bantuan alias PSO (public services obligation), maka tarif KA rajabasa dipotong Rp 46.998 sehingga tarif yang berlaku saat ini adalah Rp 30.000/penumpang untuk semua tujuan dan berlaku Flat. [spoiler=sumber data tarif KA Rajabasa] [/spoiler] Stasiun persinggahan dan pemberhentian Pada dasarnya, KA Rajabasa ini berlebel ekspress. Ya, Ekspress Rajabasa. Namun begitu, meskipun telah memeiliki label ekspress sekalipun, KA ini hampir berhenti disemua stasiun. Ini terjadi sesuai dengan manifes penumpang pada hari H dan juga karena adanya persilangan dan susulan sesama kereta. Stasiun Lintas Jarak tempuh KA Rajabasa adalah sejauh 390 KM. Jika diuraikan: Lintas Tanjung Karang – Kotabumi, sejauh 86 KM, terdiri atas stasiun: Stasiun Tanjung Karang TNK Stasiun Labuan ratu LAR Stasiun Rejosari RJS Stasiun Tegineneng TGI Stasiun Bekri BKI Stasiun Haji Pemanggilan HJP Stasiun Sulusuban SLS Stasiun Blambangan Pagar [b]BBA Stasiun Kalibalangan KAG Stasiun Candi Mas CMS Stasiun Kotabumi KB Lintas Kotabumi – Blambangan Umpu, Sejauh 65 KM, Terdiri atas: Stasiun Cempaka CEP Stasiun Negara Ratu NRR Stasiun Tulung Buyut TLY Stasiun Negeri Agung NGN Stasiun Blambangan Umpu BBU [spoiler=sumber] [/spoiler] Lintas Blambangan Umpu – Martapura, sejauh 33 KM, terdiri atas: Stasiun Giham GHM Stasiun Tanjung Rajo Stasiun Way Tuba WAY Stasiun Way Pisang WAP Stasiun Martapura MP Lintas Martapura – Tiga Gajah, sejauh 33 KM, terdiri atas: Stasiun Gilas GLS Stasiun Gilas baru (masih dalam proses pengerjaan) Stasiun sepancar SPC Stasiu sepancar baru (masih dalam proses pengerjaan) Stasiun Baturaja BTA Stasiun Tiga Gajah TJH Lintas Tiga Gajah – Prabumulih, sejauh 95 Km, terdiri atas: Stasiun lubuk batang (masih dalam proses pengerjaan) Stasiun Belatung BLT Stasiun Belimbing air Kaka BIK Stasiun Lubuk Rukam LRM Stasiun Peninjawan PNW Stasiun Metur MET Stasiun Kotabaru (masih dalam pengerjaan) KOB Stasiun Pagar Gunung PGG Stasiun Air Asam ASM Stasiun Suka merindu (masih dalam proses pengerjaan) Stasiun Tanjung Rambang TJR Stasiun Prabumulih PBM [spoiler=sumber] [/spoiler] Llintas Prabumulih – Kertapati sejauh 78 KM, terdiri atas: Stasiun lembak LEB Stasiun karangendah KED Stasiun gelumbang GLB Stasiun serdang SDN Stasiun payakabung PYK Stasiun simpang SIG Stasiun kertapati KPT [spoiler=Sumber:] [/spoiler] Jika ketiga peta tersebut digabungkan, maka akan tampak seperti: [spoiler=Peta Divre 3 SS] [/spoiler] Lama perjalanan Berdasarkan Gapeka, waktu tempuh Stasiun Tanjung Karang – Stasiun Kertapati adalah 9,5 jam (08.30 – 17.58). namun, kenyataanya bisa hingga > 12 Jam, tergantung kondisi rel saat itu. bersambung.... --o0o--
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - Radityagajayana - 19-06-2014 Wah bakal mantap nih TRnya Btw mas knp gk digambung sm TR yg jelajah divre 3 aja? :d RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - triez_RF Cirebon - 19-06-2014 nani disambung om, tenang ajah. cuma, sekarang saya mau bkin lapka per KA per tritt om. biar gampang dijadikan refrensinya gitu ![]() RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - dozykayen - 19-06-2014 Lanjutken om...jarang2 TR dari divre... RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - yogisuryawan - 20-06-2014 Bener nih jarang banget ada TR dr Divre Sumatra, jd bisa ngerti gmn kondisi KA, okupansi, rute2 nya dsb, dan yang pasti foto2nya yg banyak ya. Mantap.. RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - Fajar Utama Yk - 21-06-2014 Sebaiknya dijadiin satu aja, klo mau bikin per thread kan ada roomnya sendiri di Sumatra tuh Udah bnyk bgt yg report, tp ga ada yg baca, kondisi di Divre III, sm aja, tp ttp penguasa disini babaranjang, lebih di prioritaskan babaranjang dibandingkan penumpang, K3 disini cm 5 rangkaian, okupansi selalu penuh utk K3, rute menembus hutan, msh bnyk satwa liarnya sepanjang jln (monyet, Babi hutan, etc) RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - CC-201-23 - 21-06-2014 Naik Rajabasa...selaknat naik Pasundan ![]() RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - Fajar Utama Yk - 21-06-2014 Ga selaknat dulu, pertama kali naik ini blm ber ac, panasnya melibihi K3 di pulau jawa, & bnyk brenti nya, akhirnya nyerah smp Kotabumi aja, trus blk lg ke TNK naik KRD way umpu. RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - CC-201-23 - 21-06-2014 Ga selaknat dulu, pertama kali naik ini blm ber ac, panasnya melibihi K3 di pulau jawa, & bnyk brenti nya, akhirnya nyerah smp Kotabumi aja, trus blk lg ke TNK naik KRD way umpu. [/quote] Tapi berhentinya masih tetap banyak. Biar pake AC tapi ga kerasa, jadinya pengap ![]() RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - Darfian_R - 21-06-2014 Tapi, denger denger, interior beberapa kereta di Divre III lumayan terjaga dan berada dalam kondisi baik dan lebih nyaman dari kereta daop. Kira kira, kereta apa yang seperti itu? |